Blog berisi curhatan si lajang

Rabu, 07 April 2021

Mencari Mobil Idaman Kala Pandemi

 

Sumber gambar: auto2000.co.id

Ketika pandemik melanda di tahun 2020, mendadak ada banyak kegiatan yang memerlukan penyesuaian. Sekarang di masa pandemic, kita harus menyesuaikan dengan yang namanya new normal. Kehidupan berjalan terus tapi ada hal-hal yang harus diperhatikan seperti:

Menghindari kerumunan

Ini memang agak sulit dihindari jika tengah berada di dalam kendaraan umum pada jam-jam padat. Yaitu jam keberangkatan dan jam pulang dari kantor. Saat ini lumayan bisa menghindar karena jam kerja yang berkurang dari yang biasa. Dan sekolah pun masih belum mengadakan kegiatan tatap muka. Banyak kantor yang juga masih menerapkan WFH agar tidak terlalu banyak orang dalam satu ruangan. 


Masker

Menggunakan masker sepertinya akan menjadi hal yang rutin hingga beberapa tahun mendatang. Jadi, membawa masker lebih dari satu sudah harus menjadi kebiasaan. Terlebih lagi jika sedang bersama orang lain di kantor dan terutama saat berada di tempat umum. 


Cuci tangan

Sudah sering mengingatkan diri sendiri agar jangan menyentuh apapun yang ada di tempat umum, terkadang masih suka tidak sadar. Apalagi kalau sedang berdiri di kendaraan umum.  Jadi, membawa hand sanitizer kemana-mana pun sudah harus termasuk dalam kehidupan new normal.


Mengingat bahaya penularan virus corona di luar, rasanya memang gak heran kalau dianjurkan untuk sebisa mungkin di rumah saja. Masalahnya, tidak semua aktivitas dapat dilakukan di rumah terus. Ada beberapa pekerjaan yang misalnya, merujuk pada pekerjaan yang telah lama dilakukan. Dan harus cek langsung ke arsip yang disimpan di kantor. Jadi mulai deh saya memikirkan, kalau punya mobil sendiri lumayan juga ya. 



Dengan punya mobil sendiri saya memperkirakan kegiatan-kegiatan berikut :

Bisa menghindari naik kendaraan umum. 

Saya belum sampai level yang ketakutan menghadapi kerumunan di tempat umum. Justru saya lebih khawatir pada kecerobohan diri sendiri. Misalnya menyentuh handle pada kendaraan umum, helm dari pengemudi ojek online, hingga duduk di taksi misalnya. Apakah saya ingat untuk cuci tangan sesudahnya?


Memudahkan mobilitas saya.

Di beberapa kompleks perumahan, apalagi yang masih baru, sulit untuk mencapai halte kendaraan umum. Untuk ke area tersebut, harus memanggil ojek karena lumayan jauh dan melelahkan untuk jalan kaki. Pastinya akan memakan waktu dan mengharuskan berangkat lebih awal. 


Yang harus saya pertimbangkan dalam membeli mobil adalah :

Budget. 

Maunya selangit, tapi gak ada budget atau bisakah mengumpulkan dana yang dibutuhkan untuk mendapatkan kendaraan yang diinginkan? 

Tentu bisa menggunakan cara pembayaran dengan angsuran, tapi tetap harus memperhitungkan kemampuan untuk melunasi angsuran tersebut. 


Ukuran 

Mau mobil untuk keluarga atau digunakan sendiri? Kalau mobil untuk keluarga, ukurannya terlalu besar buat saya. Kebayang deh ribet cari tempat parkirnya jika digunakan untuk beraktivitas. Jadi sepertinya saya akan mencari sedan yang cukuplah untuk diri sendiri. 


Kendaraan tersebut…

Apakah hemat bensin? Apakah saya sebaiknya memilih kendaraan manual atau otomatis? 


Service

Saya menginginkan layanan yang baik bukan hanya saat hendak membeli kendaraan. Tapi pastinya layanan setelah kendaraan digunakan. Pastinya agar mobil tetap terawat, pemeliharaan wajib tetap dilakukan. Dan rasanya lebih nyaman jika kita sudah mendapat kepastian sejak membeli, nanti bisa dibawa ke sini bu, mau membeli aksesoris tambahan juga bisa. 


 

Sumber gambar: Auto2000.co.id

Setelah pertimbangan tadi, saya mendadak kepikiran. Bagaimana ya sekarang melihat-lihat mobil ke dealer? Bukankah sebisa mungkin kita melakukan semuanya dari rumah? Lalu jika ingin bertanya mengenai jenis-jenis kendaraan yang diinginkan bagaimana caranya dong? Jadi deh saya mencari-cari informasi lewat online dan menemukan jawabannya pada situs Auto2000.


Ah, ya kali beli mobil seperti beli makanan via aplikasi online di telepon pintar. Loh, kenapa enggak? Pandemic memang membatasi ruang gerak kita karenanya kita yang harus menyesuaikan diri. Situs Auto2000 ini menjadi alternative yang sangat membantu. Kita tidak perlu datang sendiri ke dealer atau cabang mereka untuk mencari informasi. Tapi semuanya dapat diakses lewat situs mereka dan ada aplikasinya juga lho. 

Di situs mereka, kita bisa melihat jenis-jenis kendaraan yang diinginkan. Saya naksirnya nih, sedan Vios, tapi apakah sesuai dengan budget saya? Saya bisa cek dong harga mobil Toyota di situs Auto2000 dan bahkan saya bisa membandingkan dengan mobil Toyota lainnya, masih dalam situs yang sama. 


Sumber gambar: auto2000.co.id

Jika ingin melihat kendaraannya, tersedia foto bagian eksterior dan interior yang dapat kita lihat pada seluruh bagian dalam mobil. Pastinya ada penjelasan mengenai spesifikasi mobil tersebut. Dan pada situs tersebut menjawab kekhawatiran saya akan layanan purna jual. Mereka menyediakan halaman sendiri bagi kita yang membutuhkan layanan tersebut. Dan kalaupun masih kurang puas karena tidak bisa bertanya langsung, coba cek bagian kanan bawah dan customer service akan langsung melayani pertanyaan kita. 

Keterbatasan ruang gerak, tidak harus membatasi kita untuk memperoleh kendaraan impian dan Auto2000 menyediakan fasilitas tersebut untuk digunakan. 

11 komentar:

  1. ah makasih ya mbak sharingnyaaa.. pengen deh beli mobil :)

    BalasHapus
  2. Toyota selalu jd mobil keluargaku, dari pas belum nikah, sampe udh nikah pun kami ttp pilih Toyota :D. Udh percaya.

    Tp klo dulu pakenya sedan, skr Krn ada anak, asisten, ga mungkin LG sedan :D. Jd LBH suka yg utk family lah.

    Jujur selama pandemi, dr awal merebak, aku dan suami ga prnh lagi naik kendaraan umum mba. Ga berani. Kemana2 jd nya motor ato mobil sendiri. Budget bensin jd naik, tp setidaknya budget transport umum hilang samasekali :D.

    Sampe traveling keluar kota aja, bela2in naik mobil. Saking parnonya naik pesawat -_- .

    Mobilku yg skr, itu udh 8 THN, dan msh mulus, ga ada masalah, Krn suami juga rutin service yaaa di bengkel khusus Toyota. Itu juga yg jd alasan, kami LBH suka Toyota, Krn awet bangetttt . Yg terpenting, harga jual ga jatuh2 bgt :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Fanny, akupun maklum kalau banyak orang memilih naik kendaraan pribadi daripada kendaraan umum. Resikonya jelas jauh lebih besar utk ketularan di tempat umum. Pastinya sih budget bensin jadi naik, bagian dari resiko juga lah ya :)
      Iya nih, dari dulu Toyota itu memang menemani kita banget. dulu alm papa juga pakai mobil keluaran Toyota sampai lamaaa banget. dan jarang rewel.

      Hapus
  3. Kalau membandingkan via online, bikin hati tenang karena nggak akan dipelototin pramuniaganya ya Mbak :D :D

    BalasHapus
  4. Wah, di situs Auto2000 sekarang bisa ngecek harga mobil juga ya. Jadi tahu harga dari dealer resmi tanpa harus ke showroom nih.

    BalasHapus
  5. Naik mobil pribadi memang solusi paling oke kalau mau bepergian jauh saat pandemi ini apalagi bisa pilih2 mobik secara online hehehe jangan lupa servicenya di bengkel resmi

    BalasHapus
  6. Aku juga udah mulai kepikiran butuh mobil. Apalagi anak sudah 2. Riweh bawa motor. Moga ada rejeki buat beli mobil. Hahahah. Kali nampang disini banyak yang ngaminin.

    BalasHapus
  7. Sekarang serba mudah ya Mbak, membeli mobil saya bisa secara online, jadi tetap bisa dirumah saja ya

    BalasHapus
  8. hmmm, kpn saya bs punya mobil? belum pandemi aja blm bisa beli mbak, apalagi saat pandemi, hehe... tp bermimpi aja dulu, siapa tau jd kenyataan

    BalasHapus
  9. Toyota juga ada pilihan hybrid kan ya? Irit bensin 😊

    BalasHapus

Thank you for reading and comments.
Comments will be screened first.

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.