Blog berisi curhatan si lajang

Rabu, 02 Agustus 2023

STAYCATION BOGOR - AREA PAJAJARAN

Kamar 927 Ibis Styles Pajajaran
Kamar no 927 Ibis Pajajaran

Sedang ingin staycation tapi kepingin di area lain, dan akhirnya kepikiran ke Bogor. Kok gak sekalian ke Bandung lagi? MAUNYA SIIIHH... Tapi sedang susah cuti, jadi cari yang wilayah JaBoDeTaBek sajalah. Begitu mikirnya... Karena saya membawa orangtua, naik KRL adalah hal yang tidak mungkin. KRL lintas Jabodetabek bukan sarana transportasi yang ramah bagi manula dan difabel. Apalagi stasiun Manggarai, yes? Akhirnya kami sewa Grab dengan minimal sewa untuk 3 jam. Saya pikir, bisalah 1 jam sampai ke Bogor setelah itu mampir ke tempat makan sebelum ke penginapan.

SALAH.

Ketika kami cek di map, wadaw ada terlihat warna merah sekitaran jalan setelah keluar dari tol. Tapi ya mau bagaimana, salah saya juga tidak mencari tahu lebih jauh. Saya mengira, macet di Bogor karena banyak wisatawan lokal termasuk saya yang berkunjung ke sana. Ternyata sedang ada pembangunan flyover. Jadi, begitu keluar dari tol Jagorawi, kami diarahkan dulu untuk belok kiri, untuk putar balik agar dapat menuju jalan Pajajaran.

Iya, saya memilih untuk mencari penginapan di situs ACCOR & akan menginap di Hotel Ibis Styles Pajajaran. Kalau biasanya saya maunya gak usah pakai sarapan, tapi kali ini saya memutuskan untuk sarapan di hotel saja deh, biar gak ribet.

POIN PLUS

Accessible for wheelchair users
Akses bagi pengguna kursi roda

Ada jalur khusus bagi yang menggunakan kursi roda atau mau mendorong koper. Padahal awalnya saya sudah gelisah ketika melihat ada beberapa anak tangga sebelum masuk ke dalam hotel.

Tersedia sepeda yang bisa dipinjam oleh tamu yang menginap di hotel. Tapi, saya tidak menanyakan prosedurnya. Ada tempat fitness juga bagi para tamu; yang tentu saja gak saya gunakan karena keenakan tidur.

Receptionist Ibis Styles Pajajaran
Resepsionis Ibis Styles Pajajaran

Check in tepat waktu, ada welcome drinks, dan tidak pakai lama. Sesampainya di sana, sekitaran jam 1.55 dan sudah ada tamu lain yang tengah check in. Check in juga tidak memakan waktu terlalu lama dan jam 2 lebih sedikit saya sudah bisa masuk dan beristirahat di kamar deh.

bed linen ibis styles hotel bogor

Lokasinya sebenarnya bagus banget di jalan Pajajaran ini, karena begitu menyeberang jalan, sudah dekat pintu masuk Kebun Raya Bogor. Sayang saat ini jalanannya macet banget di sekitaran hotel dan Kebun Raya Bogor.

Amenities Ibis Styles Pajajaran

Kamar bersih, amenitiesnya juga lengkap, dan ada chiller (tidak terlihat di foto) dan toiletries semua lengkap (sampai ada alat cukur - yang biasanya tidak pernah ada dari pengalaman menginap sebelumnya), AC berfungsi sangat baik. Sampai beberapa kali kami matikan saja AC-nya karena gak tahan dinginnya.

Ohya, sehubungan dengan kejadian tidak mengenakkan saat menginap di sini, saya menyisakan satu sachet teh di tea holder.

Double bed Ibis Styles Pajajaran

Tempat tidurnya buat saya oke-oke aja, ada permintaan untuk tidak setiap hari meminta penggantian selimut (ini tentu saja berlaku jika kita menginap lebih dari semalam). Dan jika biasanya diberikan dua bantal, kali ini bantal dan guling.

Balcony Ibis Styles Hotel Bogor

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, hotel ini berseberangan dengan Kebun Raya Bogor, jadiii, ada balkon yang menghadap ke sana. Bisa juga loh buat bikin konten di sini.

Kami menerima dua kartu kamar, yang tentunya akan kena denda kalau sampai hilang. Jadi, jangan sampai hilang ya.
Kenapa sampai penting banget untuk mendapatkan dua kartu kunci kamar? Jadi, kalau salah satu keluar, yang tinggal di dalam tidak akan kepanasan dan bisa menikmati fasilitas lain seperti tv dan lampu.

OVERALL: PELAYANAN BAIK

KULINERAN
Karena rencana saya buat mampir ke tempat makan ambyar setelah melihat kemacetan yang terjadi, maka jalan satu-satunya adalah mencari makanan di sekitaran hotel. Jadi, setelah melihat beberapa pilihan di google maps, saya pun keluar untuk melihat langsung tempatnya. Biasa, biar sekalian ngonten kaaan... Pilihan jatuh ke yang paling dekat dengan hotel yaitu yang lokasinya di jalan Rumah Sakit.

Hopa Place Bogor

HOPA PLACE

Tempatnya menyenangkan untuk keluarga yang membawa anak-anak, karena terdapat area yang luas untuk anak-anak bermain. Karena sudah banyak pengunjung, saya jadi tidak enak juga kalau membuat konten, plus sudah lapar juga akhirnya langsung masuk saja untuk memesan makanan. Padahal tempatnya vintage, dari bangunan tua, oke sebenarnya untuk ngonten.

Di sambut ramah oleh staff-nya, dan direkomendasikan beberapa pilihan makanan. Yang berikut, saya rekomendasikan (dengan catatan kalian suka makanan dengan tinta cumi ya)

fried rice with squid's ink Hopa Place
Nasi goreng tinta cumi

Sebenarnya rasanya ya rasa nasi goreng, saya kurang dapat sensasi gurih dari tinta cuminya. Cumi goreng tepungnya sendiri, renyah di luar, empuk di bagian dalam. Jadi, gak heran kalau menu yang satu ini banyak dicari dan direkomendasikan oleh mereka.

Teriyaki Salmon Hopa Place
Salmon teriyaki

Nasi goreng Jepang, dapat  beberapa slices Gari bareng pan seared salmon dengan bumbu teriyaki. Ini ternyata ENAK JUGAAA! Salmonnya lembut, pas dimakan bareng dengan nasinya.

Sara Bakehouse

SARA BAKEHOUSE
Masih dalam satu halaman yang sama, saya melihat penampakan rumah kecil: Sara Bakehouse. Tempatnya sendiri lebih kecil dari Hopa Place, jadi jika ingin menikmati pastry dari sana, bisa dipesan dan dinikmati di Hopa Place.

pastry Sara Bakehouse

Saya mampir juga dan kebetulan sedang ada promo, beli dua croissant bisa dapat 1 casserole gratis. Lumayan lah. Bakal jadi bekal makan malam kami sambil leyeh-leyeh nonton TV.

Restaurant Ibis Styles Pajajaran

SARAPAN IBIS STYLES PAJAJARAN
Saya diinformasikan bahwa sarapan mulai disiapkan dari jam 6 hingga 10 pagi. Dan setelah melihat kalau hotel ini tengah ramai dengan para tamu, sepertinya harus pagi nih nongol buat sarapan. Jadilah sekitar jam 06.30 kami ke restoran dan tidak lama kemudian, restoran langsung penuh.

breakfast Ibis Styles Bogor

Namanya makanan di hotel, ya gitu deh... Tidak ada yang benar luar biasa enak, tapi masih bisa dinikmati. Variasi makanan tidak banyak, tapi tidak pernah sampai kehabisan. Menunya antara lain:
- Lontong sayur
- Bubur ayam
- Tempe orek
- Ayam goreng
- Brokoli
- Nasi goreng, nasi putih & kwetiaw goreng
- salad dan buah-buahan
- pastry dan minuman segar

open wardrobe Ibis Styles Bogor

LAINNYA
Untuk meletakkan pakaian, lemarinya open wardrobe seperti foto ini. Buat kami tidak masalah, malah membuat ruangan terasa lebih luas.

Hanya saja nih, entah kenapa ya, beberapa kali menginap di hotel, saya tidak pernah dapat pemandangan yang enak dari jendela kamar hotel. Padahal berharap dapat pemandangan pepohonan kebun Raya Bogor, tapi apa boleh buat dapatnya pemandangan hotel sebelah.

Bagi yang membawa anak-anak, kekurangan hotel di sini adalah tidak ada kolam renang .

KESIMPULAN
Tempat yang nyaman untuk beristirahat, di luar lokasinya terletak dekat dengan jalur macet. Diperkirakan masih berlangsung hingga Desember 2023 nanti.

PETA

11 komentar:

1. wah aku jadi kangen suasana Bogor, pengen kesana lagi tapi mager kalo macet :(

Balasan
    1. Sebaiknya dihindari dulu ke Bogor, apalagi yang wilayah tengah kota yang dekat dengan KRB. Bener2 tobat deh sama macetnya.

Hapus
  2. Meski macet dan gak dapat pemandangan, tapi enak ya hotelnya dekat kemana-mana, lengkap dan yang aku suka ada akses untuk kursi rodanya :) Mungkin lain kali bisa dicoba untuk request kamar waktu booking, biasanya aku minta kamar dengan pemandangan di lantai yang agak atas dan dikasih :)

Balasan
    1. Oh, bener juga. Aku biasanya cuma minta kamar di lantai atas tanpa minta tambahan request pemandangan yang enak diliat. Biasanya keingetnya ya minta non smoking room. Dan kadang suka lupa juga nanya akses bagi pengguna kursi roda gimana, jadi suka deg2an kalau lihat tangga sebelum pintu masuk hotel

Hapus
  3. Oh Ibis style di Bogor ada 2 yaa? Aku inget pernah stay di sana, tapi tempatnya seingetku ga depan KRB. Wong masuk dlm komplek perumahan, trus tetanggaan Ama Novotel. Tamu Ibis boleh main ke Novotel juga, Krn di sana ada mini zoo. Dan kalo mau kluar cari makan, ya jadi agak susah Krn jalan kaki kluar dr kompleknya jauh 🤣. Hrs naik kendaraan.

Aku malah baru tau ada yg depan KRB posisinya. Tau gitu mending nginep yg di situ, LBH strategis. Tapi Ibis styles yg waktu itu aku inepin BGS juga sih.

Emang ga pernah salah nginep di Ibis styles. Aku selalu suka Ibis style dibanding Novotel malah, Krn LBH cakep aja designnya, warna warni juga biasanya

BalasHapus

Thank you for reading and comments.
Comments will be screened first.

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.