Blog berisi curhatan si lajang

Kamis, 03 September 2020

Teman Di Saat Darurat




Ketika pandemik corona melanda, ada hal lain yang turut melanda yaitu rasa panik. Rasa panik ini timbul karena mendadak ketidakpastian lebih nyata ada di hadapan kita. Tentu, tidak perlu ada pandemik untuk tahu bahwa ketidakpastian akan ada saja dalam menjalani hidup. Tapi, ketika hal-hal yang sudah kita rencanakan untuk mengantisipasi ketidakpastian itu ternyata terancam gagal, wajar menjadi panik. Padahal rasa panik itu bisa menyebabkan kekebalan tubuh menurun yang ujung-ujungnya membuat kita rentan terhadap penyakit. Dan amit-amit sih kalau sampai terkena virus corona, maka timbul penyebab rasa panik berikut yaitu masalah keuangan. 

Apakah uang yang saya miliki cukup untuk keluarga jika sampai terkena virus corona? Apakah asuransi yang saya miliki dapat membantu kami sekeluarga jika sampai harus dirawat? Kepanikan lain juga melanda yang punya usaha dan tengah berjalan menjadi khawatir kalau modal yang dimiliki tidak mencukupi. Walau jujur saja, saat ini modal yang dibutuhkan belum terlalu besar. Tapi kalau ingin mengembangkan usaha, tentunya saya harus sudah memikirkan tambahan modal lagi. Dan bingung deh, bagaimana cara mendapatkannya ya?

Pinjam uang, akhirnya hal tersebut melintas di benak saya. Tapi mau pinjam kemana dulu nih? Kalau mau pinjam ke bank, kok ya sepertinya ribet banget. Membayangkan persyaratan dan dokumen yang harus saya siapkan, padahal jumlah uang yang rencananya akan saya pinjam tidak besar. Lalu beberapa orang teman menyarankan untuk mencoba pinjaman online di antaranya Tunaiku. Pinjaman online? Saya baru mendengar nih? Seperti apa sih pinjaman online dan apakah dapat terpercaya? Mari kita mulai cari informasinya. 

Jadi Tunaiku adalah teknologi keuangan atau FinTech pertama di Indonesia yang menyediakan fasilitas pinjam uang online tanpa agunan dari PT. Bank Amar Indonesia Tbk yang dimiliki oleh perusahaan multinasional bernama TOLARAM dan telah beroperasi sejak tahun 2014. Didukung dengan teknologi serta data analytics yang canggih, Tunaiku dapat melayani dengan cepat (24 jam) dengan persyaratan yang mudah, hanya dengan KTP.

Saya pun mencoba mengakses situs resmi Tunaiku dan sepertinya pinjaman online ini cocok bagi kebutuhan saya. Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, usaha saya memerlukan modal yang tidak terlalu besar. Jumlah yang bisa dipinjam mulai dari Rp 2.000.000,- hingga Rp 20.000.000,- loh. Dan yang terpenting saya membutuhkan modal tersebut cair dalam waktu yang cepat. 

Di situs tersebut, saya bisa langsung memilih besarnya jumlah uang yang ingin saya pinjam dan berapa lama waktu untuk mencicil pinjaman tersebut. Ya, ternyata kita bisa menentukan sendiri jangka waktu pelunasan dari uang yang kita pinjam tersebut. Begitu kita telah menentukan dua hal tersebut, maka kita pun akan diminta memenuhi persyaratan seperti data-data pribadi. Eh, tunggu dulu, amankah pinjaman online Tunaiku ini? Saya pun mencoba mencari tambahan informasi seperti berikut:


TERDAFTAR OJK.

Apalagi tuh OJK? OJK singkatan dari Otoritas Jasa Keuangan. Lembaga pinjaman online yang terdaftar di OJK pastinya aman ya bagi kita yang ingin meminjam uang?

Nanti dulu, pastikan langsung di situs resmi OJK mengenai legalitasnya dan apakah memang benar lembaga pinjaman tersebut telah terdaftar. Karena bisa saja lembaga keuangan tersebut mengaku telah terdaftar padahal kenyataannya tidak sama sekali. Selain cek di situs resmi, kita juga bisa menghubungi customer service OJK di nomor 157. Nah untuk persyaratan ini, TUNAIKU sudah saya cek dan telah terdaftar resmi di OJK. 

Jika telah terdaftar di OJK, maka lembaga pinjaman ini harus mematuhi aturan yang berlaku. Antara lain standar keamanan dan juga tingkat bunga yang wajar. 


ALAMAT JELAS

Saya pun memastikan apakah Tunaiku memiliki situs dan email resmi, serta memiliki alamat kantor dan nomor telepon yang bisa dilacak dan dihubungi. Mengapa hal-hal ini penting? 

Jika situs mereka resmi, maka keamanan kita sebagai nasabah bisa terjamin. Dan sebagai lembaga resmi, email yang dimiliki tidak menggunakan email gratisan. 

Sementara untuk keberadaan kantor, jika alamatnya tidak jelas, bagaimana kita bisa percaya bahwa lembaga keuangan ini memang ada? Walau sekarang jamannya serba online, bisa lewat aplikasi dan situs, pasti ada suatu waktu kita akan membutuhkan komunikasi dan tatap langsung dengan mereka. 


PERSYARATAN PINJAMAN

Loh? Ada persyaratan? Tadi katanya pinjaman online Tunaiku tanpa agunan? Betul. Tapi kembali ke kategori pertama, lembaga pinjaman yang terdaftar di OJK wajib menjamin keamanan. Walau tanpa agunan, bukan berarti tidak ada persyaratan yang harus dipenuhi. 

Antara lain, kita sebagai peminjam harus punya identitas yang jelas. Persyaratan pinjaman TUNAIKU ini antara lain meminta calon nasabah menyerahkan identitas seperti KTP, alamat rumah, nomor rekening (karena uang pinjaman akan dicairkan ke bank) dan punya pekerjaan tetap. Bagaimana bisa membayar pinjaman kalau tidak punya penghasilan tetap?


INFORMASI JELAS

Begitu kita memilih jumlah pinjaman dan jangka waktu pelunasan di Tunaiku, maka akan tertera jumlah cicilan yang harus dibayar tiap bulan. Ini penting, karena jangan sampai cicilan tiap bulan ini mengganggu keuangan kita. Namanya pinjaman ya harus dibayar, jadi pastikan dulu apakah cicilan tiap bulan ini bisa kita lakukan. Perlu juga kita ketahui, apa sanksi keterlambatan atau gagal bayar. Dan ini semua tertera di situs resmi Tunaiku. Informasi lengkap deh, juga dengan keterangan besarnya biaya bunga dan administrasi. 


Ah, sepertinya saya sudah bisa merencanakan untuk mengembangkan usaha nih dengan TUNAIKU. Bagaimana dengan teman-teman? 


8 komentar:

  1. Sekarang banyak banget lembaga pinjaman online ya mbak, bener2 harus teliti dan cermat, cari yg bunganya rendah, aman dan terpercaya biar ga terjerat sama cicilan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, jangan sampai hepi dpt duit yg diperlukan ternyata malah kejeblos dan jadi gak membantu sama sekali

      Hapus
  2. Berapa lama JK waktu dia memeriksa si peminjam bener2 punya pekerjaan tetap ato ga, sampai dengan dananya cair mba? Krn mereka pasti butuh waktu utk verifikasi semua kan yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang tercepat prosesnya 3 hari, bisa disetujuin bisa enggak. Kalau misalnya gak disetujui (dgn berbagai alasan pastinya), bisa mengajukan lagi setelah 30 hari.

      Hapus
  3. Pernah pakai Tunaiku 2019 lalu dan waktu itu harus datang ke HQ nya di Thamrin Residence sana - cepat sih dan pelayanan jug baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pelayanan baik, memang jadi poin plus ya say. mau tanya2 juga jadi gak sungkan lagi

      Hapus
  4. kalau memang lembaganya terjamin sih gak apa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, jadi ada rasa aman buat kita sebagai pengguna

      Hapus

Thank you for reading and comments.
Comments will be screened first.

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.