Blog berisi curhatan si lajang

Senin, 12 Juli 2021

#NEWNORMAL Workout At Home


PPKM Darurat akhirnya mengembalikan situasi kurang lebih sama seperti tahun lalu yaitu total WFH. Selamat tinggal dulu sama rutinitas keluar dengan kendaraan umum. Awalnya saya ingin memanfaatkan waktu dengan olahraga jalan kaki. Tapi akhirnya seperti biasa kebanyakan rencana tapi gak dijalankan, saya memutuskan untuk workout pas bangun tidur saja.  

Melihat daftar video workout yang saya susun tahun lalu, ceritanya saya sok bosen. Gerakannya itu-itu lagi, mau mencoba gerakan lain. Ohya, bukan berarti saya rajin workout ya dan badan saya sudah singset set seperti para instruktur. Karena sesekali saya juga sering skip workout, apalagi kalau sedang gak fit. Plus, makan teteup jalan teros, jadi ya saya hanya berharap untuk jaga kesehatan aja deh. 


Sedikit tips dari saya untuk mencari video olahraga yang cocok

1. Rajin browsing dan dicoba

Kalau cuma browsing, dikumpulin, gak pernah dicoba kita gak pernah tahu mana yang cocok dan mana yang enggak. 

Dengan mencoba, kita jadi tahu olahraga yang ini bisa kita lakukan atau tidak? Masing-masing punya batasan sendiri dalam berolahraga. Jadi tidak perlu memaksa diri, hasil tidak maksimal, apes-apes malah dapat cedera.

2. Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia?

Video olahraga ada buanyaaaak, mau dari negara mana saja juga ada. Pilihan masing-masing sih, tapi saya suka yang lokal tentunya, karena bahasanya lebih mudah dimengerti. Dan mereka suka mengingatkan untuk tetap jaga posisi badan tertentu. Misalnya, untuk tetap menahan perut agar menjaga bagian belakang tubuh selagi berolahraga. 

Menahan perut bukan berarti berhenti bernapas ya. Untuk yang satu ini, instruktur dari luar pun juga sering mengingatkan. Kalau sampai menahan napas, malah bisa bikin cedera.


PEMANASAN

Ingat sebelum mulai olahraga, sebaiknya usahakan pemanasan dulu ya man teman. Kenapa mesti pemanasan? Anggap aja mau masak, kalau minyaknya belum panas, acara memasaknya belum bisa dimulai kan? 

Jadi pemanasan berguna untuk mengurangi risiko mengalami cedera saat berolahraga. Selain itu, pemanasan yang dilakukan sebelum mulai olahraga merupakan proses adaptasi bagi otot sehingga tidak kram dan tegang saat harus menanggung tekanan yang lebih besar. 


Konon bisa bikin kurus

Ya itu sih menurut caption yang saya baca di videonya. Tapi saya memilih ini karena selain bosan sama gerakan yang itu-itu lagi, saya perkirakan sebagian besar gerakannya bisa dilakukan. 

So, sesuaikan gerakan yang bisa dilakukan tanpa membuat cedera ya. Dari rangkaian gerakan di sini, ada satu dua yang saya ganti dengan gerakan yang ada di video berikutnya. 


Dari video sebelumnya, ada beberapa gerakan yang tidak bisa saya lakukan. Jadi, biasanya saya kombinasi dengan gerakan yang ada di video ini. 

Sampai sekarang saya masih belum bisa melakukan dengan sempurna gerakan plank. Cape deh... Padahal sudah setahun lebih, tapi ya masih tingkat pemula teros. Apalagi ketika berat badan sempat naik... Wah, menahan beban tubuh 15 detik saja sudah penuh perjuangan. 

Itulah gunanya pemanasan yang disebutkan pertama kali tadi. 



Kalau lagi rajin, saya tambah dengan latihan yang ini karena durasinya hanya 5 menit saja kok. Ceritanya sih kepingin punya lengan yang agak rampingan dikit deh, gak usah banyak-banyak. Mudah-mudahan saja saya cukup tabah melakukannya tiap hari. 





Dan kalau lagi kerajinan, saya tambahin lagi sama yang ini (pssst, ini kalau lagi iseng di kamar setelah nonton drakor, jadi gak nonstop sama yang sebelumnya). 

Masih suka nonton drakor, dan karena saya kalau nonton kebanyakan episode yang sudah lama, jadinya nonstop mager di tempat tidur. Setelahnya badan malah jadi pegal, akhirnya saya olahraga yang satu ini. 




Yang ini, mau saya simpan dulu, kayaknya cocok kalau udah full balik WFO. Karena kalau sudah duduk terlalu lama, asli badan tuh pegal banget.



Setelah semuanya selesai, jangan lupa pendinginan ya. Saya masih belum menemukan nih video lain untuk gerakan pendinginan. 





EKSTRA
Tetangga saya memberikan informasi mengenai workout yang satu ini buat mama. Tapi saya gak yakin juga mama tahan melakukannya nonstop setengah jam. Tidak banyak gerakan kok, cuma pas gerakan di bagian kaki itu sepertinya lumayan bikin capek. 





BONUS KAUM MAGER
Bagi kaum malas gerak dan yang lagi akrab sama bantal sambil streaming film serian, video berikut sepertinya cucok nih. Atau bahkan yang malas berlama-lama olahraga, ada nih video stretching.

10 Menit Stretching

Jadi bagi yang suka bangun hanya untuk mematikan alarm (kayak saya), coba begitu bangun langsung pasang video ini dan stretching. Tapi setelahnya jangan tidur lagi ya :)




Bisa juga latihan yang satu ini, setelah bangun tidur supaya jangan suntuk, dan mood bisa jadi bagus lah.



Maunya yang bakar kalori banyak tapi gak perlu banyak gerakan macam-macam? Coba yang satu ini ya



Semoga berguna untuk teman-teman ya, tetap sehat selalu ^_^

2 komentar:

  1. Aghhhhhh banyak yg bagus2 nih workout nya. Aku save mbaaa ;). Aku skr rutin workout di rumah. Tapi paling sering pake YT nya EH OLAHRAGA YUK , yg video 10 variasi plank. Awalnya berat memang mba. Tapi skr malah udh biasa. Dan aku suka sensasi keringat banjir abis nge plank hahahaha. Seminggu 3x utk plank. Hari lain baru deh aku coba video lain.

    Tapi sesekali nyari rekomendasi dr temen. Kemarin aku nyobain EMI Wong yg full body workout. Tp jujur ga kuat, Krn itu gabungan dari plank 10 variasi di tambah gerakan2 lain hahahaha. JD aku stop di menit 20. Total 30 soalnya. Itu aja keringat udh banjir :p

    Yg aku bersyukur dari pandemi, salah satunya JD rajin olharga mba. Boro2 dulu. Enakan sih badan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hooo, nanti aku cari dah yang kamu rekomendasikan itu. Iya, banjir keringat sih gak apa ya... Asal jangan terlalu maksa diri trus jadi cedera itu yang berabe.
      Sempat ada yang kasih link video olahraga yang cuma sebentar tapi asli itu bukan banjir keringat lagi... aku ngeliat terus delete... Hahahhaah
      Tapi nanti ku cari lagi deh dan tambahin di sini :) Memang sih, setelah pandemik ini jadi rutin workout tiap pagi :) Itu segi positipnya yah

      Hapus

Thank you for reading and comments.
Comments will be screened first.

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.