Blog berisi curhatan si lajang

Selasa, 16 Juli 2019

Brickwork Tingkatkan Nuansa Desain Interior Populer Masa Kini


Mendekorasi hunian memang seyogyanya dilakukan oleh beberapa pemukim yang baru menempati hunian sejak penyelesaian proses jual beli rumah dijual.

Mulai dari penyediaan furnitur, perabotan-perabotan elektronik, hingga aksesoris-aksesoris pemanis pun adalah cara-cara sederhana yang biasanya dilakukan.

Belakangan ini, ada segelintir pemukim yang malah sengaja memberikan sentuhan yang berbeda dalam mendekorasi rumahnya yaitu dengan membubuhi interior rumahnya dengan material-material pembuat bangunan. Batu bata misalnya.

Tidak hanya menjadi sekedar material utama dalam membuat proyek-proyek rumah dijual, belakangan ini batu bata justru digunakan untuk menciptakan nuansa yang berbeda dalam sektor desain interior .


Jika digunakan dalam material pembentuk bangunan rumah dijual, bangunan rumah akan cenderung memiliki suhu yang sejuk, batu bata saat digunakan sebagai pemanis interior diketahui akan meningkatkan nuansa yang berbeda.

Batu bata sebagai pemanis interior yang juga dikenal bernama brickwork sangat berperan untuk memberikan sentuhan menarik dalam pewarnaan serta tekstur ruangan.

Sebagai contoh adalah peran dari pengunaan brickwork dalam tren desain interior zaman sekarang, Industrial dan Rustik

Meningkatkan Kontras dan Tekstur dari Desain Industrial
Dalam beberapa tahun terakhir, konsep desain interior industrial hadir tidak hanya pada sejumlah rumah dijual atau apartemen. Beberapa restoran, kafe, atau coffee shop di kota-kota besar di Indonesia misalnya juga turut menghadirkan konsep industrial untuk memunculkan kesan yang berbeda dari gaya-gaya desain interior rumah dijual yang lain.
Konsep industrial pada dasarnya lahir dari penggunaan mayoritas material semen baik di tembok maupun lantai. Disini, penambahan brickwork di beberapa titik diketahui dikatakan akan meningkatkan efek menarik dalam konsep tersebut. Titik-titik yang disarankan yakni pada tembok-tembok di ruangan utama.
Selain meminimalisasi kekurangan pada tekstur semen pada desain industrial agar menjadi lebih variatif, warna merah dari batu bata akan meningkatkan kontras pada ruangan yang didominasi warna netral.

Mengentalkan Kesan Tradisional dalam Desain Interior Rustik
Selain penggunaan desain interior industrial, tren desain rustik juga banyak diaplikasikan pada hunian-hunian di perkotaan di zaman sekarang. Pesan dari pengadopsian desain interior rustik ini tentu sangat berbeda dengan industrial, yakni menjauhkan diri dari kehidupan yang modern.
Dikarenakan hampir setiap hari masyarakat yang tinggal di perkotaan hidup didalam lingkungan yang serba modern, dipilihnya desain rustik disini beralasan bahwa ia dapat membawa suasana yang berbeda saat bermukim. Dengan desain interior rustik, Anda akan dibawa ke dalam area yang notabene seperti halnya di dalam pedesaan yang kental dengan ketenangan.
Brickwork yang ditempatkan di titik-titik tertentu pada dinding ruangan dapat dikatakan membawa kesan yang lebih tradisional seperti halnya pada rumah-rumah di pedesaan. Warna batu bata yang sangat kontras sangat cocok jika dikolaborasikan dengan elemen-elemen pendukung desain rustik yakni furnitur kayu, karpet, dan aksesoris kain di dinding ruangan.



30 komentar:

  1. Brickwork ini memang beberapa tahun belakangan sedang hits di mana-mana, selain karena konsepnya berbaur dengan tema industrial dan dapat menambah estetika ruang, dari segi biaya pembangunannya pun terbilang lebih murah hehehe.

    BalasHapus
  2. Yuhuuu, kece beraaattt!
    Semua properti jadi kliatan indaaah banget ya Mak
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  3. Pingin bikin dinding rumah brickwork gitu tp kayaknyan nnti diomelin ortu, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pengen ketawa baca komentar Nia karena memang sependapat. Buat kita mah keren, ya. Malah instagramable jadinya. Tetapi, memang harus meyakinkan para sepuh supaya gak dianggap bikin rumah setengah jadi hihihi

      Hapus
  4. Jadi cantik ya mba ruangannya. Alaminya dapet. Ha..ha, iya tapi klo diaplikasikan di kampung/di desa..trus yang punya rumah orang biasa2 aja (bukan seniman/yang nyeni) pasti dikira nggak kuat beli semen/cat. Padahal unik..

    BalasHapus
  5. Ku setuju sih sama design brickwork ini mba, bikin tampilan rumah jadi aesthetic, ku juga pakai brickwork di beberapa tempat di rumah tapi sudha di poles hehee

    BalasHapus
  6. Desain rumah tempo dulu memang keren sih, apalagi jika dipadupadankan dengan desain interior kekinian, Aplikasi Brickwork ini pastinya bikin nuansa berbeda di salah satu sudut rumah, jadinya mau foto-foto buat endorse enggak pusing lagi hihihi.

    BalasHapus
  7. Kesan tradisional memang membuat lebih indah dan lebih seni. Saya perlu juga buka Brickwork nih. Siapa tahu cocok dan tertarik, jadi bisa untuk menambah aksen yang menarik di rumah.

    BalasHapus
  8. Design interior yang kece bisa membuat rumah terkesan lebih luas dan nyaman

    BalasHapus
  9. Saya jg pengen mraktekkin desain dengan brickwork ini di rumah, biar kaya di cafe-cafe hihi...

    BalasHapus
  10. Oh baru tau aku namanya brickwork. Aku suka lho style interior gini. Ruangan terasa teduh, adem dan tradisional, jadi sentuhan spesial di tengah modernisasi kek sekarang

    BalasHapus
  11. Sering lihat desain rumah, cafe, hotel yang menggunakan tatanan bata merah dibiarkan pada beberapa spot (tdk tertutup seperti bagian lainnya), terlihat eksotis. Dan itu bernama brickwork tho.

    BalasHapus
  12. Brickwork itu berarti batu bata ya mbak, aku kira semacam pengganti batu bata. Kalo aku malah lebih suka wallpaper dengan corak bata merah. Kalo batu bata dijadikan dinding ekspos, aku kurang suka. Atau mungkin kudu difinishing dengan dihaluskan ya agar lebih rapi gitu. Karena di daerah tertentu batu bata itu kasar, jadi kurang bagus kalo diekspos

    BalasHapus
  13. Suamiku pengen banget niih dekorasi interior di rumah ada nuansa brickwork nya gitu

    BalasHapus
  14. Duh sy suka banget nih intip2 desain rmh orng di IG hehe gaya rustik n vintage salah satu favorit sy

    BalasHapus
  15. Oh, desain begini namanya brickwork ya. Hahaha. Kudeeet...kudet. Padahal aku sama suami suka banget desain seperti ini, tapi untuk nerapin di rumah kudu tunggu SIR (surat izin renovasi) dulu dari mertua. Hahaha.

    BalasHapus
  16. Sekarang tuh banyak rumsh2 dengan desain Brickwork. Akupun juga pengen. Kesan tradisional dan nyaman, aku suka sih.

    BalasHapus
  17. Sekarang tuh banyak rumsh2 dengan desain Brickwork. Akupun juga pengen. Kesan tradisional dan nyaman, aku suka sih.

    BalasHapus
  18. Tahu gitu temenku pake Brickwork ya. Oadahal dia cari. Save ah.

    BalasHapus
  19. Brickwork sih memang indah dipandang apalagi jika dijadikan background foto haha bakalan lebih memikat mata untuk menikmati hasil jepretan

    BalasHapus
  20. Ini sih idamannya suamiku, dari dulu pgn bgt punya rumah kami ada seni brickworknya kaya gini, mudah2an suatu saat nanti kesampean, amin

    BalasHapus
  21. Kalau desain interior pake Brickwork gitu keliatan suasananya lebih klasik dan original ya. Aku belum kepikiran punya rumah dengan desain interior begitu, kalo untuk eksterior mungkin aku mau

    BalasHapus
  22. Aku sukaaa juga kesan yang didapat dari brickwork ini. Cuma kudu bener2 dipikirin konsep keseluruhan ruangan ya biar nyambung. Saat ini masih suka mgeliatin aja deh, hehehe.

    BalasHapus
  23. Sudah berhari-hari aku bolak balik blog ini, sampao kutunggui emtah kenapa kolom komen ga muncul dan baru hari ini, duh senangnya. Aku suka banget sama konsep ruangan seperti ini,ada sentuhan artnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ampun, sempet gak keluar gitu kolom komennyah? maaf ya jadi bikin ribet...

      Hapus
  24. Kayaknya jadi adem deh kalo dinding rumahnya masih Bata merah tapi ya gak semuanya. Satu dinding aja cukup buat hiasan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, di pojokan atau di area mana deh, tapi memang lebih bagus jangan semuanya

      Hapus
  25. Brickwork ini ada tanteku yang arsitek sudah menerapkan dirumahnya jauh sebelum brickwork ini booming. Memang keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, jadi kesannya beda ya... entah kenapa malah bikin tambah nyaman

      Hapus

FYI, all spam comments will be deleted.

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.

Flag Counter

Flag Counter