Blog berisi curhatan si lajang

Selasa, 05 Oktober 2021

Instagramable POSBLOC Jkt & Pasar Baru

Pasar Baru yang tentunya sudah gak baru lagi di jaman sekarang, sempat menjadi hits pada masanya. Saya dan mama paling demen ke sini. Saya tentu saja mengincar es krim (yang tokonya sudah lama tutup) dan mama senang membeli bahan-bahan baju dan melihat barang-barang di toko kelontong favoritnya. Kalau mama sudah menjemput saya setelah pulang sekolah untuk ke sana, rasanya senang banget. Tapi ya, itu sih dulu. 

Seiring berkembangnya jaman, mulai bermunculan pusat perbelanjaan yang lebih nyaman, akhirnya mulai jarang ke Pasar Baru. Setahun sekali juga pun belum tentu ke sini. Terakhir saya dan mama ke sini sekitar tahun 2016, sekedar ingin melihat-lihat saja seperti apa sih sekarang? Dan kami kurang sreg karena jalanan di tengah yang dulunya bebas dari kendaraan, ternyata sekarang malah jadi tempat lalu lalang mobil serta motor. 

Akhirnya tergerak lagi ke sini, ya karena melihat ada kedai kopi baru di dekat Pasar Baru. Heran ya, padahal saya bukan penikmat kopi tapi kok ya doyan amat ke kedai kopi. Pasti sudah bisa menebak, kalau tempatnya Instagramable. Yes, itu sebenarnya alasan utama saya ke sana dan karena ingin tahu juga tempatnya seperti apa sih? Karena sebelumnya, saya dan teman pernah ke sana di oulet mereka yang lokasinya di dekat Sabang. Lalu dengar-dengar juga, ada area nongkrong baru di Kantor Filateli Jakarta. Sekalian jalan saja deh :)



Toko Kopi Maru

Saya memang gak pinter-pinter amat menggunakan google maps atau bagaimana ya? Sempat capek juga mencari kedai kopi yang satu ini. Padahal sebenarnya patokannya sangaaaat mudah. Catat nomor jalan dan cari lah maka kau akan mendapatkannya. Jadi saya semestinya gak usah sok muter-muterin jalan berdasarkan Google Maps.

Teman saya yang sepintas melihat fotonya sampai komentar, ini kok kayak tempat uji nyali. Dan kalau dipikir-pikir, apa karena itu makanya kedai yang satu ini tutup jam 5 sore? Bercanda. Tempatnya memang menggunakan rumah tua, yang letaknya tersembunyi dari jalan. Kalau bawa mobil bakal susah cari tempat parkir, kecuali kalian mau parkir di area Pasar Baru dan jalan kaki sekitar 5 menit ke sini. Kalau mau foto-foto, sebaiknya datang pagi karena tempatnya tidak luas. Di bagian dalam, lebih kecil lagi. Dan spot foto yang bagus, IMHO ada di bagian luar. Kebetulan pas saya datang ke sana, baru ada 1 orang yang ngadem di area indoor. Jadilah saya nongkrong di luar dan minta tolong dengan manis pada staff-nya untuk motoin saya.





Keluar dari sini, tinggal jalan kaki ke area yang dulunya jadi Gedung Filateli Jakarta. Yang masih setia ada di sana adalah kedai kopi Starbucks. Masuk ke dalam Starbucks, akan diminta untuk scan barcode lewat aplikasi Peduli Lindungi. Tapi karena letak barcode ada dekat kasir, saya gak yakin juga pengunjung bakal ngeh atau enggak. Kebetulan pas ke sana, diingatkan oleh baristanya sebelum hendak memesan. 

Pas ke sini, banyak juga yang bawa kerjaan dan nongkrong di sini.

Sementara itu area di sebelah Starbucks, ada area tempat nongkrong baru, dan juga menjadi tempat pengembangan bisnis bagi UMKM. Pastinya yang dijual di sini, hasil produk lokal. Saya belum mampir ke semua outletnya, tapi sempat mengambil beberapa foto. Jadi bisa buat panduan kalau mau datang ke:




POSBLOCJKT

Tempat nongkrong ini masih satu group dengan MblocJkt yang letaknya tidak jauh dari halte busway dan MRT Blok M. 

Untuk masuk ke sini, pengunjung juga wajib scan barcode lewat aplikasi Peduli Lindungi ya. 

Di dalam area ini, ada beberapa outlet sebagai berikut:

NastarbyRitz & Canggu Bake House Jakarta



Yang baru saya samperin adalah: Filosofi Kopi 

 


Ada juga beberapa tenant lain yang akan buka di area ini:



Karena di area bagian dalam tidak terlalu luas, maka pastinya pengunjung akan banyak memenuhi area di luar. Memang kalau lagi siang, bisa dipastikan amat sangat terik di sini. Waktu yang cocok, IMHO adalah di sore hari. Tapi dengan resiko, bakal banyak ketemu pengunjung lain. 



Daftar tempatnya akan saya tambahkan kalau sudah datang lagi ke sana ya di lain waktu. Karena bakal ada banyak nih tempat untuk jajan di sini. 

3 komentar:

  1. Starbuck memang legendnya kopi mengingat bisnisnya yang mendunia, gak diragukan lagi sih kalau tempat dan pelayanannya sebagus ini.

    BalasHapus
  2. Cakep-cakep fotonya. Viewnya juga indah 🥰

    BalasHapus
  3. Waaah nastar by Ritz itu anaknya Ritz carlton? Penasaran rasanyaaa :D. Belum pernah kesini mba. Ntah kapan trakhir aku ke pasar baru. Udah lama bgttttt pastinya. Dan jujur ga terlalu suka kesana ya Krn ruame bangt itu.

    Tapi kalo tempat nongkrongnya jadi ada yg bagusan gini, aku pengen sih kapan2 kesitu lagi. Filosofi kopi aku belum cobain nih :D. Pdhl sering banget denger ttg kopi ini

    BalasHapus

Thank you for reading and comments.
Comments will be screened first.

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.