Blog berisi curhatan si lajang

Selasa, 03 Oktober 2023

Review Eau De Parfum Dreamy by Scarlett

Dreamy Eau De Parfum
parfum DREAMY SCARLETT

Sudah tahu jangan sering-sering browsing handphone, tapi tetap dilakukan juga kalau sedang senggang. Apalagi saat menunggu kendaraan umum yang entah menyangkut di sebelah mana karena tidak kunjung tiba. Lalu melintas lah iklan parfum keluaran Scarlett, eh... tunggu... Scarlett sekarang juga mengeluarkan parfum?

Seperti biasa, langsung dong click iklannya dan saya langsung diarahkan ke nomor WA dan ternyata tidak hanya satu parfum melainkan ada dua jenis parfum. Karena saya sudah mulai punya preferensi aroma yang seperti apa, maka Dreamy jadi pilihan. Memangnya preferensi aroma saya apa sih? Yuk, mari kita bahas Dreamy mulai dari top notes, berlanjut ke middle notes dan base notes.


TOP NOTES

Mengapa perlu tahu top notes, middle notes hingga base notes? Agar kita lama-lama tahu, aroma mana yang langsung menarik perhatian kita. Terutama bagi yang lumayan sensitif sama aroma yang tajam atau terlalu manis. Nanti gunanya apa, akan dibahas belakangan ya. 

Yang menarik perhatian saya dari parfum adalah head notes-nya atau aroma yang pertama kali keluar ketika kita menyemprotkan parfum tersebut. Makanya saya justru biasanya malas membeli parfum langsung di pertokoan. Karena terlalu banyak wewangian untuk dibandingkan pada saat yang bersamaan. Dari beberapa parfum terakhir ini yang saya iseng beli karena harganya di bawah IDR 100.000,- (termasuk Dreamy by Scarlett), ternyata Bergamot termasuk aroma yang saya suka. 

Dreamy punya Top Notes berikut ini: 

Bergamot: Memberikan aroma sitrus yang segar, langsung menarik aja buat saya. 

Mandarin: Menambah aroma sitrus yang manis dan cerah.

Ginger: Menyediakan twist pedas yang hangat dan energic.

Pear: Menambahkan manis, berair, dan kesan buah yang halus.


Eau De Parfum Dreamy


MIDDLE NOTES

Karena saya tipe yang selalu tertarik pada hal yang muncul pertama (dalam hal parfum, aroma yang terendus pertama kali), maka saya malah jarang memperhatikan kandungan Middle Notes. Pdahal dalam parfum, middle notes ini justru inti dari aroma parfum yang muncul setelah top notes menguap. Middle notes biasanya mulai muncul beberapa menit hingga satu jam setelah aplikasi parfum dan bertahan lebih lama daripada top notes. Ketika kita berbicara tentang keseluruhan karakter dan nuansa dari sebuah parfum, middle notes memiliki peran penting dalam mendefinisikannya.

Dreamy punya Middle Notes berikut ini: 

Bunga Melati (Jasmine): Dengan aromanya yang manis, kaya, dan sedikit berminyak, memberikan nuansa feminin dan sensual ke dalam parfum.

Tuberose: Memiliki aroma yang kaya, creamy, dan sedikit mirip dengan bunga melati. Tuberose sering kali dikaitkan dengan aroma yang mewah dan sensualitas.

Orange Flower: Menyediakan aroma bunga yang manis dan segar dengan hint sitrus yang ringan. 


Gourmand: aroma yang menyerupai makanan manis, seperti coklat, madu, karamel, atau vanila. Dalam konteks middle notes, elemen gourmand akan menambahkan ketebalan dan kelezatan pada aroma parfum.

Kombinasi dari keempatnya bertujuan untuk memberikan kedalaman karakter pada parfum. Membuat parfum tersebut terasa lebih hangat dan memikat. 


Personal opinion: mungkin karena yang saya suka adalah wewangian sitrus yang segar, maka buat saya aroma orange flower ya sama saja dengan Bergamot.


BASE NOTES

Yang terakhir dalam parfum adalah Base Notes, yang sebenarnya aroma yang muncul dan bertahan paling lama. Seharusnya saya juga memperhatikan aroma yang satu ini, tapi jujurly malah jarang saya perhatikan. Nasibnya sama seperti middle notes, tidak menarik perhatian saya. Padahal, base notes ini mendasari keseluruhan komposisi dan memberikan kedalaman serta ketahanan pada parfum. Base notes biasanya mulai terasa beberapa jam setelah aplikasi parfum dan bisa bertahan hingga berhari-hari tergantung pada kualitas dan konsentrasi parfum, tentunya. 

Dreamy punya Base Notes yang berikut ini:

Amber Dry: Amber, dalam parfum, sering kali merujuk pada aroma hangat, manis, dan resinous yang menyerupai balsam. "Dry" di sini mungkin menunjukkan karakter amber yang kurang manis, lebih hangat, dan bertekstur kering.

Cashmeran: Adalah bahan sintetis yang dikenal dengan aroma kayu yang hangat, sedikit seperti musk, dan punya nuansa seperti amber. Cashmeran ini memberikan sensasi yang halus dan mewah, mirip dengan sentuhan kasmir.

Heliotrope: Bunga ini memiliki aroma yang manis dan creamy, sering kali dikaitkan dengan aroma seperti marzipan atau vanila. Dalam parfum, heliotrope sering menambahkan sentuhan yang powdery dan sedikit floral.

Vanilla: Salah satu bahan paling populer dalam parfum, vanila memberikan aroma yang manis, creamy, dan hangat.


Dreamy by Scarlett

PACKAGING

Packaging parfum Dreamy by Scarlett untuk ukuran 30 ml buat saya, oke, warnanya menarik perhatian banget. Botol parfumnya sendiri lumayan ringkas untuk dibawa-bawa dalam tas. Tidak terlalu macam-macam bentuknya, dan mungkin tidak terlalu menarik untuk dikoleksi (ini pendapat pribadi ya). Tapi, bagi yang punya kegiatan dengan mobilitas tinggi, botol parfum ini sangat cocok untuk menemani kita kemana-mana. Dan bagi yang ingin berpergian dengan pesawat, parfum ini masih masuk kategori boleh untuk dibawa ke dalam kabin pesawat. Selama barang cair yang kita bawa totalnya tidak melebihi 100 ml ya. 


Pada kemasannya terdapat cara penggunaannya, dan tentunya keaslian produksi serta terdaftar tidaknya di BPOM. Jadi pastikan kalian membeli dengan kemasan yang menampilkan keterangan jelas seperti ini. 


DAYA TAHAN

Jujurly, tidak bisa bertahan seharian, tapi tetap saya suka memakainya tiap hari. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, top notes-nya yang menarik buat saya. Ketika disemprotkan ke area seperti di belakang telinga dan leher, semacam ada yang memberi semangat. Yeah, mari kita hadapi hari ini dimulai dengan berdesak-desakan di bus... Lah, jadi curcol.


HARGA

Ketika saya beli sedang promosi, di harga IDR 65K, dan sekarang dijual dengan harga IDR 75K. Sering-sering deh memantau official online shop, siapa tahu ada diskon loh!


Scarlett Eau de parfum


Tips membeli parfum

Membeli parfum secara offline, biasanya di toko fisik atau counter parfum, memberikan keuntungan karena kita dapat mencium dan mencoba aroma sebelum memutuskan untuk membeli. Bagi saya, yang tidak terlalu memusingkan aroma tertentu, tidak masalah membeli online atau offline. Tapi, jika kalian tipe yang seeing is believing, atau hanya suka aroma-aroma tertentu, maka berikut sedikit tips saat membeli:


Jangan pakai parfum

Kalau kita berniat membeli parfum, sebaiknya jangan menggunakan parfum sedari rumah. Jadi, aroma parfum yang dicoba di outletnya, tidak bercampur dengan parfum sendiri. Susahnya, terkadang pergi ke mall, tidak selalu dengan tujuan membeli parfum, yaaa kaaan?


Aroma Favorit

Sudah tahu aroma favorit? Carilah aroma tersebut atau setidaknya menanyakan pada salesnya, jadi tidak sampai pusing dengan mengendus begitu banyak pilihan aroma. Penciuman kita dapat menjadi capek lalu jadi sulit membedakan antara aroma yang berbeda jika mencoba terlalu banyak dalam satu waktu.


Gunakan Kertas Tester

Terima saja kertas tester yang diberikan sales, jadi jangan langsung dicoba di kulit kita sendiri. Agar kita mendapat gambaran awal mengenai aroma parfum tersebut. 


Coba di Kulit 

Setelah mendapatkan gambaran dari kertas tester, baru coba di kulit karena aroma parfum dapat berkembang berbeda di kulit setiap orang. Lalu diamkan dulu, agar kita bisa tahu perubahan aromanya. Idealnya 30 menit, jadi mungkin kita jalan-jalan saja dulu ke tempat lain. 

Makanya disarankan jangan mencoba terlalu banyak parfum. Masa sih setiap semprotan parfum ke kulit, kita harus ngelayap dulu selama kurang lebih 30 menit lalu balik lagi?


BUDGET

Ini sebenarnya faktor penentu paling pertama buat saya. Kebanyakan memang yang saya beli di bawah harga IDR 100.000,-

Intinya, sesuaikan saja dananya dengan parfum incaran kita. Jangan terlalu memaksakan diri membeli parfum yang harganya bisa membuat gak makan siang sebulan saat istirahat jam kantor (eh, pernah ya? Berasa kejadian nyata). 


Nah, bagaimana? Kalian sudah mencoba parfum ini? Kalau yang ini bisa langung mencarinya di toko online. Nanti akan dibahas tips membeli parfum secara online juga ya.

3 komentar:

  1. Aku beli 2-2 nya mba saking penasaran ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ. Tapi memang yg dreamy ini LBH enak sih wanginya. Kalo yg satu lagi lebih maniiiis. Cocoknya buat daily aja, abis mandi di rumah ๐Ÿ˜„.

    Tapi memang wanginya ga terlalu awet yaa. Cuma dengan harga segitu ya aku ga expect banyak. Asalkan abal2 enak dicium udah cukup ๐Ÿ‘๐Ÿ˜„lagian toh hanya untuk di rumah atau pergi yg deket2 aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, apalagi aku yang dari rumah wuangi buanget abis semprat semprot, begitu keluar rumah kena terik matahari, langsung kabur aroma wewangiannya. Tapi dengan harga di bawah IDR 100K, ya sudah lah ya. Kalau mau, paling dibawa aja kemana2 botolnya. Toh juga gak terlalu berat.

      Hapus
  2. wah aku baru tau Scarlett rilis Parfum, jadi pengen coba :D

    BalasHapus

Thank you for reading and comments.
Comments will be screened first.

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.