Blog berisi curhatan si lajang

Senin, 30 November 2020

Tips Padu Padan Fashion Etnik Untuk Gaya Sehari-hari



Fashion etnik? Aduh, pasti mahal deh harganya dan pakaian tradisional bukannya ribet untuk digunakan? Eits… Itu mungkin dulu banget ya, beberapa tahun yang lalu. Sekarang baju tradisional menjadi sumber inspirasi para perancang pakaian. Dan walau inspirasinya dari pakaian tradisional dan kebudayaan lokal, tapi fashion etnik masa kini memberikan banyak pilihan bagi para penggunanya. Pilihannya ada banyak dengan berbagai macam mode dan harga yang variatif. Harga bisa jadi tergantung pada jenis kain yang digunakan. Kita sebagai bangsa Indonesia kudu bangga loh karena ada banyak jenis-jenis kain yang ada di Indonesia. 

Nah, kain-kain tradisional di Indonesia itu motifnya beragam, unik, ada yang warna warni dan ada juga yang sebaliknya.  Saya tergolong yang cepat tertarik dengan pakaian dengan motif yang berwarna menyolok. Ini yang sering menyebabkan saya langsung membeli dan setelahnya bingung. Padanannya sama baju yang mana? Sama accessories yang mana? Cocok gak sih kalau baik atasan maupun bawahannya sama-sama fashion etnik? Ya masa sih kalau gak ada padanan yang cocok harus beli lagi? Halah, memang selalu saja ada alasan untuk belanja ya. 

Jadi ada baiknya nih sebelum lapar mata dan khilaf borong baju-baju etnik terus setelah itu bingung memakainya, mulai mempertimbangkan untuk mix match dengan pakaian yang ada. Apalagi jika kita ingin menjadikan fashion etnik sebagai bagian dari busana kita sehari-hari. Coba buka lemari pakaian dan cari yang berikut ini:


Padankan baju etnik dengan baju yang polos.

Karena saya penggemar motif kain dengan beberapa warna dalam satu bahan, biasanya saya padu padankan dengan baju yang polos tanpa motif. Jika bawahan yang saya kenakan mempunyai motif yang warnanya beragam dan menyolok, untuk mencari aman saya akan kenakan kaos polos hitam atau abu-abu. 

Jika baju atasan yang saya kenakan bernuansa etnik, dan ini termasuk dengan vest atau rompi, maka baju bawahannya juga yang polos, tanpa motif. Warna tidak wajib hitam atau abu-abu, bisa juga kita memilih warna yang sama dengan corak baju bernuansa etnik yang dikenakan. Kalau warnanya ada banyak dari motif pakaian etnik kita, ya pilih salah satu saja. 

Sepertinya boleh nih mulai koleksi juga kaos polos dengan beragam warna.  Eh, sebenarnya mengapa sih harus sama yang polos padu padannya? Karena kalau saya memang bermaksud untuk menonjolkan baju etnik yang saya kenakan. 




Jeans

Celana atau rok jeans dengan baju atasan bernuansa etnik akan jadi padupadan yang keren. Bagaimana kalau baju bawahan yang bernuansa etnik? Kemeja jeans atau bahkan jaket pun bisa jadi teman padu padan untuk kita. Jaket jeans juga bisa menambah kesan semi formal jika dikenakan bareng dengan baju terusan bernuansa etnik. 

Sah-sah saja mau padupadan dengan jeans yang bercorak atau bahkan ripped jeans sekalipun. Tapi, kalau saya sih lebih suka yang polos, agar fashion etnik yang dikenakan menjadi pusat perhatian. 


Sepatu

Saya kebetulan pemuja flat shoes dan sneakers, jadi biasanya baju etnik yang saya beli dipastikan wajib cucok dengan sepatu tersebut. Dan memilih baju bernuansa etnik untuk padu padan dengan dua sepatu ini jauh lebih ribet daripada kalau sepatunya high heels maupun wedges. Atau kita saja yang suka membuat diri jadi lebih ribet.


Accessories

Sama seperti baju bernuansa etnik, accessories bernuansa etnik juga sering membuat lapar mata. Karena mereka memang terlihat menarik, tidak banyak diproduksi dan bikin penggunanya tampil beda. Kalau saya, kurang berani mengenakannya berbarengan dengan baju yang bernuansa etnik. Terlalu ramai, yang mana yang mau saya perlihatkan? Yang bikin orang nanya, eh bajunya cakep mbak… beli di mana? EHM…


Nah, sekarang jika kamu mencari baju-baju dan profuk fashion etnik yang berkualitas, jangan ragu lagi, bakal kamu temukan semua di Shopee. Hari ini, ada promo Fashion Wanita Day special Shopee 12.12 Birthday Sale yang menghadirkan deretan promo, diskon dan penawaran untuk produk-produk fashion. Catat ya! Jangan sampai menyesal kalau kehabisan. 

11 komentar:

  1. Aku juga lagi ngumpulin atasan model kebaya sama outer batik mbak... Terinspirasi mbak Blogger siapa ya, itu lho yang akunnya pakai Indonesia gitu.

    Aku suka doi karena pakai kebaya pun dia bisa pakai sneakers 😀. Unik gitu... 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama, aku jg lg nyari2 yg cucok nih... kl pake kebaya sm sneakers aku pun blm pede. Kode keras belanja nih

      Hapus
  2. Berlaku juga buat pengguna hijab Mbak, pengen padu padan fashion etnik ganti mikir atasan, bawahan sama kerudung :D Paling aman cari padu padan polos ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling aman sih salah satu polos satu bermotif. Ada sih yg tingkat dewi bisa keliatan keren dgn motif semua, atasan sm bawahan. Kalau pede oke aja tp kl enggak mending jangan

      Hapus
  3. Naksir bajunya, nih. Bagus dan bikin terlihat lebih muda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap2 belanja kalau gituuu nanti tgl 12.12

      Hapus
  4. Aku selalu suka liat gaya2 mu kalo sedang padu padan yg etnik mba :). Cocok dan bagus jatuhnya. Iya sih, akupun males kalo pake sesuatu yg etnik dengan yg bermotif juga. Kesannya rame dan tabrakan :p. Bagusan Ama yg polos.

    Aku juga lbh seneng dlm bentuk baju sih, daripada aksesoris ato bawahan. Kalo bawahan belum nemu aja yg cocok dan enak di pakai di aku ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bawahan emang ribet; apalagi karena kita berdua mirip2 ya; kamu langsing mungil. Aku pendek mblesek. Yg keren sm modelnya pas aku pake kok enggak ya... hahahahahah

      Hapus
  5. aku juga lagi pengen coba berkain nih kak untuk OOTD sehari-hari :D

    BalasHapus
  6. Keren juga sih kalo baju-baju dengan desain atau motif baju tradisonal gitu, jadi pengen punya juga.

    BalasHapus
  7. Kak padu padannya kece banget deh, aku emang kurang suka fashion etnik sih hahahha, fashionnya standar2 aja wkwkwk, dulu sebelum punya anak suka pake baju tangan buntung, kadang celana pendek atau sepatu apa aja, kalau skrg yg penting nyaman, udah gitu aja kak hihi

    BalasHapus

Thank you for reading and comments.
Comments will be screened first.

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.