Blog berisi curhatan si lajang

Selasa, 03 Januari 2023

RUTIN SKIN CARE BARENG SCARLETT WHITENING

 


Seiring bertambahnya umur, bukan berarti saya menjadi lebih bijak, dalam hal ini untuk perawatan kulit wajah. Seperti yang kita semua tahu bahwa tidak ada yang instan untuk urusan perawatan, termasuk untuk kulit wajah. Saya akui kurang disiplin dalam menggunakan serum untuk wajah. Bahkan karena beberapa kesibukan, sempat berhenti juga untuk kegiatan perawatan wajah. Padahal, masalah kulit wajah tetap membayangi. Terutama diantaranya adalah kerutan di kulit, kusam dan kering.  Dan di usia 50-an inilah perubahan kulit secara alami akan dimulai, seperti kulit mengendur, munculnya kerutan, serta warna kulit yang tidak merata. Waw, banyak ya…


Ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit menjadi kering:

Salah satunya karena salah memilih sabun. Banyak dari kita-kita nih, menganggap kulit seperti peralatan makan. Setelah dicuci, harus keset, kering.

Hobi berlama-lama mandi dengan air panas pun bisa jadi penyebab (dan saya termasuk sering melakukannya, apalagi akhir-akhir ini sering hujan dan maunya yang panas-panas deh)

Di usia saya yang 50 ini, tingkat estrogen dalam tubuh sudah menurun sehingga produksi minyak pun berkurang.



SERUM UNTUK KECANTIKAN

Dari sekian banyak cara untuk menjaga kesehatan kulit, antara lain adalah dengan menggunakan serum. 

Tapi ada banyak produk serum saat ini beredar di masyarakat. Agak bingung, bagaimana memilih produk serum mana yang cocok untuk kita gunakan, betul? Sebenarnya ada beberapa cara untuk memilah-milah mana yang cocok untuk kita. 


TIPS MEMILIH:

1. Budget

Tidak usah memaksakan diri untuk membeli yang mahal, kalau memang budget terbatas. Dengan dana yang sesuai kemampuan kita, ada banyak kok serum yang juga bagus untuk kita gunakan.

Catatan: Promo memang menggoda, apalagi kalau ingin mencoba-coba apakah serum cocok sama kulit. Tapi tetap berhati-hati dalam memilih yang mana yang cocok. Karena salah pilih, manfaat yang diharapkan malah tidak ada. 


2. Jenis kulit

Kalau sudah memastikan budget, baru mulai memilih-milih… Gak terbalik ya, pilih dulu baru menentukan budget.

No, kalau saya lebih baik memperkirakan dulu berapa budget yang sesuai kemampuan untuk membeli serum. Tahu sih, ini untuk perawatan kulit wajah. Tapi kalau kulit wajah terawat, sementara kantong jadi tidak terawat, itu tidak sehat namanya.

Okeh, saya jadi melantur kemana-mana. Balik ke jenis kulit, apakah kulit kita normal, kombinasi, berjerawat? Jenis kulit ini akan menentukan serum mana yang akan jadi pilihan kita.



Mengetahui Jenis Kulit

Lalu bagaimana bisa menentukan jenis kulit kita? Perhatikan tekstur kulit:

Kulit normal, pastinya tidak berminyak, tidak kering, tidak teriritasi dan akan terasa lembut

Kulit berminyak, berkilau (bukan glowing dalam artian yang ok) dan terasa lengket

Kulit kering, terasa kasar saat disentuh dan mengelupas

Kulit kombinasi, biasanya berminyak di bagian dahi, hidung dan dagu.




PENYEBAB SERUM TIDAK MAKSIMAL HASILNYA

Lalu, mengapa setelah teliti memperhatikan jenis kulit dan menentukan serum mana yang cocok, kok masih tidak terlihat perubahan yang berarti pada kulit wajah? Ada beberapa penyebabnya nihhh…


Kulit belum bersih

Merasa sudah cuci muka, sudah pasti bersih lah ya… Lalu langsung menggunakan serum. No, setelah mencuci muka, bersihkan lagi deh muka dengan cleansing milk diikuti dengan toner.


Salah urutan pemakaian

Suka bingung serum mana dulu yang semestinya digunakan. Konsultasi dulu saja dengan customer service, apalagi kalau beli serumnya di brand yang sama.

Serum yang teksturnya cair itulah yang harus digunakan terlebih dahulu dilanjutkan dengan serum yang teksturnya kental.


Langsung ditambah skincare lain

Sibuk pagi-pagi mau ke kantor atau kesibukan lainnya, kita langsung sat set menggunakan serum lain. Serum adalah skincare yang cair, basah di kulit dan mengandung bahan aktif yang terkonsentrasi tinggi , maka perlu waktu untuk mengering hingga diserap kulit. JAdi harus bersabar dan meluangkan waktu agar mendapat hasil yang maksimal. 


Skip pelembab

Pelembab mengandung SPF, yang dapat berfungsi untuk mengunci bahan-bahan aktif dalam skincare sehingga hasilnya akan lebih maksimal.


Menggunakan Pelembab lebih dulu

Pelembab yang dipakai sebelum serum, akan membuat serum sulit diserap oleh kulit. Maka hasilnya tentu tidak maksimal. 


Salah takaran pemakaian.

Sedikit karena mau mengirit, hasilnya juga jadi irit, alias alamat lama bakal baru terlihat hasilnya atau malah tidak terlihat sama sekali.

Sementara takaran yang terlalu banyak, tidak automatis menjadikan hasilnya akan memuaskan. 


Waktu pemakaian

Serum adalah perawatan kulit secara harian, bukan mingguan apalagi bulanan. Serum sebaiknya digunakan setiap hari di saat pagi dan sebelum tidur di malam hari. Hal yang juga perlu diingat, tidak ada hasil yang instan. 


Tidak Rutin

Ya, ini penyakit kita bersama . Segala sesuatu yang tidak dilakukan dengan terus menerus, hasilnya tidak akan maksimal atau malah jadi buang-buang uang karena tidak terlihat hasil sama sekali. 





MEMULAI PERAWATAN
Saya memutuskan untuk melanjutkan penggunaan Scarlet Brightly Ever After serum. Mengapa? Tentu saja karena kandungan dan manfaat yang ada di dalamnya





Manfaat dan Pemakaian Serum
1. Membantu mencerahkan kulit dan memudarkan noda di wajah seperti hiperpigmentasi, bekas jerawat, flek dan bekas luka.
2. Membantu mengontol kadar minyak berlebih pada kulit, membantu mengecilkan pori-pori, improvisasi warna kulit, menghaluskan kerutan dan juga garis di kulit.
3. Membantu memberikan nutrisi dan melembabkan kulit.
4. Membantu agar kulit menjadi lebih rileks dan tenang.
5. Bekerja sebagai antioksidan dan anti polusi.


Satu hal yang harus diperhatikan, serum ini untuk mencerahkan dan menjaga kelembapan kulit. Kulit yang cerah, artinya kulit kita sehat. Jadi semuanya berkaitan, bagaimana kita membersihkan kulit wajah setelah beraktivitas sehari-hari untuk kemudian menggunakan serum untuk perawatan. Apalagi saat pandemic, ketika kita lebih sering menggunakan masker wajah. Masker yang menutupi kulit wajah dalam waktu lama, bisa membuat kulit jadi lebih lembab (dan tidak dalam artian yang bagus) dan menjadi sarang bakteri serta jamur. 




MENGENAL LEBIH DEKAT SCARLETT WHITENING



Pembelian
Tersedia di market place, tapi supaya kalian tidak ribet dan ingin tanya-tanya dulu sama CS mereka, bisa langsung klik saja di sini ya.


Cara pakai:
Tuangkan  sebanyak 2-3 tetes di tangan. Ingat, jangan kebanyakan. 
Usapkan merata ke seluruh wajah lalu pijat perlahan.
Biarkan beberapa saat sebelum menggunakan tahapan skincare berikutnya. 





Tekstur 
Saya suka serum ini karena teksturnya yang tidak terlalu cair dan juga tidak terlalu berminyak. Plus, tidak mengeluarkan bau yang menyengat. Dan memang cocok untuk penggunaan pada kulit yang cenderung normal.



Kemasan
Saya suka kemasannya yang simple, dan tidak gampang pecah. Untuk ukuran 15ml, mudah untuk dibawa saat traveling agar perawatan bisa tetap dilakukan.


 


SETELAH PEMAKAIAN
Setelah dua minggu pemakaian, saya merasakan efek sebagai berikut :
Kulit lebih lembab, saya rasakan saat bangun pagi. Biasanya kulit saya terasa kering.
Kulit bagian dahi dan hidung biasanya sangat berminyak, kali ini lumayan terkontrol
Kulit lebih cerah 

Saya rasa untuk menyamarkan noda dan keriput, perlu lebih lama lagi penggunaannya dan tentu saja harus rutin. 



KESIMPULAN
Pemakaian jelas harus diteruskan dan sepertinya saya juga membutuhkan serum yang lain nih dari Scarlett. Kenapa tidak? Dengan harga yang terjangkau, setelah pemakaian selama kurang lebih 2 minggu, saya perhatikan isinya masih bisa untuk digunakan 2 minggu lagi. So, mengapa tidak menggunakan produk local yang berkualitas seperti Brightly Ever After Scarlett serum? 



Catatan:
Selalu cek produk-produk di situs BPOM dan keaslian produk tersebut. Untuk produk Scarlett ada dua cara:
 

CEK KEASLIAN PRODUK:
Untuk keaslian produk, bisa scan barcode hologram dan akan diarahkan ke situs SCARLETT WHITENING untuk verifikasi keaslian. 





 

CEK TERDAFTAR DI BPOM
Sementara untuk cek terdaftar di BPOM, scan barcode yang satu lagi. 





Nanti akan muncul kode, dan kita copy kode yang dimulai dari NA diikuti dengan 11 digit angka. Lalu kita cek di situs BPOM, filter pencarian dengan Nomor Registrasi dan masukkan kode tersebut. Selanjutnya akan muncul detail produk yang telah teregistrasi pada BPOM.

Selalu ingat untuk cek produk-produk sebelum melakukan pembelian ya teman-teman. Jangan karena ada promo atau harga murah, kulit kita malah jadi rusak. 

34 komentar:

  1. Scarlett memang terpercaya buat kulit apalagi serumnya yang bermanfaat menutrisi kulit wajah. Sering kalau pakai skincare memang begitu, tidak rutin, ragu, dan masalah lainnya jadi kurang maksimal ke wajah. Bisa dicoba ini scarlet, terima kasih informasinya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kadang cuma seru2an, eh ada promo, ada diskon, tp blm tentu cocok sm kulit. Plus, gak rutin juga pemakaiannya.

      Hapus
  2. tahun baru saatnya merawat kembali wajah dan kulit agar kembali bersinar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju banget , biar bersinar terus sepanjang tahun

      Hapus
  3. Bijak dalam memilih perawatan untuk kulit sehingga hasilnya memuaskan tetapi masih dalam range kemampuan finansial. Ini resepnya oke banget, kak. Dengan kemasan Scarlett Brightly Ever After serum untuk penggunaan rutin pagi dan malam, aku pernah hanya dalam 2-3 minggu pemakaian. Rasanya worthed lah ya.. Apalagi hasilnya sesuai dengan klaim produk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, dulu krn udah ok, aku jd agak males2an terus berhenti... Kapok sih akuh krn gak rutin, jadi harus mengulang lagi dari awal deh.

      Hapus
  4. Akhirnya yaaaa kita keracunan scarlett, racun yang "manis" sih ini, karena ga nyesel pake serumnya, anyway scarlett body lotion itu sebagus ituuuh mbak Ria, menghilangkan noda noda di kulit!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow, memang segala sesuatu kl rutin itu pasti ada hasil yg menyenangkan ya :) Jd tertarik buat balik lagi pakai body lotionnya

      Hapus
  5. Scarlett ini makin keren inovasinya, facecare & bodycare nya bagus banget yah dan cocok untuk kulit wanita Indonesia. Ah jadi ingin nyobain juga nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, dengan harga yg ramah di kantong, tapi hasil bisa maksimal, asalllkaaan rutin dan mengikuti cara pemakaian :)

      Hapus
  6. Setuju sekali, jangan sampai kulit terawat tapi kantong jadi ga terawat 😁

    Pakai produk lokal berkualitas, asalkan tepat guna, rutin, dan konsisten, hasilnya akan baik meski tidak mahal secara harga ya mbak.

    Aku pun pakai produk Scarlett. Alhamdulillah hasilnya positif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuncinya memang mesti rutin dan mengikuti aturan pemakaian ya... INi yang kadang suka lupa.

      Hapus
  7. Wah mbak Ria terlihat awet muda ternyata rahasianya adalah Scarlett :D
    Hihihi aku pun penyakitku kalau pakai skincare mood2an. Tapi 2023 ini bertekad lebih baik lagi kagak noleh skip2 supaya terlihat awet muda juga nanti :D
    Brightly ever serumnya Scarlett ini tak hanya bikin kulit tampak cerah tapi juga mengontrol produksi minyak di wajah ya TFS reviewnya.

    BalasHapus
  8. Saya pakai pelembap dan sabunnya. Cocok dengan produk Scarlett. Kayaknya saya harus cobain serumnya juga, deh. Kelihatannya bagus karena banyak juga yang cocok

    BalasHapus
  9. Setujuu, kalau ada produk skincare local yang berkualitas seperti Brightly Ever After Scarlett kenapa enggak dipilih kan, harga terjangkau dan aman, bisa deh jadi pilihan

    BalasHapus
  10. Hehehe... iya jangan sampai kulit wajah terawat, tapi dompet menjerit ya mbak. Jadi memang menyesuaikan dengan budget, nah salah satu serum yang bagus dan harganya nggak bikin dompet menjerit karena kehilangan banyak isinya ya serum dari Scarlett

    BalasHapus
  11. Scarlett, salah satu brand yangmencuri perhatian saya. Hargayang ramah dikantong, tapi nggak mengurangi manfaatnya. Hasil akan maksimal kalo rutin pakainya.

    BalasHapus
  12. iya aku penasaran sama serum yang mengandung vitamin C itu, karena aku kalo pakai serum yang mengandung vitamin C cocok dengan wajah

    BalasHapus
  13. Scarlet produk yg bagus komplit dan sesuai kantong. Nah serum scarlet ini belum cobain next time mau cobain aah...

    BalasHapus
  14. Hai kak Ria salam kenal ya. Ah sama nih usia kita 50-an. Masalahkupun so mulai terasa, itu kita pe kulit so mulai kendur dan kurang fresh dan lembab. Thanks nih reviewnya, coba kalau skincareku habis aku beralih ke Scarlett ini ya

    BalasHapus
  15. Aku juga pakai produk Scarlett Whitening ini mbak
    Memang bagus produknya
    Cocok di kulitku

    BalasHapus
  16. Setelah 2 minggu kelihatannya udah working yq mba serumnya. Aku pernah pakai serumnya scarlet whiteninf jg tp yg acne series mba. Sepakat konsistensi adalah kunci klo mau merasakan hasilnya yaa

    BalasHapus
  17. Scarlett ini menurutku tuh bagus deh, karena dari awal dia punya produk bodycare sampai sekarang ada skincarenya tuh cocok-cocok aja di aku. Selain itu juga kandungannya aman dan yang paling penting teregistrasi di BPOM

    BalasHapus
  18. Cek keaslian produk yang disediakan Scarlett di website jadi bikin tenang ya. Tapi yang penting tuh kalo udah beli skincare ya harus konsisten pakai, karena efeknya memang harus perawatan rutin

    BalasHapus
  19. Waahh.. ternyata urutan pemakaian skincare yang terbalik pengaruh juga pada penyerapannya. Perlu diperhatikan nih tahapannya kalau gitu. Kadang saya juga masih terbalik-balik nih mbak.

    BalasHapus
  20. Scarlett ini brand lokal yg mainnya gak pakek nanggung. dari segi harga masih sangat terjangkau tapi inovasi produknya keren abis. Saya juga pakai serumnya yg varian acne. Cocok banget sampai sekarang.

    BalasHapus
  21. Banyak yang udah pakai skin carenya scarlet ya. Saya baru nyobain yang lotion. Kabarnya memang bagus dan cocok di kulit wajah org indo.

    BalasHapus
  22. Penting banget ya mbk mengetahui jenis kulit sebelum memilih skincare. Keren banget ini Scarlett, inovasinya ada aja, selalu ada yang baru

    BalasHapus
  23. Setuju banget sama postingan ini. Kesehatan kulit wajah memang tidak bisa didapatkan dengan instan ya, Mbak. Trus pemakaian skincare termasuk serum kalau tidak tepat juga tak berguna, atau bisa jadi malah merusak kulit.
    Aku pakai serum Scarlett yang Acne, Mbak. Karena kulit wajahku cenderung berminyak. Tapi ya gitu.. aku kadang gak disiplin pakainya. Huhu.

    BalasHapus
  24. senang banget kalau menjaga kesehatan kulit wajah ya, aku juga senang nih pakai Scarlett dan bikin wajah makin besrih dan sehat ya

    BalasHapus
  25. Duh aku ketinggalan banget nih karena blm pernah make produk Scarlett. Jadi mupeng pengen cobain produk serum Scarlett. Makasih ya infonya...pengen kulit wajah jadi glowing juganih.

    BalasHapus
  26. Aku belum pernah make serum ini mba, jadi pengen baca reviewmu yang jelas harus konsisten make ya kan. Aku nih masih kadang-kadang dan sering males hiks

    BalasHapus
  27. Konsisten itu kuncinya kalo utk skincare. Aku dulu dibiasain utk pakai skincare dari kls 3 SMP mba. Ama mama, diawasin trus utk rutin bersihin wajah, pakai pelembab, dan jgn pernah tidur dlm kondisi kulit kotor .

    Makanya jujur jadi terbiasa. Saking udah rutin, feeling ga enak kalo kulit muka kotor dikit udh berasa jadi nya. Secapek apapun aku sampe di rumah, pasti yg pertama bersihin wajah dulu, pakai ritual skincare, baru aku bisa tidur.

    Makanya anakku aku biasain hal yg sama. Hasilnya berefek JK panjang kok kalo rutin merawat.

    Scarlett ini bagus memang, dulu aku sempet pake, walopun skr udh ga. Soalnya fokus ke anti aging 😄. Tapi buat pemula yg ingin rutin pakai skincare, menurutku Scarlett cocok. Dan apalagi budgetnya terjangkau 👍

    BalasHapus
  28. Kalau benenran bagus mau beli buat anak saya min.
    Thanks atas reviewnya

    BalasHapus

Thank you for reading and comments.
Comments will be screened first.

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.