Blog berisi curhatan si lajang

Minggu, 29 Oktober 2017

Kuliner Nusantara, Daya Tarik Wisata Daerah di Indonesia

Sayur Singkong

Indonesia merupakan negara dengan berbagai macam perbedaan kebudayaan dan cara hidup masyarakat didalamnya. Tidak hanya dalam hal budaya saja, namun Indonesia juga dikenal oleh penduduk dunia sebagai negara dengan ratusan ribu resep masakan yang enak dan beragam, dimana masing-masing olahan makanan tersebut bahkan menjadi ciri khas tersendiri dari daerah asal kuliner tersebut berasal. Oleh karenanya sangatlah wajar jika kini banyak wisatawan asing ataupun wisatawan domestik dari daerah lain berburu berbagai jenis kuliner nusantara yang memang menjadi ciri khas di berbagai daerah di Indonesia. Bagi Anda yang memang menggemari kunjungan wisata untuk tujuan kuliner, berikut ini beberapa jenis kuliner yang biasa dikenal sebagai kuliner sebuah daerah.


1. Gudeg
Kuliner bercita rasa manis dan gurih ini, merupakan kuliner asli yang berasal dari daerah Jogjakarta. Kuliner ini merupakan perpaduan makanan yang terbuat dari bahan dasar buah nangka muda, yang diolah dengan menggunakan gula aren dan campuran santan, sehingga rasa manis dan gurih pun dapat dirasakan oleh para penikmatnya. Pada umumnya makanan khas daerah Jogjakarta ini, banyak disajikan bersama dengan nasi dan campuran sayur lainnya yang biasa disebut dengan sambal goreng. Untuk menikmati seporsi gudeg asli Jogjakarta ini, Anda kini tidak hanya dapat membelinya di daerah asalnya, karena berbagai restoran yang ada di Indonesia, banyak menyajikan menu gudeg dalam daftar menu mereka.



2. Rendang
Merupakan masakan khas asli daerah Padang, yang terbuat dari bahan dasar daging sapi, kambing ataupun kerbau, yang dimasak dengan menggunakan berbagai bahan rempah dan bumbu dapur didalamnya. Tekstur lembut pada daging yang diolah, serta rasa pedas yang ditampilkan, menjadikan makanan ini makin populer dikenal oleh dunia Intenasional. Untuk dapat menikmati seporsi daging rendang ini, Anda dapat mengunjungi berbagai restoran padang yang terdekat dengan wilayah domisili Anda.

3. Soto
Kuliner yang satu ini merupakan kuliner khas daerah yang pada awal mulanya lebih dikenal sebagai kuliner khas daerah Kudus, namun seiring dalam perkembangannya, kini berbagai daerah di nusantara pun memiliki soto khas daerah masing-masing dengan berbagai bumbu dan cara penyajian yang berbeda. Namun pada intinya yang menjadikan soto dari satu daerah dengan daerah lain menjadi sama adalah kuah segar yang disajikan bersama dengan nasi ataupun lontong didalam soto tersebut.


salah satu dari beberapa jenis pekmpek Palembang
4. Pempek
Kuliner nusantara yang satu ini merupakan kuliner asli yang dikenal berasal dari daerah Palembang. Kuliner yang terbuat dari bahan dasar tepung yang dicampur dan diolah sedemikian rupa bersama dengan daging ikan laut ini, pada umumnya akan disajikan bersama dengan saus khusus yang terbuat dari bahan kecap yang telah melalui proses tersendiri. Citarasa rasa asin, manis serta gurih yang ditawarkan oleh Pempek inilah, yang menjadikan makanan ini makin dikenal oleh masyarakat Indonesia dan dunia.

tekwan


5 komentar:

  1. saya suka semua hehe... masakan Indonesia memang beragam dan enak2 :)

    BalasHapus
  2. Semuanya favorit tuh. :D Jadi pingin kulup krawu. :D

    BalasHapus
  3. Masakan indonesai itu memang yg paling enak buatku :) . Even lidahku yg lbh suka pedes, ttp bisa nerima rasa gudeg yg manis. Krn memang enak sih rasanya :D

    BalasHapus
  4. kalau liburan, memang selalu yang dicari makahan khas daerah yang kita singgahi. dan kuliner indonesia tuh nggak pelit bumbu, enak banget gitu kalau bumbunya berlimbah :D

    BalasHapus

Thank you for reading and comments.
Comments will be screened first.

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.