Senin, 19 September 2016

Travel Ticket With @Traveloka - Medan part 1

Kalau orang-orang sudah sering pake banget pesen tiket via situs online dan aplikasi, saya mah baru sebulan yang lalu. Beneran deh, pake acara gemetar bombay saking gak percaya ini beneran bisa pesen pakai aplikasi? Pikir punya pikir, mau pesan pakai aplikasi ya mesti download dulu dong.

Setelah download, registrasi dengan email dan nomor handphone dan link akun Facebook. Nah, baru deh saya mulai browsing tiket.

Jadi ceritanya kalau tidak ada halangan, saya dan mama akan merayakan Natal dan Tahun baru di kota Medan. Berhubung ini akan menjadi Natal pertama kami tanpa kehadiran papa, jadi adanya perubahan suasana tentunya akan menyenangkan bagi mama. Apalagi ia akan mengunjungi kembali rumah orangtuanya di Medan setelah 10 tahun yang lalu. Saya beneran tidak menyangka akan mendapatkan kesempatan ke sana. Padahal saya pernah kepikiran begini, wah kok akhir-akhir ini membuat postingan soal kuliner Medan dan di Parapat. Jangan-jangan bikin doang, kesampaian ke sana gak jelas kapan. Nah, sekarang paling tidak salah satu tempat kesampaian. Thanks God. 


Karena saya bekerja dan cuti banyak terkuras mulai almarhum papa sakit hingga beliau meninggal, saya hanya bisa minta ijin mulai dari tanggal 26 Desember hingga awal tahun 2017. Teman saya wanti-wanti untuk segera mulai hunting tiket. Karena biasanya menjelang Natal, tiket pesawat ke Medan mahal harganya. Waks, berabe deh… 

Jadi saya mulai hunting tiket via aplikasi Traveloka. Kenapa Traveloka? Karena dari sekian banyak situs yang saya cek,  harga tiket penerbangan di Traveloka yang paling murah. Padahal sedang tidak ada promo sama sekali. Makanya saya memutuskan untuk memasang aplikasi Traveloka. Saya mulai mencari tiket pulang pergi dengan tanggal yang telah kami rencanakan.


Ohya, saking buru-burunya lupa deh screenshot setiap langkah yang saya jalankan.




1. Mulanya searching flight dulu, sekaligus tiket pulang pergi. Terus nongol deh pilihan tiket dari beberapa maskapai.






2. Cek Transit Atau Direct Flight
Inget, perhatikan baik-baik ya pilihan tiket-tiket tersebut. Saya tadinya sempat ngiler melihat tiket Garuda kok murah amat… Taunya ada acara transit selama beberapa jam. Kalau hanya saya sendiri yang berangkat sih gak masalah. Tidak jadi deh merasakan naik Garuda. Heheheh. 
Setelah saya memilih tiket keberangkatan, screen akan menampilkan pilihan tiket pulang dari beberapa maskapai juga. Sama juga dengan keberangkatan, tiket kepulangan juga mirip. Jadi baca dulu dengan teliti, apakah penerbangan langsung atau via transit.





3. Isi Detail Penumpang dan Travel Insurance
Setelah memilih mau penerbangan maskapai mana, jam berapa dengan harga berapa, berlanjut dengan konfirmasi nama penumpang.
Harap nama penumpang sesuai dengan KTP ya. Setelah itu click CONTINUE TO PAYMENT





4. Lanjut Pembayaran
Baru deh kalau sudah memilih tiket kepulangan, lalu click pilihan pembayaran. Metode pembayaran dipilih, dan pihak Traveloka akan mengirimkan email. Email tersebut membantu kita untuk mengetahui langkah berikutnya yang harus dilakukan setelah memilih mau membayar via transfer lewat bank yang kita pilih. Ada batas waktu ya untuk melakukan tranfer. Transfer dengan jumlah yang sama persis seperti yang tertera pada email agar permohonan cepat diproses.





5. TRAVELOKA QUICK
Sekarang ada juga pilihan pembayaran lewat kartu kredit. Pastikan saja kamu sudah mendaftarkannya terlebih dahulu ya lewat menu Traveloka Quick.




6. Price Alerts
MISALNYAAAA, saya tidak mau langsung beli tapi masih mau menunda beberapa waktu lagi. Tapi saya tidak mungkin duong bentar-bentar buka aplikasi. Lewat menu Price Alerts kita isi deh detail mau berangkat kapan, pulang kapan, jumlah penumpang serta budget dan nantinya akan muncul pemberitahuan jika ada yang lebih murah lagi harga tiket penerbangannya. Tapi karena saya sudah buru-buru mau beli, gak bisa deh mencoba fasilitas yang satu ini.





7. KONFIRMASI
Yeay! Konfirmasi e-ticket sudah ada di email. Dan tidak perlu di print :) I asked, karena maklum deh norak... baru sekali ini beli via aplikasi. Konfirmasi e-ticket juga ada di aplikasi di menu MY BOOKING , tunjukkan e-ticket tersebut ke petugas nanti.


Medan...., here I come.... Hope everything going on well as plan... AMIN.

17 komentar:

  1. kalau situsnya udah terkenal sih, deg2annya gak terlalu ya mbak, karena memang sudah terpercaya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya smp nelp, ini beneran gak perlu di print :)))) Tp akhirnya saya print sm bukti transfer krn mama saya gak percaya :))))

      Hapus
  2. Aku juga paling suka pesen tiket di traveloka :D
    Paling mudah paling murah dan paling efisien menurutku

    BalasHapus
  3. Hampir selalu beli di traveloka juag nih, Mba.
    Memang udah terpercaya juga dan harganya bersaing. Ehm, tapi akhir-akhir ini lagi lebih sering make yang satunya :D Mayan beda harga sempat pernah 100an :D

    BalasHapus
  4. Traveloka ini favorit banget deh. Kalau aku suka pesen tapi buat booking hotelnya. Harganya nggak ada tambahan-tambahan lagi.

    BalasHapus
  5. Yang mau jalan-jalan ke Medaaaannn....
    Have a nice trip ya Mbak Ria

    BalasHapus
  6. Mamanya pasti bahagia banget diajak Natalan di Medan.

    BalasHapus
  7. Sekalian natal di sana ya mba, pastinya seru & nggak sabaran yaaaa.

    BalasHapus
  8. Seneng sekarang modelnya ga sah diprint hihi, tinggal sodorin tablet jadi deh kluar tiket

    BalasHapus
  9. Langganan suami nih yang suka kemana2 :) *dinas mode on

    BalasHapus
  10. Jadi beneran bisa ya mbak. Iya pasti deg2an sih. Aku belum pernah coba pake app, biasanya pesan di webnya.

    BalasHapus
  11. Ngomongin Medan jadi pengin bika sama lontong sayurnya.
    Kalau mau travelling mudah nih pesan tiketnya dah ada aplikasinya traveloka.

    BalasHapus
  12. Tempo hari teman mengalami kejadian buruk dg traveloka. Dia simpan data kartu kredit di aplikasi eh di-hack orang sampe habis sekian juta. Untungnya dia cepet lapor ke traveloka dan bank. CSnya tanggap dan cepat balas emailnya.

    BalasHapus
  13. Aku juga langganan traveloka mba dan slama ini gak ada masalah

    BalasHapus
  14. memang sangat memudahkan ya , praktis banget

    BalasHapus
  15. Enak ya gak perlu ngeprint2 hehehe. Aku bbrp kali di traveloka nyari2 kamar hotel tp blm pernah booking via traveloka sih mbak :D
    TFS

    BalasHapus
  16. Cukup ada koneksi internet, kita dapat memesan tiket semau kita hehehehhe. Cepat dan praktis :-D

    BalasHapus

Thx for reading & comments :) THX also for following my IG @riamrt & twitter @riatumimomor

Aplikasi Blog Di iOS

Aplikasi Blog Di iOS
Install this & bring my blog everywhere you go

Shoplinks Asia

My Goodreads

Ria's books

A Storm of Swords
The Last Town
Wayward
Pines
Miramont's Ghost
Child 44
Mr. Mercedes
Deception
Sidney Sheldon's Angel of the Dark
A Clash of Kings
A Game of Thrones
Outlander
One for the Money
The Silkworm
Grotesque
Let Me Go
Kill You Twice
The Night Season
Evil at Heart
Sweetheart


Ria Tumimomor's favorite books »

Remote Submitter

Submit Express

Search Box