Selasa, 04 Juli 2017

#jalanjalanbabel Part 10 Kuliner Di Belitung

Restoran di pulau Kepayang Belitung

Pergi dengan rombongan tour tentu ada enak ada tidak enaknya. Enaknya, semua tahu beres tinggal duduk manis ramai-ramai dengan teman dan tahu-tahu sudah sampai di tujuan. Apalagi yang begitu menempel di kursi langsung terbang ke dunia mimpi. Tidak enaknya adalah (buat saya) ketika pergi ke tempat makan yang ramai dan mau tanya-tanya nama makanannya tapi tidak bisa karena ribet. 

Seperti yang sudah saya muat di post mengenai hari kedua selama hopping island, kami mampir di pulau Kepayang untuk makan siang. Boro-boro saya bisa tanya nama-nama makanannya karena memang ramai banget. Dan kalaupun saya tanya, apa iya bisa ingat semua penjelasannya? Berikut yang saya coba rangkum dari perjalanan kemarin.



Restoran di Pulau Kepayang

Makanan yang disajikan memang khas Belitung (hasil dari cari informasi sama mbah Google) yaitu:

Lempah Kuning masakan khas Belitung - Pulau Kepayang

Sup Gangan
Makan ikan goreng sama ikan bakar sudah terlalu mainstream. Jadi baru di Belitung mencoba makan sup ikan. Tapi dari yang saya baca di Wikipedia makanan khas ini disebut Lempah kuning. Apa saja bahannya? Masakan ini menggunakan ikan kakap merah atau tenggiri dengan kuah dan bumbunya terdiri dari kunyit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, lengkuas dan belacan. Masakan ini disebut juga lempah nanas karena juga menggunakan buah nanas. Orang Belitung sendiri menyebut masakan ini dengan gangan ketarap.



Pais makanan khas Belitung - pulau Kepayang
Pais (ikan bakar bumbu)
Informasi yang saya dapat dari situs Blog.GOGONESIA, ikan bakar ini bumbunya sama dengan sup ikan. Bumbunya dimasukkan ke dalam ikan, lalu dibelah baru dibakar. Hampir mirip dengan pepes ikan. 

Yang lainnya yang kami santap hari itu adalah sebagai berikut :


Cumi Goreng Tepung - Pulau Kepayang Belitung

Sate Udang Bakar - Pulau Kepayang Belitung

Kangkung Cah - Pulau Kepayang Belitung


Malam sebelum kami berangkat menuju Bangka, kami makan malam di Dapoer Belitung. Restoran yang satu ini juga ramai dengan pengunjung, yang sepertinya kurang lebih sama. 

Tampak depan Dapoer Belitung
Rombongan wisatawan yang menempati meja-meja panjang, riuh rendah malam itu dengan obrolan mereka. Dan juga dengan menyanyi bareng. Yup, di Dapoer Belitung kalau cukup pede dan hobi nyanyi maka panggung tersedia untuk kalian. Saya milih nyanyi bareng dari meja, hehehehe... 

Makanannya adalah sebagai berikut



Sop Ikan - Dapoer Belitung
Sop Ikan
Saya tadi mengira ini juga sup gangan tapi kuahnya jernih begini, mendadak saya jadi tidak yakin kalau ini jenis makanan yang sama. 
IMHO, bumbunya kurang meresap di ikan jadi ketika dimakan rasanya hambar tanpa kesan.



Sapo Tahu Seafood - Dapoer Belitung



Toge cah - Dapoer Belitung


Jujur, sampai sekarang saya gak jelas ini jamur goreng atau bukan - Dapoer Belitung



Gurame Asam Manis - Dapoer Belitung


Lebih malamnya lagi saya iseng ikut nongkrong bareng teman-teman kantor di Rumah Nene Ramaniya yang letaknya tidak jauh dari hotel BW SUITE BELITUNG. Bukan karena perutnya masih lapar tapi lebih karena iseng. 




Tempat makan yang satu ini terdiri dari tempat makan di bagian dalam dan di luar. Lebih seru kalau duduk di dalam, karena asesoris rumah makan satu ini rame banget. Tapi duduk di luar lebih santai dan mungkin jika membawa teman-teman yang merokok, sebaiknya memang di sini saja.


Hiasan di rumah Nene Ramaniya - Belitung

Tempat makan di bagian dalam rumah nene Ramaniya

Dan yang kami iseng pesan adalah (minus kopi karena sudah keburu diseruput) :


Pisang goreng coklat - Rumah Nene Ramaniya


Waffle - Rumah Nene Ramaniya

Otak-otak Goreng - Rumah Nene Ramaniya

Dark Chocolate - Rumah Nene Ramaniya

Kesan-kesan saya terhadap makanan di Belitung? Saya belum puas nih, belum menemukan makanan yang khas banget di sana. Mudah-mudahan ada rejeki ke Belitung lagi suatu hari nanti... :)

Susunan trip perjalanan sebelumnya bisa cusss dilihat di sini :

Kuliner Bangka hari kedua
Kuliner Bangka hari pertama
Hotel Novotel Bangka
Hari terakhir di Belitung
Ahok Village
Laskar Pelangi dan Suvenir Belitung
Pulau-pulau Belitung day 2
Temple of Kwan-Im Goddess
Jalan-jalan BaBel day 1
BW Suite Belitung
Batik Cap Bangka


10 komentar:

  1. itu lempah kuningnya pakai nanas ya mbak?

    BalasHapus
  2. Bole dunk cowel otak otaknya #dateng2 minta digibeng hihi
    Aku listnya lempah kuning mirip pindang patin palembang ya sekilas, cuma ada belacannya
    Klo pais, dulu sering tu makan pas ngsntor di tenanang, kebetulan pak ob nyambi jualan pais pesensn, yg mirip pepes emang

    BalasHapus
  3. bikin laper. enak2 makanannya....

    BalasHapus
  4. Itu restoran di pulau kepayang aku jg ksana pas ke belitung mba.. Tp pas kita dtg sepiiiii :D. Suka lah ama seafood2 di belitung.. :) seger2...

    BalasHapus
  5. Gurami asam manis pasti mantap rasanya, lempah kuning mirip sama asam keung masakan aceh kalo lihat ftnya

    BalasHapus
  6. Dulu pas ke Belitung ga nyampe pulau kepayang tapi sup gangan itu pernah makan, di rumah makan timpo doeloe kalo ga salah namanya

    BalasHapus
  7. Pengen jalan jalaan ke babell mbaaak. . Sambil incip" kulinernyaa yang yummy 😂

    BalasHapus
  8. Belum pernah ke Belitung nih.
    Itu hiasan di Rumah Nene unik juga ya :)

    BalasHapus
  9. Wah... banyak juga ni yang harus dicoba di Belitung...

    BalasHapus

Thx for reading & comments :) THX also for following my IG @riamrt & twitter @riatumimomor

Aplikasi Blog Di iOS

Aplikasi Blog Di iOS
Install this & bring my blog everywhere you go

Shoplinks Asia

My Goodreads

Ria's books

A Storm of Swords
The Last Town
Wayward
Pines
Miramont's Ghost
Child 44
Mr. Mercedes
Deception
Sidney Sheldon's Angel of the Dark
A Clash of Kings
A Game of Thrones
Outlander
One for the Money
The Silkworm
Grotesque
Let Me Go
Kill You Twice
The Night Season
Evil at Heart
Sweetheart


Ria Tumimomor's favorite books »

Remote Submitter

Submit Express

Fictionholic Society

Fictionholic Society
CO-Founder of Kampung Fiksi

Search Box