Blog berisi curhatan si lajang

Rabu, 19 Juli 2017

#jalanjalanBaBel part 14 Kuliner Bangka Hari Kedua

Sweet pastry at Novotel Bangka
Sarapan puas sepanjang jalan-jalan ini dan sayang hanya satu hari... hhuhuhuhuh.... Sarapan di hotel NOVOTEL BANGKA ada banyak pilihan. Sampai bingung mau yang mana. Tapi tentu saja perut saya elastis kok. Masih tersedia ruangan untuk makan lagi. Uhuk.

Di hari kedua kami sekaligus bersiap pulang dan malam sebelumnya kami diajak untuk pesan martabak Acau 89 khas Bangka. Jadi, martabak Bangka yang satu ini menerima pesanan untuk diambil keesokan harinya. Jam 15.00 mereka sudah buka jadi kami masih bisa mengambil pesanan sebelum berangkat ke bandara.

Saya kira awalnya di Bangka ada GoJek ternyata namanya AOKJEK :)

Dapur martabak Acau 89 sengaja terletak di bagian depan agar para pengunjung bisa melihat langsung bahan-bahan yang digunakan. Ternyata martabak manis khas Bangka enak, tidak terlalu tebal seperti yang biasa dijual di Jakarta. Tapi karena saya hanya suka martabak telor, saya pun pesan satu bungkus untuk dibawa pulang. Dan ternyata memang benar, ketika jam 15.00 kami sampai di sana, pesanan sudah siap untuk dibawa. Yeah!

Toko oleh-oleh
Seperti biasa kami berbelanja oleh-oleh khas Bangka dulu sebelum pulang dan saya membeli madu khas Bangka yang katanya bagus untuk kesehatan (lengkap dengan krupuk serta snack lainnya). Sama seperti tempat oleh-oleh di Belitung, jika membeli banyak maka mereka langsung mengemas barang belanjaan kita. Kalau mau langsung dikirim lewat mereka juga bisa. Walaupun senang dengan pelayanan ini tapi sebenarnya kami rada berharap dibawa ke tempat yang lebih lokal. Maksudnya bukan toko yang memang sudah komersil menjual oleh-oleh seperti ini. Biar lebih murah. Heheheh.

Otak-otak Amui

Bos saya rupanya masih belum puas kalau belum membawa oleh-oleh makanan kesukaannya. Maka kami pun meluncur menuju Otak-otak Amui. Sudah terkenal sebagai tempat makan otak-otak dan juga pek mpek di Bangka. Disajikan dengan tauco dan sambal terasi. Ada juga kulit ikan goreng dan talas goreng. Tersedia dus-dus untuk menampung oleh-oleh yang ingin dibawa pulang para pengunjung.

Menu Aroma Laut

Untuk makan siang sekaligus wisata di tengah teriknya matahari, kami diajak untuk makan siang di restoran Aroma Laut yang terletak di pantai Pasir Padi. Mengapa dibilang pasir padi, karena menurut penduduk setempat bentuk pasir di pantai ini seperti padi. Di sini sup ikan disajikan di dalam wadah batok kelapa (jadi jangan dikira es kelapa lalu diseruput ya). Dan bagi yang tidak terlalu suka seafood menu lain tersedia seperti ayam. Menu yang pasti selalu ada itu cumi goreng tepung dan saya tidak bosan-bosan menyantap. Empuk sih...

Tung Tau Bangka

Terakhir sebelum kami pulang, kami nongkrong di kedai kopi Tung Tau. Kedai ini letaknya lumayan sih dari hotel kalau mau jalan kaki. Dan makanya tempat ini dipilih sebagai tempat nongkrong karena tidak jauh dari bandara. Dikarenakan saya termasuk sensitif sama kopi alias kalau kopi terlalu keras saya bisa tidak tidur 2 malam (no kidding), saya memilih minum susu coklat panas. Kedai kopinya besar, ada panggung untuk band. Jangan-jangan kalau malam jadi kafe tempat karaokean nih...

Sehari semalam memang tidak cukup untuk jalan-jalan di Bangka... Kembali saya berharap bisa datang lagi ke sini di lain waktu...

Susunan trip perjalanan  bisa dilihat di sini :