Blog berisi curhatan si lajang

Senin, 24 Juli 2017

#jalanjalanBaBel part 16 Bangka Hari Pertama

Goa Maria Pelindung Segala Bangsa - Belinyu

Rute pertama saat kami berkunjung ke Bangka adalah menuju Goa Maria Pelindung Segala Bangsa yang terletak di jalan Safyri Rahman Belinyu. Saat kami sampai di sana gerimis mulai turun dan hati sudah kembali deg-degan. Masa sih acara outing ini akan kembali ditemani sama hujan seharian? Untungnya hanya gerimis yang menyertai kami sehingga kami bisa melihat-lihat tempat jiarah dan ibadah tersebut.


Alam sekitar goa Maria Pelindung Segala Bangsa - Bangka

Tanah untuk pembangunan Goa tersebut diberikan oleh satu keluarga kepada gereja dan bahkan goa tersebut dibangun oleh seorang muslim di Palembang. Melalui mimpi yang dialami oleh pastor yang bernama Marcel Arnould MEP sebanyak tiga kali berturut-turut, ia melihat goa Maria terletak disebuah bukit dengan 3 batu yang satu berbentuk altar dan dua lagi seperti tangan yang terkatup saat berdoa jika tanahnya digali. Walau pembangunan tempat ini sempat terhenti diakibatkan oleh krisis moneter, tapi pembangunan akhirnya dapat dilanjutkan dan menjadi tempat wisata religius bagi para pengunjung. Ada lagi area untuk jalan salib tapi karena gerimis dan keterbatasan waktu kami tidak ke sana. Selain melihat goa Maria, akar pepohonan di lokasi ini juga unik, seolah mereka saling tindih dan keluar dari bumi. 

Dari sana barulah kami menuju pantai Dinding Batu yang sebelumnya telah saya muat terlebih dahulu. 



Puri Tri Agung - Bangka
Dan dari sana kami pun menuju ke area Sungai Liat (asal tahu saja, area Belinyu dan Sungai Liat ini jauh pake banget) karena tour guide kami ingin agar kami berkesempatan melihat Puri Tri Agung. Vihara ini digunakan oleh tiga aliran agama yaitu : Buddha, Confucius dan Tao. Karena kami tiba sudah malam, maka kami tidak dapat melihat kemegahan di dalam vihara ini. Nyesek teman-teman. Kami tiba sudah nyaris malam, pemandangn wisata dari pantai Tikus tidak bisa terlihat lagi. Boro-boro pemandangan matahari terbenam karena memang sudah terbenam duluan 


Foto lengkap bisa diintip di STELLER

Susunan trip perjalanan  bisa dilihat di sini :

Pantai Batu Dinding
Kuliner Bangka hari kedua
Kuliner Bangka hari pertama
Hotel Novotel Bangka
Hari terakhir di Belitung
Kuliner di Belitung
Ahok Village
Laskar Pelangi dan Suvenir Belitung
Pulau-pulau Belitung day 2
Temple of Kwan-Im Goddess
Jalan-jalan BaBel day 1
BW Suite Belitung
Batik Cap Bangka

2 komentar:

  1. Tempatnya asik ya mba, penuh tumbuhan rimbun jadinya. Oh iya, setau aku pantai di Bangka juga bagus-bagus yaa

    BalasHapus
  2. sejuk sekali tempatnya... sepertinya di sini juga ada Gua Maria, gua Maria itu dibuka untuk umum juga atau enggak? atau khusus untuk yang ingin beribadah saja?

    BalasHapus

Thank you for reading and comments.
Comments will be screened first.

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.