Blog berisi curhatan si lajang

Selasa, 21 Februari 2023

Review BRLND Perfume

Nero by BRLND


Lagi ingin menggunakan parfum lokal yang harganya di bawah Rp 100.000,- ? Pas lagi browsing salah satu ... bukan, bukan platform e-commerce melainkan media sosial dan mendadak saya melihat ada follower baru. Dan mereka adalah BRLND perfume.

Jiwa belanja parfum saya langsung bergelora dong.. Wah, ada parfum lokal lagi yang baru? Harganya di bawah Rp 100.000,- ? Langsung deh saya memantau akun media sosialnya. Terus namanya kok susah bener, hanya konsonan saja. Membacanya bagaimana nih?

Iseng dong saya kontak adminnya dan mereka termasuk cepat response-nya. Jadi, parfum ini dibacanya: BERLEND, diambil dari nama perusahaannya PT. BERLIN. 

Nah, sekarang saya bingung mau beli parfum yang khusus buat cewek atau mau mencoba yang unisex? Tapi sebenarnya maksudnya apa sih parfum unisex? 




UNISEX PERFUME

nah, parfum ini bisa dipakai baik oleh cewek dan cowok. Karena aromanya memiliki aroma netral, tidak khusus untuk cowok ataupun cewek. Parfum unisex ini oke banget untuk digunakan bagi kita yang tidak ingin terpaku pada aroma yang berdasarkan gender. Jadi nanti kalau saya pakai ini gak ada yang komen: eh, wanginya cewek banget... Tapi malas juga dikomentarin: pake parfum siapa nih? Cowok banget...


BASE, MIDDLE and TOP NOTE

Saya tertarik untuk mencoba NERO, parfum unisex BRLND. Ada keterangan sebagai berikut:

Base note: Musk, Iris & White Sandalwood

Middle note: Milk, Gardenia & Rose

Top note: Indian White Pepper & Bergamot



Nero parfum Unisex BRLND


Itu maksudnya apa siiih? Yuk dibahas.

TOP NOTE:

Top note dalam parfum adalah aroma yang paling cepat terasa setelah parfum disemprotkan pada kulit atau pakaian, biasanya dalam beberapa detik hingga beberapa menit. Dikenal juga sebagai "head note" karena merupakan bagian teratas dari aroma parfum yang memberikan kesan pertama dan paling intens pada aroma keseluruhan parfum.

Top note biasanya terdiri dari aroma segar, tajam, dan ringan, seperti buah-buahan citrus, mint, lavender, basil, rosemary, dan jahe. Aromanya hanya bertahan selama beberapa menit lalu menghilang ketika middle note mulai muncul.

Top note perannya penting dalam memberikan kesan pertama atau kesan awal tentang karakteristik aroma pada parfum. Jadi, walau aromanya cepat menghilang, mereka sangat penting dalam menarik perhatian dan minat pada parfum yang dikenakan.

Penting untuk mengetahui jenis aroma top note yang disukai saat memilih parfum karena merupakan bagian yang paling cepat menguap. 

Jika Anda suka aroma segar dan ringan, parfum dengan top note buah-buahan citrus atau aroma mint mungkin cocok untuk Anda. Namun, jika Anda lebih suka aroma herbal atau rempah-rempah, parfum dengan top note yang lebih beraroma mungkin lebih cocok untuk Anda.

Untuk parfum NERO ini, saat pertama kali disemprotkan, kita akan langsung merasakan aroma segar dan ringan dari bergamot, dengan sentuhan bumbu dari white pepper.



MIDDLE NOTE:

Middle note dalam parfum adalah aroma yang muncul setelah top note menguap dan menghilang dari kulit, biasanya setelah beberapa menit setelah parfum disemprotkan. Dikenal juga sebagai "heart note" karena merupakan bagian tengah dari aroma parfum yang memberikan karakteristik keseluruhan pada aroma parfum.

Middle note biasanya terdiri dari aroma bunga atau herbal yang lembut, seperti rose, jasmine, lavender, chamomile, dan geranium. Aroma ini cenderung bertahan selama beberapa jam pada kulit sebelum perlahan-lahan bergabung dengan base note pada parfum.

Middle note dalam parfum juga berperan sebagai penghubung antara top note dan base note, sehingga memberikan kesan harmonis dan seimbang pada aroma keseluruhan parfum. Mereka juga membantu melembutkan aroma base note dan membuatnya lebih bersahabat dengan top note, sehingga aroma parfum lebih enak untuk dicium seiring waktu.

Karena middle note memberikan karakteristik aroma keseluruhan pada parfum, penting untuk memperhatikan aroma middle note ketika memilih parfum. Jika Anda suka aroma bunga atau herbal yang lembut, parfum dengan middle note yang kuat mungkin cocok untuk Anda. Namun, jika Anda lebih suka aroma yang tajam atau beraroma kayu, parfum dengan middle note yang lebih ringan mungkin lebih cocok untuk Anda.

Untuk parfum NERO,  aroma segar dari top note sebelumnya akan beralih ke middle note, dengan milk, gardenia, dan rose yang memberikan aroma yang lembut.


BASE NOTE:

Base note dalam parfum adalah komponen aroma yang muncul setelah aroma middle note telah menguap dan menghilang, dan biasanya terasa paling tahan lama di antara tiga jenis note parfum lainnya (top note, middle note, dan base note). Base note biasanya muncul setelah 30 menit hingga beberapa jam setelah parfum disemprotkan dan biasanya menentukan karakteristik aroma keseluruhan parfum.

Dalam parfum, base note sering kali terdiri dari bahan-bahan yang berat dan kompleks, seperti kayu-kayuan, resin, balsam, musk, dan amber. Beberapa contoh bahan-bahan base note yang sering digunakan dalam parfum adalah patchouli, vetiver, vanilla, sandalwood, oakmoss, dan cedarwood.

Base note punya peran yang penting dalam memberikan kestabilan dan kedalaman aroma pada parfum. Mereka juga membantu mempertahankan aroma parfum lebih lama pada kulit, sehingga parfum terus tercium dengan intensitas yang berkurang seiring waktu. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan base note pada parfum ketika memilih dan membeli parfum, terutama jika Anda mencari parfum yang tahan lama dan memiliki karakteristik aroma yang kuat dan stabil.

Pada base note parfum NERO ini, musk, iris, dan white sandalwood memberikan aroma yang klasik dan sensual, dengan sentuhan dari white sandalwood yang memberikan aroma kayu yang lembut dan creamy.


BRLND NERO unisex perfume


OTHER DETAILS:

Daya tahan: 8 - 12 jam (TERBUKTI)

Harga : IDR 69K (belum termasuk ongkos kirim)

Ukuran : 30ml (ukuran botol dan kemasan, masih ok untuk dibawa-bawa, kecuali kalau tas kecil ya)

Projection: 2 meter

Sillage : Moderate to heavy.


SILLAGE

Apalagi itu sillage? Istilah ini kerap digunakan dalam industri parfum untuk menggambarkan jejak wangi yang ditinggalkan oleh para pemakainya.  

Sillage dari parfum NERO ini bisa dikatakan moderate  hingga heavy, artinya aroma parfum akan terasa cukup kuat dan tahan lama di kulit Anda. 


KESIMPULAN

Setelah beli dan mencoba, daya tahannya memang gak kaleng-kaleng loh. Bertahan lama di badan apalagi di pakaian. 

Dan aroma dari parfum ini cocok banget untuk dipakai pada acara-acara formal, seperti pertemuan bisnis, acara pernikahan, atau pesta malam. Tapi saya menggunakannya juga saat tengah santai dan berpergian di akhir pekan. Saya tidak menggunakannya untuk pergi ke kantor, karena saya bukan bagian marketing yang lebih sering melakukan meeting dengan pihak lain. Rasanya, terlalu formal banget untuk kegiatan sehari-hari. Tapi ini masalah preferensi saja sih. 


TERTARIK? Kalian bisa intip dulu di e-commerce. Saya juga lagi mengintip nih untuk beli yang parfum cewek atau mungkin balik ke Nero lagi. Karena memang wanginya tahan lama seharian loh!

34 komentar:

  1. Wah, jd banyak dapat informasi yg bermanfaat nih. Udh berapa banyak koleksi parfum lokalnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beluuum banyak, baru mencoba-coba beberapa saja saat ini. Wangi BRLND ini termasuk yang paling tahan lama.

      Hapus
  2. Seriuuuuus segitu lamanyaaa?? 😱😱😍.

    Aku tuh kan penyuka parfum bangetttt mba. Dan selalu suka nyobain aneka parfum. Tapi kadang Nemu aja beberapa yg daya tahannya ga terlalu awet. Suka sebel nih Ama yg begini. Bahkan kdg parfum mahal sekalipun ada yg wanginya cuma bentar

    Jadi kalo udh dpt yg awet, rasanya seneeeng. Ntr aku coba cek2 di market place parfum ini. Sbnrnya stok parfumku msh banyak, tapi Krn ini murah, GPP lah, bisa dipake buat sesekali 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seriusaaan, memang seiring berjalannya waktu, wanginya berkurang. Tapi tetap tahan kok seharian. Apa karena aku nyemprot di segala tempat kali ya? hahahha... Masih nempel juga kok wanginya di baju setelah aku selesai beraktivitas.

      Hapus
  3. suka banget sama aroma yang segar dan ringan, langsung check out ah

    BalasHapus
  4. Wow, parfum ini sudah pasti direkomendasikan untuk dibeli! Aroma yang bertahan lama di badan dan pakaian tentu akan membuat kita tetap bersinar sepanjang hari. Parfum ini juga akan menjadi pilihan yang sempurna untuk berbagai macam acara, baik formal maupun santai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku lagi kepikiran buat beli varian lainnya nihh... Apalagi lumayan tahan lama di badan, jadi gak perlu sebentar2 semprot kanan kiri

      Hapus
  5. racikan aromanya memang enak2 sandalwood , bergamot , Musk bagi yg suka ya.

    BalasHapus
  6. Wow, parfum yang wanginya bertahan bisa sampai 10 jam harganya dibawah 100rb??? plissini worth it banget sih, apalagi dikemas secara elegant gitu, fix ini wajib dibeli

    BalasHapus
  7. Daya tahannya lama juga ya dengan harga di bawah 100 ribu, patut di coba nih dan cocok buat yang ngak terlalu suka parfum dengan wangi cewek banget karena bisa untuk unisex. Kemasannya juga bagus lho untuk ukuran parfum di bawah 100 ribu dan ngak asal-asalnya, jadi bisa diprediksi kualitasnya juga bagus.

    BalasHapus
  8. Mbaak, aku pas baca merknya juga awalnya ngebatin, kok namanya susah bener, ahaha. Ternyata dilafalkan jadi berlend yaa, yaampun, hahaha.

    Anw, aku juga baru tau lho istilah top note, middle note, dan base note ini. Ternyata memang ada semacam 3 fase gitu ya kalau parfum disemprotkan. Tapi bingung gimana bikinnya ya ini ya, apa memang ada kekentalan yang berbeda apa gimana ya supaya bisa menghasilkan 3 wangi yang kayak gini? hmm (ovt sendiri, wkwkwk)

    BalasHapus
  9. Racikannya menarik banget bikin auto pengen beli apalagi harganya terjangkau ya. Aku duka parfum yg unisex krn ga terlalu suka sama aroma paefum yg cewek bgt. Makasih reviewnya mak otw ngintip di e commerce

    BalasHapus
  10. Haha..sempet bingung baca nama yg konsonan srmua. Ternyata begitu bacanya... Btw saya ga paham parfum tp saya prefer aroma unisex. Soalnya saya kurang suka aroma yg terlalu feminin. Tapi kalo pake parfum cowok kok jg terllau strong...

    BalasHapus
  11. Aku jadi tahu istilah-istilah note parfum, wah jadi gitu ya. Aku termasuk yang suka wangi unisex karena biasanya gak terlalu "manis" aromanya. Jadi pengen langsung ceki-cekin sendiri deh nih, haha

    BalasHapus
  12. Selama ini, aku kira parfume itu hanya masalah wangi. Eh gak tahunya, aroma itu ada tingkatan dengan satuan note ya. Hahaha baru tahu, kalau gak baca artikel ini, pasti masih belum tercerahkan akunya. Senang dong ya Mbak, ketemu parfume gak terlalu mahal tapi aromanya menyenangkan

    BalasHapus
  13. Wah aku penggemar parfum
    Penasaran ama parfum parfum ini
    Aku suka yg aroma creamy

    BalasHapus
  14. Hah ada parfum harganya dibawah 100K? Mau dong coba. Aku termasuk pengolahan parfum terutama yang aroma unisex

    BalasHapus
  15. kalau wanginya segar dan ringan aku juga suka pakai untuk sehari - hari mba. Aku suka yang notesnya bunga atau buah. apalagi kalau wanginya tahan lama

    BalasHapus
  16. Baca harganya wah, hemat ..untuk ketahanan pemakaian dan bisa dipakai untuk acara formal, mantap banget ini. Btw, baca namanya sempat heran juga bacanya gimana ya haha...keren, local pride, bisa nih coba dibeli

    BalasHapus
  17. Ini tuh botolnya travel friendly ya, jadi enak juga kalau untuk dibawa-bawa ya. Selain itu aku memang suka wangi musk ini, seperti mengingatkan parfum lamaku juga. Jadi pengin juga nyoba si Brlnd, apalagi harganya pun terjangkau ya mbak.

    BalasHapus
  18. wahh aku bru tau ternyata aroma parfum ada tingkatannya. bisa disesuaikan ya sama yang kita mau, aromanya juga bervariasi, aku biasanya lebih suka wangi yang ringan dan tahan lama

    BalasHapus
  19. Jadi sebaiknya parfum disemprotkan di kulit seperti tutorial di drama-drama gitu atau di baju, kak Ria?
    Aku jadi nambah pengetahuan mengenai parfum. Karena sejujurnya, selama ini aku pake hanya 1 parfum dari merk tertentu. Rasanya uda apal banget kalo ada aku. Pen coba parfum lain yang wanginya bisa "aku" banget juga.

    BalasHapus
  20. Yuk kita beli produk ini sebagai wujud support produk lokal ya. Apalagi emamg bagus produknya

    BalasHapus
  21. Saya senang produk lokal saat ini sudah tidak kalah kualitas dan standarisasi nya. Ditambah harga yg cukup terjangkau, saya siap support produk lokal juga dong

    BalasHapus
  22. Iya aku suka aroma segar dan ringan kayak buah2an, jd bikin semangat hari juga.

    Parfum penting sih buat perempuan, apalagi yg kebiasaan ketemu cipika cipiki

    BalasHapus
  23. Jenis parfum rupanya banyak ya. Saya seringnya.makai Unisex. Ndompleng punya suami.

    BalasHapus
  24. Suka banget kalau pakai parfum bisa tahan lama apalagi setelah dipakai aktivitas berjam2 gtu. Ini kemasannya imut ya bisa dibawa2 dengan gampang.
    Baru tau soal middle note, base note, dll thanks info perfarmuannya :D

    BalasHapus
  25. salah satu yang bikin ingin memiliki itu daya tahan wanginya yaa, lama juga ya daya tahannya setelah pemakaian. aku suka wangi buah dan bunga. kayaknya lebih segar saja dibandingkan yang lain

    BalasHapus
  26. lah saya pas baca judulnya juga bingung, akhirnya baca dengan mengeja hurufnya hehehe...
    Wah ada parfum lokal dibawah 100 ribu, kalau saya pengen coba yang unisex deh, jadi bisa buat saya dan suami, irit

    BalasHapus
  27. Wah boleh-boleh nih rekomendasi parfumnya. Aku lagi nyari yang cocok dan tahan lama soalnya. Aku udah beberapa merk nih dicoba dalam 1-2 tahun ini. Belum nemu yang cocok. Nyoba ah yang ini, mumpung harganya gak mahal ya. Semoga bisa cocok di aku. :D

    BalasHapus
  28. Dari dulu aku gak suka wewangian, tapi belakangan mulai centil coba pake parfum lagi cari yg wanginya gk bikin kliyengan

    BalasHapus
  29. Wah pas banget minyak wangi lagi abis.. coba ahh apalagi wanginya soft dan tahan lama

    BalasHapus

Thank you for reading and comments.
Comments will be screened first.

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.