Blog berisi curhatan si lajang

Rabu, 18 November 2020

Tips Nyaman Naik Shuttle untuk Liburan Akhir Tahun

Liburan ke luar kota

Libur panjang cuti bersama dan pergantian tahun sudah semakin dekat nih! Kamu sudah ada rencana mau liburan akhir tahun ke mana? Jika destinasi wisata kamu masih berada di Pulau Jawa, liburan naik shuttle bisa jadi pilihan terbaik.

Selain ada banyak operator shuttle yang bisa dipilih, naik shuttle juga terasa lebih private dengan jumlah penumpang terbatas dan armada yang nyaman dan fasilitas lengkap.

Nah, jika kamu berencana liburan akhir tahun naik shuttle atau travel, berikut ini ada beberapa tips nyaman naik shuttle yang bisa jadi referensi, terutama di masa penerapan adaptasi kebiasaan baru (AKB) saat ini.

 

1. Pilih shuttle yang terpercaya

Agar perjalanan kamu aman dan nyaman, pilih shuttle sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu. Mulai dari operator, jenis mobil yang digunakan hingga fasilitas yang ditawarkan. Jika ini perjalanan pertama kamu dengan shuttle, ada baiknya cari rekomendasi atau review operator untuk mengetahui shuttle mana yang terbaik sesuai kebutuhan.

Kamu bisa pangkas waktu cari review dan bandingkan harga tiket shuttle dengan pesan di Traveloka. Selain punya banyak pilihan operator, di Traveloka kamu juga bisa lihat foto armada shuttle, fasilitas yang ditawarkan dan review dari pembeli sebelumnya. Kamu juga bisa pilih kursi sesuai keinginan lho!

 

2. Sesuaikan jam keberangkatan

Meski shuttle biasanya memiliki jam keberangkatan yang fleksibel dan banyak, namun sebaiknya pilih jam keberangkatan yang tidak ‘ramai’.

Hal ini karena rasanya sudah lumrah jika volume kendaraan akan meningkat di momen libur panjang, apalagi akhir tahun. Jadi untuk menghindari macet, ada baiknya pilih jam keberangkatan paling pagi atau malam.

 

3. Pilih tempat duduk paling nyaman

Untuk mendukung perjalanan yang nyaman, pilihlah tempat duduk yang nyaman saat kamu memesan tiket shuttle. Tergantung armada shuttle yang kamu naiki, biasanya konfigurasi kursi diatur tidak berdekatan dengan tempat duduk nyaman yang bahkan bisa diturunkan jika ingin tidur.

Jika kamu suka melihat pemandangan saat naik bus, pilihlah tempat duduk di dekat jendela. Jika suka melihat pemandangan ke depan tanpa halangan, duduk di sebelah sopir juga asyik. Jika kamu tipe yang lebih suka tidur selama perjalanan, duduk di kursi paling belakang bisa jadi pilihan.

Nah, kamu bisa dengan mudah pilih kursi jika pesan tiket shuttle di Traveloka lho!

 

4. Bawa barang sesuai dengan ketentuan bagasi

Bukan cuma pesawat yang menawarkan bagasi lho! Naik shuttle juga mendapat jatah bagasi kok. Penting untuk membawa barang sesuai bagasi yang kamu dapat agar tidak mengganggu kenyamanan penumpang lain yang juga bawa barang bawaan.

Pisahkan barang-barang berharga dari bagasi dan taruh di tas yang kamu bawa untuk cegah kerusakan atau kehilangan.

 


5. Bawa starter pack wajib era AKB

Sebagai salah satu kewajiban di era AKB, kamu wajib pakai masker selama perjalanan. Untuk perlindungan yang lebih maksimal, kamu juga boleh menambahkan face shield untuk dipakai.

Selain itu, bawa juga masker cadangan, hand sanitizer, disinfektan travel size, tisu kering maupun basah dan jika perlu sarung tangan.

Barang-barang ini penting kamu bawa untuk meminimalisasi potensi penularan virus corona saat melakukan perjalanan.

 

6. Bawa camilan dan obat-obatan

Meski biasanya dari operator shuttle memberikan air mineral dan camilan ke penumpang, tidak ada salahnya jika kamu juga bawa camilan sendiri untuk mengisi perut selama perjalanan.

Jika kamu termasuk yang mudah mabuk perjalanan, jangan lupa juga bawa obat-obatan di dalam tas kamu ya!

Nah itu tadi tips nyaman bepergian naik shuttle yang harus kamu tahu. Dengan melakukan tips-tips di atas, perjalanan pun bisa jadi lebih nyaman dan aman tentunya.

Sudah tahu ingin naik operator shuttle yang mana? Naik Daytrans saja! Selain pilihan armada yang nyaman, Daytrans juga punya banyak rute ke berbagai daerah yang bisa kamu pilih. Yang asyiknya lagi, kini naik Daytrans shuttle bisa pesan di Traveloka sekarang lho! Jadi tunggu apa lagi. Segera pesan tiket shuttle Daytrans kamu di Traveloka untuk liburan akhir tahun nyaman nantinya. Selamat liburan! 

5 komentar:

  1. Aku belum pernah naik shuttle antar kota begini :). Kalo Bandung msh LBH suka naik mobil sendiri soalnya. Pernah naik tapi di Laos dan Myanmar. Itupun aku milih bgt mba. Kapasitas penumpang aku ga mau yg duduk hrs rapet, masih ada space Longgar,kendaraan bersih wangi dan dingin. Waktu itu pernah diceritain Ama adekku yg naik shuttle, dan dia cerita penumpang anak kecilnya ada yg muntah, di plastik sih, cuma aromanya msh kecium. aku pas denger lgs merinding. Soalnya aku ga bisa ngedenger orang muntah , apalagi kecium baunya, bakalan mual juga :p. Mungkin itu yaaa yg bikin aku blm mau naik shuttle di sini.

    Kalo yg pas di Laos Ama Myanmar, penumpangnya kebanyakan bule2, yg aku ga kuatir mereka mabok darat hahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh jangan salah loh... mungkin bule2 itu gak mabok darat... aku pernah baca yg perjalanannya naked traveler, satu bus sama bapak2... yg sepertinya (maap nih) BAB on the spot... Gile, kamu kebayang kan baunya kayak apa?
      Tapi memang naik shuttle yang penuh itu menjengkelkan sekali... Hahahah, pernah merasakan... untung sederetan sama temen semua ... tp tetap aja bikin pegel sepanjang perjalanan

      Hapus
  2. Sayangnya udah wilayah Sumatera, pilihan sutle bus di Traveloka masih sangat terbatas. Padahal Sumatera punya banyak pilihan bus.

    Semoga ntar Traveloka nambahin pilihan busnya, biar lebih mudah.

    BalasHapus
  3. memang ada kok shuttle yang dempetan ada yang gak, beda di harga biasanya. waktu ke bandung dari cirebon hanya ada untuk 7 penumpang 6 di belakang satu di depan, enak longgar dan tiap kursi ada selanya

    BalasHapus
  4. Gw naek shuttle, dari bandung k jakarta. perginya naik kereta api pulangnya krn ga dpt tiket jd naik shuttle deh. ternyata enak emang, lega gitu, tp ttp aja yah, pegel2 karena kena macet 😆😁 emang enakan naik kereta, was wus was wus sampe.

    BalasHapus

Thank you for reading and comments.
Comments will be screened first.

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.