Blog berisi curhatan si lajang

Jumat, 13 Agustus 2021

Merawat Wajah Bersama Scarlett Whitening

Dalam waktu dua tahun saya akan berusia 50 tahun, whew time flies. Dan sebagai wanita, mau umur berapa saja pasti menghadapi masalah dengan kulit wajah. Dulu jaman masih remaja hingga berusia 20 tahunan masalah kulit saya ya berminyak dan jerawatan. Sebenarnya sih jerawat yang mampir di wajah hanya satu atau dua. Dan biasanya mereka memunculkan diri pada masa menjelang menstruasi. Tapi pada masa itu, tahu sendiri lah ya, ada jerawa rasanya kiamat. Ditambah lagi, pada masa mulai kerja, saya sering menggunakan bedak compact yang teksturnya lebih padat. Tujuannya tentu saja agar makeup bisa bertahan seharian. Lalu malamnya, malas membersihkan sisa-sisa makeup. Akibatnya jerawatnya tambah menjadi walau syukurlah tidak berlarut-larut.

Saat usia di kepala empat, masalah kulitnya jelas berbeda . Kalau dulu drama karena berminyak di segala penjuru wajah dan berjerawat, sekarang puyeng dengan kulit kering. Kulit kering di usia 40-an bisa disebabkan oleh karena penurunan hormon seperti estrogen pada periode sebelum masuk masa menopause. Hal ini mengakibatkan menjadi tipisnya kulit dan kurang kenyal, yang memicu ya itu tadi kulit kering hingga keriput. Plus flek pada kulit seperti bekas jerawat dan makin terlihatnya pori-pori besar. Bagaimana ceritanya dengan saya yang tidak rutin merawat kulit wajah dan sering terpapar sinar matahari? 

Di masa pandemik seperti sekarang, masalah pada kulit wajah pun bisa timbul disebabkan pemakaian masker secara rutin. Bukan masker perawatan wajah ya, tapi masker kesehatan untuk melindungi kita dan orang lain dari penyebaran virus corona. Ada yang mengalami gatal-gatal pada kulit wajah akibat pemakaian masker yang lama. Penyebab lain adalah  lupa mengganti masker yang telah lembab karena digunakan seharian. Dan juga kulit wajah jadi sering tergesek selama pemakaian masker. Intinya ada banyak penyebab masalah kulit wanita, apalagi kalau tidak rutin melakukan perawatan.

Tapi mengapa sih kita perlu menjaga kesehatan kulit wajah? Karena wajah kita ini yang paling sering terkena langsung dengan sinar matahari, debu, asap kendaraan apalagi. Terlalu sering terpapar sinar matahari dapat membuat kulit wajah terbakar. Dan polusi udara juga dapat merusak kekencangan kulit dan memicu penyakit kulit; antara lain ya jerawat. 

Dengan mengenakan masker kain yang tidak dicuci dengan benar, bisa jadi tempat bersarangnya bakteri dan virus. Sementara, mengenakan masker sekali pakai yang tidak diganti di cuaca yang panas seperti sekarang, akan membuat kulit kita jadi lebih lembab dan akan membuat bakteri dan jamur betah. Belum lagi ketika kita lupa cuci tangan setelah dari luar dan menyentuh wajah sehingga terpapar kuman. Jadi paham dong, mengapa kita perlu menjaga kesehatan kulit wajah dengan perawatan rutin?

Kalau mendengar kata perawatan, pasti kepikirannya adalah pergi ke klinik dan melakukan sesi khusus untuk perawatan. Sebenarnya, perawatan wajah pun bisa dilakukan dari rumah. Terlebih lagi, saat ini banyak juga dari kita yang harus melakukan kegiatan kerja di rumah. Atau ke kantor hanya saat diperlukan saja dan jam kerja tidak seperti biasanya. Jadi mestinya bisa lah kita meluangkan waktu untuk melakukan perawatan. Nah, jadi mulai saya mencari tahu produk perawatan yang cocok untuk digunakan dan gak pakai ribet sekalian dengan produk perawatan tubuh. Ingat kan postingan saya mengenai perawatan tubuh dengan Scarlett Whitening? Beruntungnya saya, mereka juga mempunyai produk untuk face care yang juga CRUELTY FREE alias tidak melakukan uji coba pada hewan.

Customer service menanyakan jenis kulit saya, apakah kering dan kusam? Atau berminyak dan jerawatan? Kebetulan kulit saya adalah kombinasi dari keduanya. Berminyak di area hidung dan dahi, apalagi kalau sudah siang dan tidak touch up makeup. Wow, serasa ada nyala lampu memancar dari dahi. Sudah memang dasarnya saya malas make up, boro-boro inget mau touch up. Plus, di masa pandemik seperti sekarang, justru tidak dianjurkan untuk menggunakan make up yang tebal atau keseringan touch up tanpa membersihkan muka terlebih dahulu. 

Lalu yang kering di sebelah mana? Di dekat area mata dan hidung serta mulut. Di bagian pipi masih terhitung biasa saja, dalam artian tidak sampai kering namun tidak juga berminyak yang berlebihan. Memang terdapat flek pada kulit wajah, dan sepertinya ini juga bekas jerawat yang malas move on

Setelah mendengarkan penjelasan saya, maka customer service merekomendasikan untuk menggunakan Brightening Facial Wash dan juga Brightly Ever After Serum. Jadi penting untuk mengetahui jenis kulit wajah kita ya teman-teman. Agar bisa mendapatkan produk perawatan yang cocok untuk kulit wajah. Bisa lho diskusi dulu dengan customer service mereka sebelum melakukan pembelian. Langsung cek saja profile IG @Scarlett_Whitening

Sesuai penjelasan customer service, kedua produk yang disarankan kepada saya juga mengandung bahan Niacimide dan Glutathione. Sounds familiar? Ya, bahan-bahan ini pun terdapat pada produk perawatan tubuh Scarlett Whitening. Mulai tertarik? Yuk mari kita bahas lebih lanjut. 


BRIGHTENING FACIAL WASH



Polusi udara belum lagi bakteri dan kuman yang bisa merusak kulit wajah, maka diperlukan pembersih wajah yang bukan hanya sekedar sabun. Formula sabun hanya cocok untuk bagian tertentu dari tubuh. Sementara tipe kulit wajah pun  berbeda, jadi diperlukan sabun khusus untuk masing-masing tipe wajah. 

Jadi kegunaan facial wash itu untuk apa saja sih, kenapa harus dibedakan dari sabun biasa? Kegunaannya adalah sebagai berikut:

1. Wajah jadi lebih bersih sehingga terhindar dari penumpukan kotoran dan debu pada wajah setelah beraktivitas seharian.
2. Mencegah timbulnya jerawat dari penumpukan sel kulit yang mati.
3. Penggunaan facial wash bisa membantu melembutkan  kulit wajah. 

4. Membuat wajah jadi lebih cerah karena dengan pemakaian facial wash yang teratur bisa membantu mengecilkan pori-pori. Pori-pori wajah yang membesar dan produksi minyak yang berlebihan sebagai akibat tidak teratur membersihkan wajah akan mengakibatkan munculnya jerawat.


KEMASAN

Saya terima facial wash ukuran 100 Ml dalam kemasan kotak. Sepertinya kotaknya akan saya simpan dulu agar memudahkan jika hendak membawa botolnya. Botolnya sendiri ringan, dengan model tutup flip. Ohya, di kotak kemasan, ada hologram untuk cek produk ini di BPOM. Akan kita bahas nanti ya. 

 


TEKSTUR

Cairannya bening dan tidak terlalu cair, dan SLS free. SLS sendiri adalah sodium lauryl sulfate dan salah satu bahan yang sering digunakan juga pada produk skincare. Namun bagi yang kulitnya sensitif, bahan ini bisa membuat kulit iritasi dan kering. 

Karena SLS free, saat menggunakan facial wash ini tidak ada busa, namun kulit tetap bersih dan jadi lembut.


Brightening Facial wash mengandung bahan-bahan diantaranya adalah:


Rose Petal

Saya baru tahu ternyata rose petal dapat membantu menyegarkan kulit. Plus bisa menjadi pembersih wajah yang melembabkan dan bukan membuat jadi lebih kering. Intinya ramah pada kulit wajah kita.


Glutathione

Adalah aktioksidan yang kuat dan bergungsi meningkatkan kelembaban dan elastisitas kulit. Juga memberikan perlindungan dari radikal bebas serta mencerahkan kulit.

Sekedar informasi, sebenarnya tubuh manusia dapat menetralisir radikal bebas, namun hanya jika jumlahnya tidak berlebihan. Merokok adalah salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan jumlah radikal bebas dalam tubuh. 


Niacinamide 

Adalah salah satu jenis vitamin B3 yang dapat membantu menjaga kelembaban kulit, melindungi kulit dari kerusakan yang antara lain bisa timbul dari sering terpapar sinar matahari.

Berguna juga untuk mencegah jerawat dan anti-inflamasi, sehingga aman bagi pengguna dengan tipe kulit berjerawat. Dan yang penting buat saya adalah bisa membantu mencegah penuaan, tapi tentu pemakaiannya harus rutin ya.  


Aloe Vera

Berguna untuk menenangkan dan meredakan peradangan kulit serta melembabkan dan menghaluskan kulit wajah.


Vitamin E

Mempunyai fungsi yang kurang lebih  sama dengan aloe vera dan pastinya turut menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.


CARA PEMAKAIAN

Tuangkan facial wash secukupnya pada telapak tangan lalu usapkan pada wajah secara merata lalu bilas. Gunakan dengan rutin setiap hari pada pagi dan malam agar hasilnya maksimal. 


Hasilnya? Setelah pemakaian selama dua minggu, memang kulit saya jadi lebih lembab dan tidak sekering yang sebelumnya. 


BRIGHTLY EVER AFTER SERUM

 


Mengapa serum diperlukan juga dalam perawatan kulit wajah? Karena serum mengandung bahan aktif seperti antioksidan dan peptida yang mampu meresap ke dalam kulit untuk memelihara dan meremajakannya. Dengan penggunaan serum, juga dapat meningkatkan efisiensi produk perawatan kulit lainnya.

Kegunaan memakai serum terlebih Brightly Ever After Serum adalah:

1. Membantu mencerahkan kulit dan memudarkan noda di wajah seperti hiperpigmentasi, bekas jrawat, flek dan bekas luka.

2. Membantu mengontol kadar minyak berlebih pada kulit, membantu mengecilkan pori-pori, improvisasi warna kulit, menghaluskan kerutan dan juga garis di kulit.

3. Membantu memberikan nutrisi dan melembabkan kulit.

4. Membantu agar kulit menjadi lebih rileks dan tenang.

5. Bekerja sebagai antioksidan dan anti polusi.


Sebagai tambahan informasi, serum ini telah teruji bebas Merkuri dan Hydroquinon. Di banyak negara pemakain merkuri pada kosmetik telah dilarang karena dianggap membahayakan. Sebenarnya merkuri merupakan logam berat yang secara alami berada di alam.  Namun jika tidak dikontrol penggunaannya, dapat menjadi racun bagi penggunany. 

Sementara Hydroquinon memang sering digunakan untuk terapi pigmentasi bagi kulit yang kusam. Tapi tetap harus dengan resep dokter dan penggunaan dalam jangka panjang tidak berakibat baik bagi kulit.


KEMASAN

Saya menerima satu botol berisi 15 Ml cairan serum. Ada lapisan plastik lagi di dalamnya untuk melindungi botol saat pengiriman berlangsung. Tutup botol sekaligus pipet untuk meneteskan serum saat penggunaan.

Kemasan tidak langsung saya buang karena diperlukan untuk cek keaslian dan juga terdaftar tidaknya di BPOM. 

 


TEKSTUR

Teksturnya cenderung cair, yang mudah diserap oleh kulit berminyak namun agak sulit untuk kulit yang kering. Tapi karena saya tidak berjerawat, jadi serum ini yang cocok untuk kulit wajah saya.


Brightly Ever After Serum mengandung bahan-bahan yang juga terdapat di dalam body care serta facial wash, jadi mari kita bahas ulang:


Lavender water

Gunanya untuk melawan bakter yang menyebabkan jerawat, mengatasi peradangan pada kulit, detoksifikasi kulit, meningkatkan sirkulasi darah dan menghaluskan kulit. 


Phyto Whitening

Mencerahkan wajah dalam waktu singkat dan sangat aman bagi kulit tanpa menyebabkan iritasi. Sekedar info, Phyto Whitening ini juga mengandung Niacinamide loh.


Vitamin C

Membantu menghilangkan flek dan bekas jerawat, mencegah dan melindungi kerusakan sel dan jaringan kulit akibat paparan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini pada kulit.


Niacinamide

Melembabkan kulit, mengatasi jerawat, menyamarkan noda hitam dan mencegah kanker kulit melanoma.


Glutathione

Merupakan antioksidan alami yang dapat meningkatkan kelembaban dan elastisitas kulit, memberikan perlindungan dari radikal bebas, membuat kulit lebih sehat dan terlihat glowing.



CARA PEMAKAIAN

Sebelum menggunakan serum, pastikan kulit wajah dalam keadaan bersih. Karena kalau dalam keadaan kotor, serum tidak akan berfungsi dengan baik. Jadi, bersihkan wajah baik dengan cleanser dan toner, barulah gunakan serum. Tuangkan 2-3 tetes serum, usap serta pijat perlahan sampai merata pada kulit wajah. 

Pemakaian bisa di pagi hari dan malam hari. Sebaiknya tunggu beberapa saat sebelum melanjutkan dengan pelembab ataupun makeup anda. Pastikan serum telah benar-benar meresap pada kulit. 


Hasil yang saya rasakan setelah pemakaian dua minggu adalah kulit mulai lembab ketika bangun di pagi hari. Biasanya kulit saya jadi kering setelah tidur semalaman. Jadi, untuk menghilangkan flek apalagi kerutan di wajah, pastinya saya harus rutin menggunakannya. 


Cek Produk Resmi & BPOM


Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, saya tidak langsung membuang kemasan luar. Dikarenakan saya memerlukan kemasannya agar bisa scan barcode yang terdapat pada kemasan. Gunanya adalah untuk mencari tahu keaslian produk dan apakah benar teleh terdaftar di BPOM. 

Sebagai contoh saya menggunakan kemasan dari serum, karena semua barcode berada di kemasan luar. Kalau facial wash, ada yang di kemasan luar ada juga yang terdapat di produknya ya. Jadi diteliti dulu sebelum membuang kemasan luarnya. 



Untuk keaslian produk, bisa scan barcode hologram dan akan diarahkan ke situs untuk verifikasi keaslian. Sementara untuk cek terdaftar di BPOM, scan barcode yang satu lagi. Nanti akan muncul kode, dan kita copy kode yang dimulai dari NA diikuti dengan 11 digit angka. Lalu kita cek di situs BPOM, filter pencarian dengan Nomor Registrasi dan masukkan kode tersebut. Maka akan muncul detail produk yang telah teregistrasi pada BPOM.

 


Mengapa ini penting? Karena banyak produk kosmetik tanpa merk yang jelas dan tidak ada catatan terdaftar di BPOM beredar di masyarakat. Pemakaian kosmetik yang tidak bisa dicari bukti keasliannya bisa membahayakan kesehatan pengguna. Bisa saja produk tersebut mengandung merkuri yang kita tahu tidak baik untuk kesehatan.


Tetap diingat ya teman-teman, segala perawatan berbuah hasil yang baik jika rutin pemakaiannya. Jadi selalu ikuti petunjuk pemakaian dan jangan setengah-setengah jika tengah melakukan perawatan. Bisa menghilangkan kerutan, mupeng gak siiih? 


7 komentar:

  1. Wah samaan mbak, aku juga pakai rangkaian produk dari Scarlett Whitening, suka banget sama serumnya.

    BalasHapus
  2. Cieeeh Mbak Ria sekarang tambah glowing nih.. Luvable

    BalasHapus
  3. Ini bisa buat ibu menyusui enggak ya, Mbak? Aku tu kesel karena ada milea dan mulai muncul fleknya.

    BalasHapus
  4. Mantuyyy kak Riaaaa..jadi pengen cobain..

    BalasHapus
  5. Bener banget kak, ngecek BPOM itu emang penting bgt, takutnya brand nyantumin logo BPOM di produknya tapi sebenernya mereka belum terdaftar.

    Kalau Scarlett ini aku baru coba bodycare nya aja kak, untuk skincarenya aku belum coba, tapi aku penasaran sama serumnya, apalagi karn kulitku berminyak

    BalasHapus
  6. aku suka aroma bunga bungaan...ngebayangin essense rose petal mlunsyur di pipi...aduh kebayang jadi kenyal hihi

    BalasHapus
  7. Ntr pake juga yg glowtening serumnya mba. Baguuus. Aku masih pake sampe skr Scarlett skincare ini, kec facial wash nya. Krn aku udh telanjur cinta Ama Cetaphil :p. Jadi khusus pembersih wajah ga pengen beralih. Tp serum , day cream dan night cream pale Scarlett :D.

    So far sukaaaaa Ama hasilnya. Yg pasti flek hitam beneran memudar. Jadi aku masih pengen utk trus pake produknya

    BalasHapus

Thank you for reading and comments.
Comments will be screened first.

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.