Senin, 08 Agustus 2016

Menikmati Kuliner Khas Parapat dan Pizza ala Indonesia

Sumber foto: koleksi pribadi teman

Parapat merupakan sebuah daerah yang terletak di tepi Danau Toba. Secara data administratif Parapat merupakan salah satu kelurahan yang berada di Kecamaatan Girsang Sipangan Bolong, Kabupaten Simalungun Propinsi Sumatera Utara. Terletak diantara kota Padang dan Medan membuat Parapat menjadi salah satu destinasi tempat singgah baik untuk istirahat atau untuk menikmati obyek wisata yang ada di Parapat.

Parapat terkenal dengan obyek wisata yang memiliki nilai sejarah yang kuat. Terdapat Tanjung Sipora-pora bangunan yang memiliki arsitektur kolonial Belanda dan Pesanggrahan tempat Presiden Soekarno diasingkan.  Selain itu Parapat juga menjadi akses bagi wisatawan yang ingin menyeberang ke Pulau Samosir – Danau Toba yang melalui pelabuhan Ajibata.

Tak heran karena antusias wisatawan yang tinggi ingin berkunjung ke Danau Toba ikut mengangkat Parapat sebagai salah satu destinasi wisata. Hal ini juga sudah mulai terlihat karena kini ada beberapa  hotel di Parapat yang bisa dibooking untuk menginap dengan harga dan fasilitas yang beragam  yang bisa dipesan melalui Traveloka yang selalu memberikan harga jujur dan termurah.

Parapat yang telah menjadi destinasi Wisata ternyata memiliki beberapa kuliner khas yang  cukup unik dan nikmat tentunya. Berikut ini adalah beberapa kuliner khas Parapat yang bisa jadi rekomendasi untuk kita cicipi saat berkunjung ke Parapat, ada Pizza  ala Indonesianya lho, mari menyimak!



Sumber dari Detik Food
1. Paling Enak si Mangga Udang!
Makanan khas Parapat ini kini mulai langka ditemukan. Mangga ini hanya dapat kita temukan di Parapat, makanya amat sayang jika tidak mencicipi buah yang satu ini saat berkunjung ke Parapat. Ukurannya memang lebih kecil tapi dagingnya tebal dan berserat serta ada rasa asam dan manis. Khas banget deh. Mangga ini sempat diklaim sebagai buah khas Betawi tapi khas manapun asalh masih tanah air, mari kita dukung saja deh. Mangga Udang dijual di sini dengan harga kurang lebih Rp. 15.000,- per kilogram. Cocok untuk dijadikan buah tangan setelah kembali dari Parapat. 



Sumber dari Tapiannauli.com
2. Kacang Sihobuk
Kuliner yang berupa jajanan ini sebenarnya makanan khas Tarutung. Tapi kini masyarakat Parapat juga telah banyak yang membuat kacang Sihobuk dan menjadikannya sebagai  jajanan khas Parapat. Rasanya yang gurih dan harganya yang murah, kuliner ini juga bisa kita jadikan bingkisan atau oleh-oleh saat berkunjung ke Parapat.



Sumber dari GoBatak
3. Dolung Dolung
Dolung dolung ini adalah sejenis lappet (jajanan traditional) khas Parapat. Yang membedakan dengan lappet adalah dolung dolung dibungkus menggunakan daun pandan. Jadi wangi dan aromanya khas. Tentunya, dolung dolung juga pas untuk jadi oleh-oleh. Wah, tambah lagi nih dalam daftar oleh-oleh untuk dibawa ke rumah. 



Sumber: GoBatak
4. Mie Gomak
Udara Parapat yang dingin memang paling cocok kalau makan yang hangat dan pedas. Ini dia Mie Gomak! Mie Gomak merupakan kuliner khas Batak dan banyak dijajakan di warung-warung pinggir jalan. Kalo dilihat bentuknya mie ini mirip dengan spaghetti tapi yang membedakan adalah dimasak dengan bumbu khas Batak yaitu bumbu andaliman.
Nama gomak itu sendiri ternyata diambil dari kata digomak-gomak yang artinya digenggam menggunakan tangan karena konon dulu penyajiannya seperti itu. Menyantap mie gomak jadi aktivitas  yang tidak boleh kita lupakan jika suatu saat nanti berkunjung ke Parapat. Agar bisa merasakan sensasi  khas bumbu andaliman dicampur rempah, pedas dan gurih-gurih nyoiii!



Sumber: Partukkoan

 5.    Ikan Pora-pora
Ikan pora-pora adalah ikan asli Danau Toba. Kandungan gizi yang terkandung di ikan pora-pora cukup tinggi lho! Ikan ini mirip dengan ikan bilih yang ada di Danau Singkarak. Oh ya, ikan ini jadi makanan sehari-hari bagi masyarakat yang tinggal di sekitar Danau Toba termasuk Parapat. Untuk penyajian ikan ini biasanya disajikan dengan crispy renyah yang gurih lalu dimakan dengan sambal atau ada juga yang menggunakan mayonnaise.  Hmmm yummy!



Sumber dari TribunNews
6. Pizza Andaliman - Pizza ala Indonesia
Pizza yang berasal dari Italia ini sekarang banyak variasinya. Dan asal tahu saja, masyarakat Toba Samosir kini juga memiliki pizza dengan bumbu khas yaitu Pizza Andaliman. Kuliner yang satu ini asli kuliner Toba Samosir dan kini sampai ke Parapat. Rasa bumbu andaliman yang khas akan membuat sensasi makan pizza yang berbeda dari biasanya. Pizza Andaliman ini wajib coba jika  berkunjung ke Parapat nanti (tambah banyak lagi daftar mesti coba). 

9 komentar:

  1. kenapa namanya mangga udang mba? wah mannga ga ada matinya deh sukaaa banget, kalo yg maniss banget anak2 bilang kayak permen!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ukurannya lebih kecil dari mangga biasa dan melingkar kayak udang... Pokoknya gitu dah kalau orang ditanyain :))))

      Hapus
  2. Kok aku jadi kpingin mangga ya abis liat foto di atas huhu
    Ikan pora pora juga nih keknya enak kriuk garing gitu

    BalasHapus
  3. Pas saya ke Parapat tahun 2014 silam ketemunya hanya ikan pora-pora. Itu pun di rumah makan Padang. Tapi jujur deh, pas waktu itu Parapat menurutku kurang bergairah sebagai kota kuliner. Contohnya, minim informasi entah itu spanduk atau papan yang mempromosikan kuliner setempat. Eh, tentu harus jelas juga yang halal dan haramnya. :p

    BalasHapus
  4. Ya ampun mbak bikin aku makin ngeces aja ke Danau Toba. Mugi2 bisa segera ke sana dan sebagai pecinta mangga mau ngerasain si Mangga udang plus mie gomak :D

    BalasHapus
  5. Mantap kulinernya sayang banget pas Ke Medan ga sempat ke Toba, semoga DLK ke Medan bisa mampir kesini hehehe..

    BalasHapus
  6. Waktu ikut acara sosialisasi Wisata Halal di Indonesia bareng Kemenpar di Bandung weekend kemarin, aku baru tau kalau ternyata Danau Toba ini salah satu dari 10 destinasi wisata utama baru di Indonesia. Belum kesampaian euy jalan ke sana. Pengeeen, sambil sightseeing pengen cicipin pizzanya Ngeces deh :)

    BalasHapus
  7. Baru pernah coba kacang sihobuk. Tapi itu pun karena dibawain teman. Hhahahaha. Ajak aku piknik, Kakak!

    BalasHapus
  8. Kangen makan mie gomak dan gw masih penasaranpengen ke samosir ihik ihik

    BalasHapus

Thx for reading & comments :) THX also for following my IG @riamrt & twitter @riatumimomor

Aplikasi Blog Di iOS

Aplikasi Blog Di iOS
Install this & bring my blog everywhere you go

Shoplinks Asia

My Goodreads

Ria's books

A Storm of Swords
The Last Town
Wayward
Pines
Miramont's Ghost
Child 44
Mr. Mercedes
Deception
Sidney Sheldon's Angel of the Dark
A Clash of Kings
A Game of Thrones
Outlander
One for the Money
The Silkworm
Grotesque
Let Me Go
Kill You Twice
The Night Season
Evil at Heart
Sweetheart


Ria Tumimomor's favorite books »

Remote Submitter

Submit Express

Search Box