Blog berisi curhatan si lajang

Selasa, 28 Maret 2023

JIWANTA TEA


Siapa yang kalau ke kedai kopi tapi pesennya teh? Ya, saya salah satunya yang demikian karena terlalu sensitif sama kopi. Bukan karena asam lambung atau sejenisnya, tapi minum kopi membuat saya tidak bisa tidur. Padahal banyak teman-teman saya yang mau minum kopi jam berapapun, tetap saja mereka bisa tidur nyenyak. Jadi, ceritanya saya mulai deh belajar bahwa teh ternyata juga mempunyai banyak ragam. 

Kebetulan, beberapa waktu lalu dapat giveaway dari Jiwanta Tea. Saya tertarik untuk mengikuti giveaway karena penasaran dengan teh mereka. Jiwanta ini mengusung konsep artisan tea local premium dengan harga yang terjangkau bagi peminatnya. Teh yang ada dalam paket Jiwanta memiliki standar yang tinggi yaitu kelas 1-3. Standar ini biasanya sering diekspor oleh perkebunan teh, selain itu kualitasnya biasanya hanya dipasarkan secara lokal. Harapan Jiwanta adalah memperkenalkan teh premium Indonesia kepada seluruh masyarakat Indonesia. Penasaran? Kenalan dulu yuk.


JIWANTA

Ada artinya loh nama Jiwanta yang berasal dari bahasa Sansekerta ini yaitu ketenangan dari hati. Harapan mereka dengan nama tersebut yaitu ketika kita-kita nih para konsumennya mendapatkan ketenangan dalam setiap seduhan teh Jiwanta. 


KELAS PREMIUM

Teh kualitas kelas 1 hingga 3 itu yang seperti bagaimana ya? Ada beberapa faktor yang menentukan apakah teh tergolong kelas 1, 2 atau 3. Yang kita bahas yang kelas 1 dan 2 dulu aja ya. 

Teh kelas 1  dan 2 umumnya dinilai berdasarkan beberapa faktor seperti:




Jenis Daun Teh 

Teh kelas 1 biasanya terbuat dari daun teh yang unggul dan berkualitas tinggi, seperti daun teh pucuk. Ingat kah kalian sama iklan minuman teh yang ada ulat merayap ke pucuk daun dan kecewa karena keburu dipetik?  Daun teh ini yang baik kualitasnya biasanya dipetik dari bagian atas pohon teh yang masih muda dan segar.

Sementara untuk teh kelas dua, kualitasnya tidak sama dengan yang diperuntukkan untuk teh kelas 1, walau masih memenuhi standar.


Tingkat Kematangan Daun Teh

Daun teh yang dijadikan teh kelas 1 umumnya masih dalam kondisi muda atau belum terlalu matang karena memiliki rasa dan aroma yang lebih baik.

Sementara Teh kelas 2 dapat terbuat dari daun teh yang sudah sedikit matang atau sudah mulai berkembang, sehingga aroma dan rasa teh mungkin tidak sebaik teh kelas 1.


Pengolahan Teh

Teh kelas 1 diproses dengan hati-hati dan menggunakan teknik pengolahan yang baik, seperti teknik pengeringan yang diatur secara terkontrol dan waktu yang tepat. Hal ini bertujuan agar aroma dan rasa teh bisa terjaga dengan baik.

Sementara teh kelas 2 diproses dengan teknik pengolahan yang baik tetapi mungkin tidak sehati-hati untuk mendapatkan kualitas teh kelas 1. Meskipun demikian, aroma dan rasa teh masih terjaga dengan baik.


Kebersihan

Teh kelas 1 diproses dalam kondisi yang bersih dan higienis, agar tidak terkontaminasi oleh bakteri atau kotoran yang dapat mempengaruhi kualitas dan keamanan teh.

Teh kelas 2 juga diproses dalam kondisi yang bersih dan higienis, tetapi mungkin tidak sebaik teh kelas 1.


Asal Daun Teh

Teh kelas 1 biasanya berasal dari perkebunan teh yang memiliki reputasi yang baik dan menghasilkan daun teh yang berkualitas tinggi. 

Daun teh yang digunakan untuk teh kelas 2 biasanya berasal dari perkebunan teh yang masih berkualitas tinggi, tetapi mungkin tidak sebaik teh kelas 1. 

NOTE: Daerah asal teh juga dapat mempengaruhi kualitas teh, seperti teh dari daerah pegunungan yang lebih tinggi biasanya memiliki rasa yang lebih lembut dan aroma yang lebih harum.


Faktor-faktor tersebut menjadi penilaian dalam menentukan kelas teh, meskipun tidak ada standar yang baku mengenai penentuan kelas teh. Namun umumnya teh kelas 1 dianggap sebagai teh yang memiliki kualitas dan rasa yang paling baik di antara kelas teh yang lainnya.



PRODUK JIWANTA:

Sekarang mari kenalan dulu sama produk-produk Jiwanta, yang saya terima juga sebagai hadiah giveaway:


Jiwanta Variant Kasmala 

Komposisi: Premium Tea, Mint, chamomile

Kasmala terbuat dari daun teh pilihan yang diambil dari pucuk terbaik. Kasmala tumbuh di perkebunan teh di kawasan Gunung Kerinci. Kasmala ditanam di samping perkebunan Kayu Aro, sehingga memiliki rasa teh yang pekat namun memiliki sensasi menyegarkan. Kasmala sangat cocok untuk menemani Anda bekerja karena dapat memberikan ketenangan dan semangat dalam setiap seduhan.

Saran Penyimpanan : dapat disimpan di suhu ruangan , tidak perlu di kulkas





Jiwanta Variant Samana 

Komposisi: Premium Tea, Omanthus

Samana terbuat dari daun teh pilihan. Samana dipetik di daerah pegunungan di Jawa Tengah, tepatnya di kawasan Gunung Lawu. Samana ditanam di area perkebunan teh yang bersebelahan dengan perkebunan kakao sehingga memiliki rasa asam dan manis di setiap seduhannya. Samana sangat cocok diminum saat santai.

Saran Penyimpanan : dapat disimpan di suhu ruangan , tidak perlu di kulkas




Jiwanta Variant Asmaralaya 

Komposisi: White tea premium class dan Melati Premium

Asmaralaya dibuat dari teh putih kualitas terbaik, ditanam secara organik dan ditanam di kawasan Gunung Merapi. Asmaralaya memiliki aroma yang harum dan menenangkan sehingga sangat cocok disajikan saat ingin tidur.

Saran Penyimpanan : dapat disimpan di suhu ruangan , tidak perlu di kulkas


MANFAAT MINUM TEH

Teh ternyata mempunyai manfaat bagi kesehatan, antara lain: 


Mengandung antioksidan

Teh mengandung senyawa antioksidan seperti polifenol yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.


Menjaga kesehatan jantung

Senyawa flavonoid dalam teh dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan stroke.


Menurunkan risiko kanker

Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi teh dapat membantu menurunkan risiko kanker, terutama kanker payudara, usus, dan prostat.


Meningkatkan kecerdasan dan konsentrasi

Teh mengandung kafein yang dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi serta meningkatkan mood dan energi.


Menjaga kesehatan tulang

Kandungan fluoride dalam teh dapat membantu memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.


Namun, perlu diingat bahwa manfaat teh tergantung pada jenis teh yang dikonsumsi dan cara penyajiannya. Teh dengan tambahan gula atau susu memang jadi lebih enak tapiii dapat menambah kalori dan manfaat kesehatannya jelas jadi berkurang. Selain itu, konsumsi teh yang berlebihan juga dapat menyebabkan efek samping seperti insomnia, kecemasan, dan sakit kepala. Ingat, teh juga mengandung kafein, jadi beberapa teh tidak disarankan untuk diminum di malam hari. Semua yang berlebihan akan menjadi tidak sehat, jadi disarankan untuk membatasi konsumsi teh dan memilih jenis teh yang sehat dan alami tanpa tambahan gula atau susu. Teh Jiwanta ini sudah dapat dinikmati tanpa perlu menambahkan apa-apa loh. 


Yuk, ngeteh bareng...

40 komentar:

  1. Ternyata mengonsumsi teh bisa juga menjaga kesehatan tulang ya. Beberapa varian Jiwanta Tea ini bikin aku kepengen coba. Berarti pilihan yang terbaik idealnya teh nomor 1 ya. Meskipun pada umumnya semua teh bagus dan manfaatnya juga banyak. Ooooh jadi ga perlu ditaruh di dalam kulkas ya tehnya. Cukup di ruangan biasa saja udah ok. TFS mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, cuma teh kelas 1 biasanya mahal banget (kalau buat saya sih) . Jd Jiwanta teh ini cocok untuk yg tipe2 seperti saya, baru mau mempelajari lebih dalam soal minum teh, beda2 in rasanya tapi agak kepentok sama budget :)

      Hapus
  2. Dari artikelnya jadi tahu dunia teh, thanks infonya:)
    Selama ini saya hanya sebatas menikmati saja dan memang termasuk penyuka teh, sering beli mulai dari yang kelas 1,2,3. Dan jadi penasaran dengan Jiwanta Tea yang brand lokal tapi premium tapi terjangkau ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh atuh dicoba teh yang satu ini, tersedia di e-commerce juga atau browsing di google, langsung kok bisa sekalian cek produknya di situs mereka :)

      Hapus
    2. Halo kak jika penasaran dengan Jiwanta, saat ini kami sudah tersedia di beberapa E commerce yang bisa dikirim ke seluruh Indonesia yaitu Shopee, tiktok shop serta Tokopedia. Jika informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami via whatsapp di 085173322445. Terimakasih kami tunggu orderannya

      Hapus
  3. sudah ramuan bareng herbal lain, ya. menarik nih komposisi tiap variannya. boleh dicoba, deh

    BalasHapus
  4. packagingnya bagus ya, bisa nih buat hamper lebaran nanti. btw aku juga pecinta teh, jadi penasaran mau coba Jiwanta Tea

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, saya dari jiwanta boleh banget nih kalau ingin mencoba Jiwanta, kami juga menyediakan hampers untuk lebaran, sekarang kami sudah tersedia di shopee, tiktok shop dan tokopedia. Jika ingin info lebih lanjut bisa hubungi kami via whatsaap di 085173322445. kami tunggu orderannya

      Hapus
  5. teh aku suka, aromanya juga. Pas baca kebun teh di kawasan GN. Lawu, aku pengin deh ke kebun teh di daerah Jateng atau Jatim, karena belum pernah... ternyata teh bisa untuk tulang juga ya mba, makasih ya mba infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak boleh banget nih cobain jiwanta sambil membayangkan keliling di pegunungan di Indonesia, Oh ya kak aku mau kasih info nih saat ini kami sudah tersedia di beberapa E commerce yang bisa dikirim ke seluruh Indonesia yaitu Shopee, tiktok shop serta Tokopedia. Jika informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami via whatsapp di 085173322445. Terimakasih kami tunggu orderannya

      Hapus
  6. Ternyata teh itu banyak manfaatnya. Saya juga lebih suka ngeteh ketimbang ngopi. Saya sudah cobain beberapa teh yg ada. Belum cobain Teh Jiwanta nih. Semoga masuk di pasaran daerah saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak saat ini kami sudah tersedia di beberapa E commerce yang bisa dikirim ke seluruh Indonesia yaitu Shopee, tiktok shop serta Tokopedia. Jika informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami via whatsapp di 085173322445. Terimakasih kami tunggu orderannya

      Hapus
  7. Wah minum teh bisa meningkatkan kecerdasan dan konsentrasi. Anak2 bisa nih nyoba yaa. Apalagi teh JIWANTA ini udah bisa dikonsumsi tanpa menambahkan apa-apa lagi. Cocok buat bersantai di sore hari sambil ngeteh, duuuw jadi pengen nyobain juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak bisa banget nih, apalagi jiwanta adalah produk organik kak, saat ini kami sudah tersedia di beberapa E commerce yang bisa dikirim ke seluruh Indonesia yaitu Shopee, tiktok shop serta Tokopedia. Jika informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami via whatsapp di 085173322445. Terimakasih kami tunggu orderannya

      Hapus
  8. Aku bahkan minumnya kadang susu mbak kalau ke kedai kopi hehe,
    Tapi teh artisan tu emang enak sih ya, aku suka aja gtu apalagi ngeteh anget didampingin makan cake :D
    Baru tau soal Jiwanta Tea, kyknya kapan2 mau coba deh, Aku sering ikutin thread soal teh ada tu di twitter yang sering bikin. Dia juga bikin grup tele gtu buat diskusi ttg teh. Tapi selama ini aku cuma nyimak sih soalnya teh yang kuminum ya masih teh pasaran hehe.
    Btw dirimu sering ya mbak ikut GA2 gtu, hoki nih sering menang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak, bolehh banget nih untuk bisa cobain Jiwanta, saat ini kami sudah tersedia di beberapa E commerce yang bisa dikirim ke seluruh Indonesia yaitu Shopee, tiktok shop serta Tokopedia. Jika informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami via whatsapp di 085173322445. Terimakasih kami tunggu orderannya

      Hapus
  9. Akuuuuu, seringnya gitu kemana-mana pesannya teh tapi tanpa gula, aku suka teh yang asli tanpa penambahan rasa. Jadi penasaan dengan rasa Jiwanta tea nih, exclusive banget kemasanya. Sebagai pecinta teh tanpa gula harus nyobain juga nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak, wahh boleh banget nih bisa cobain jiwanta, saat ini kami sudah tersedia di beberapa E commerce yang bisa dikirim ke seluruh Indonesia yaitu Shopee, tiktok shop serta Tokopedia. Jika informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami via whatsapp di 085173322445. Terimakasih kami tunggu orderannya

      Hapus
  10. Ini tuh artisan teh gitu ya mak, aku suka soalnya minum teh yang modelan gini karena enak juga. Aku kalau di resto sih yang lebih sering pesannya teh, kalau ke kedai kopi ya tetap pesan kopi walau nanti kalau nongkrongnya lamaan suka pesan teh juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak, bisa juga nih kak untuk cobain jiwanta siapat tau kita jodoh nih kak, saat ini kami sudah tersedia di beberapa E commerce yang bisa dikirim ke seluruh Indonesia yaitu Shopee, tiktok shop serta Tokopedia. Jika informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami via whatsapp di 085173322445. Terimakasih kami tunggu orderannya

      Hapus
  11. Bagus nih Jiwanta, menghadirkan teh premium bagi warga lokal. Iyalah yang bagus2 jangan diekspor terus, kita kan pengen juga ngerasain.

    Dan tehnya jiwanya ini nggak cuma berasal dari satu area perkebunan ya, ada yang dari pegunungan Lawu, Kerinci dan Merapi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak, benerr bangett nih kita sebagai warga indonesia perlu banget untuk cobain Teh kualitas tinggi yang ditanam di perkebunan Indonesia, saat ini kami sudah tersedia di beberapa E commerce yang bisa dikirim ke seluruh Indonesia yaitu Shopee, tiktok shop serta Tokopedia. Jika ingin informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami via whatsapp di 085173322445. Terimakasih kami tunggu orderannya

      Hapus
  12. Tampilan kemasannya eksklusif banget yaa memang yaa. Aku belum pernah dan pengen tau deh perbedaan rasa teh premium kayak gini dengan teh biasa lainnya. Ternyata kematangan serta jenis daun teh itu memang bisa mempengaruhi rasa yang dihasilkan yaa

    BalasHapus
  13. Wah ini teh premium ya mbak
    Tampilannya esklusif ya
    Teh nya juga beragam ya
    Pasti enak buat teman ngeteh sore saat santai di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak, bener banget nih ngeteh sambil santai paling cocok apalagi dipegunungan berasa banget nikmatnya, oh ya saat ini kami sudah tersedia di beberapa E commerce yang bisa dikirim ke seluruh Indonesia yaitu Shopee, tiktok shop serta Tokopedia. Jika ingin informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami via whatsapp di 085173322445. Terimakasih kami tunggu orderannya

      Hapus
  14. jadi penasaran sama teh Jiwanta, apalagi enggak perlu ditambahin apa-apa. aku kalau teh soalnya suka dikasih tambahan gula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak, wahh boleh banget nih untuk cobain jiwanta, saat ini kami sudah tersedia di beberapa E commerce yang bisa dikirim ke seluruh Indonesia yaitu Shopee, tiktok shop serta Tokopedia. Jika ingin informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami via whatsapp di 085173322445. Terimakasih kami tunggu orderannya

      Hapus
  15. Aku dulu suka minum teh, tapi sekarang tuh kayanya mau nyari yang beda. Jiwanta baru dengar produk ini dan ternyata banyak juga jenisnya. Kayanya kudu coba juga deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak, wajib bangett sih buat cobain jiwanta karena teh jiwanta punya karakter dan rasa yang unik, siapa tau bisa jodoh nih dengan teh jiwanta, saat ini kami sudah tersedia di beberapa E commerce yang bisa dikirim ke seluruh Indonesia yaitu Shopee, tiktok shop serta Tokopedia. Jika ingin informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami via whatsapp di 085173322445. Terimakasih kami tunggu orderannya

      Hapus
  16. Aku dan keluarga terbiasa minum teh kalau ke cafe belum pernah sih pesan teh, kalau di warung sering, apalagi kalau perjalanan jauh. Nah, teh yang aku suka itu teh melati

    BalasHapus
  17. Aku suka kemasannya
    Cocok nih buat surprises gift untuk sahabat pena
    Apalagi bentuknya mini
    Ah, jadi pengen coba

    BalasHapus
  18. Aku juga sama kalau ke kedai kopi, lebih seeing pesan teh Pengin cobain rasa teh, nya. Asli harus beli.

    BalasHapus
  19. Sebagai penggemar teh saya pun membayangkan betapa wanginya teh Jiwanta ini, hmmmm. Aroma teh membuat tubuh rileks apalagi diminum saat perut kosong dan pagi hari (tanpa gula ya) ini enak buanget. Eh mbak, teh jiwanta ini belinya dimana ya? Apakah saya terlewat membaca infonya, sepertinya belum ada ya?

    BalasHapus
  20. Ngeteh juga bisa sekalian relaksasi ya Mba. Berasa nyaman aja setelahnya. Seneng nih dapat Giveaway Jiwanta Tea bisa dinikmati bareng keluarga nih sambil ngumpul bareng

    BalasHapus
  21. Aku tuh pernah Amazed banget dengan rasa teh yang aku coba pas ke Beijing. Di sana mampir ke tea house. Ama staffnya diraciklah banyak macam teh, dengan teknik berbeda2. Dan sumpah itu kali pertama aku tau teh bisa seenak itu.

    Akhirnya beli tuh teh yg aku suka. Sampe di rumah, boro2 bisa sama enak 🤣🤣🤣. Jadi kayak teh biasa aja. Padahal jenisnya sama. Tapi memang aku ga pale teknik seduhan mereka.

    Jadi dari situ aku tau selain jenis tehnya, tapi juga teknik meracik sangat menentukan. Berapa adukan, didiamkan berapa menit, itu harus pas.

    Kalo skr mah, sudahlah, puasin aja Ama jenis teh yg ada 😄.

    Belum pernah coba jiwanya ini mba. Jujurnya aku mrmang lebih ke kopi sebenernya drpd teh. Kopi aku bisa tahu mana yg enak, mana yg ga. Kalo teh rasanya kok sama semua ya 😅. Ga sensitif lidahku Ama teh..

    BalasHapus
  22. Jiwanta tea enak pas buka puasa minumnya sama gorengan dan saos sambal.

    BalasHapus
  23. Aku termaksuk penikmat teh mb, satu hari kalau belum bertemu dengan teh seperti ada sesuatu yang kurang, oya aku belum pernah coba teh Jiwanta, bahkan baru tahu ni, untuk mendapatkannya bisa dibeli dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak, saat ini kami sudah tersedia di beberapa E commerce yang bisa dikirim ke seluruh Indonesia yaitu Shopee, tiktok shop serta Tokopedia. Jika informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami via whatsapp di 085173322445. Terimakasih kami tunggu orderannya

      Hapus
  24. cocok dinikmati pas buka puasa yah, sambil makan kurma , pas deh.

    BalasHapus

Thank you for reading and comments.
Comments will be screened first.

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.