Blog berisi curhatan si lajang

Rabu, 02 Februari 2022

#ROBOTBARISTA Family Mart Indonesia


"Akhir-akhir ini seneng banget mbak beli minuman yang dilayani robot," celetuk teman saya setelah saya posting di media sosial dan juga di blog



Ya sebenarnya sih, kebetulan saja ya beruntun ada robot barista yang meracik minuman untuk pengunjung. Ini mungkin kayak saya norak waktu pertama kali beli minuman di vending machine. Iya, seriusan waktu pertama kali beli kayaknya bahagiaaa banget. Berasa seru aja, masukin uang ke mesin, lalu pilah pilih mau minuman yang mana, terus menunggu hingga dibuat. 

Nah, sekarang kebetulan ada penampakannya dibuat oleh robot. Dan Family Mart sekarang ada robot barista jugak. Tempatnya sendiri hanya semacam pop up booth di East Mall Grand Indonesia. Yang mau ke arah Uniqlo itu loh, teman-teman. Pasti tahu deh. Saya tadinya mengira bakal ada tempat duduk walau hanya beberapa. Tapi ternyata tidak ada. 

Jadi bagaimana proses membelinya? 


1. ANTRI

Ya laaah, kecuali pas datang ke sana sedang tidak ada pembeli lain. Ketika saya ke sana, ada tiga pengunjung di depan saya. Awalnya saya sempat bertanya pada pengunjung yang di depan, ini cara pembayarannya bagaimana? Oh, rupanya ada beberapa pilihan pembayaran cashless. Daaaan, ada petugasnya yang standby... Karena robot pastinya gak bisa ditanya dooong 



2. ORDER

Begitu kita dapat giliran, ada penampakan screen, silahkan sentuh layar untuk mulai order. 



3. HOT or ICE?

Pilih mau minuman yang panas atau dingin?



4. Pilih minuman

Senangnya di sini bisa membeli beberapa minuman sekaligus. Cuma saya lupa bertanya sama petugasnya, ada batasannya kah? Misalnya dalam 1 bon apakah ada maksimal pembelian?  



5. TOTAL PEMBAYARAN    

Setelah memilih minuman dan kuantitasnya, maka akan tertera berapa jumlah yang harus dibayar. Harganya Rp 13K untuk semua jenis minuman. 




6. MAU TAMBAH LAGI?

Misalnya mau tambah minuman lagi, masih bisa kok di layar selanjutnya. Kalau saya langsung saja beli iced chocolate dua cup. Nanti kapan-kapan mau coba bisa gak yah memilih minuman yang beda, hot dan juga iced. 




7. Pilihan Pembayaran

Nah, mau  menggunakan pembayaran cashless yang mana nih teman-teman? Kalau saya pilih aplikasi CASHBAC



@hobinyaria Hari yang panas begini enaknya minum yang dingin, yes? Meluncur deh ke @familymartid di East Mall @grandindo 😍Langsung pesan iced chocolate. Pembayarannya bisa cashless dooong. Saya pakai @cashbacapp untuk pembayarannya. Cuma Rp 13K per cup. #familymartid #robotbaristafamilymart #cashbacapp #chocolate #coffee #grandindonesia #jakarta ♬ 夜に駆ける - YOASOBI
8. Minuman dibuat

Proses pembuatannya bisa dilihat di akun TikTok saya ya :) 



9. SELESAI

Minumannya jadiiii. 


Berhubung masih baru nih tempatnya, saya sarankan ke sini di hari-hari kerja deh, hindari Sabtu dan Minggu. 

2 komentar:

  1. Wah semakin canggih teknologi semakin mudah pula mau mengerjakan sesuatu dan pekerjaan manusia jadi tergantikan oleh robot yang lebih praktis dan hemat biaya. Keren!

    BalasHapus
  2. Wahhh keren banget FamiMa, aku udah lama bgt ga ke FamiMa, apalagi ke GI hahha, udah lupa malah kaya apa itu GI, terakhir ke sana udah 2 tahunan kali kak hahha. Dulu waktu tinggal di apartemen sering bgt ke FamiMa, minumannya enak2, mana sering prromo pula.

    Orang yg beli di sana pasti karna banyak yg kepo sama cara kerja robotnya ya kak, hahhaha, wlpn durasi kerjanya lebih lama tapi asyik aja ngliatnya hihihi

    BalasHapus

Thank you for reading and comments.
Comments will be screened first.

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.