Blog berisi curhatan si lajang

Senin, 08 Juni 2020

#DIRUMAHAJA Ikan Gurame Goreng

Gurame Goreng

Selagi di rumah aja mendadak kangen sama masakan mama, ikan gurame goreng. Yaela, ikan gurame goreng aja masih perlu dimasakin… But anyway, gak ada kata terlambat buat belajar jadilah saya mengulang lagi melihat proses membersihkan ikan.

Ikan jarang jadi makanan favorit karena bau amis yang mengganggu. Jadi, saya menanyakan kepada mama bagaimana sih caranya menghilangkan bau amis tersebut? 

Karena kalau hanya diterangkan tanpa visualisasi agak-agak susah ya jadilah hari Minggu lalu special beli ikan gurame dan pelajaran dimulai.


Beli ikan gurame yang fresh, yang kata sadisnya… tentukan yang mana yang saya mau untuk disudahi kehidupannya dan bakal jadi makanan… (doyan makan tapi ya gitu… sok gak tega). Minta bapak pedagang yang baik hati dan tidak galak untuk :
- membersihkan sisik (tapi jangan sampai rusak bagian kulitnya) 
- Membersihkan bagian dalam ikan gurame, tapi kalau ada telurnya jangan sampai ikut dikeluarkan (makanya minta ke pak penjual dengan raut wajah semanis mungkin) . 
Terserah selera masing-masing, mau dipotong jadi dua bagian atau tiga bagian.





Ikan direndam dalam air yang sudah dicampur dengan garam, sekitar lima menit.





Setelah lima menit, bersihkan lagi sisik ikan yang masih tersisa. Bersihinnya kalem aja, jangan pakai esmosi. Kemudian buat irisan pada ikan gurame tersebut. 




Ganti air rendaman dengan yang baru, tetap direndam garam secukupnya. Mau pakai garam biasa boleh, tapi mama maunya kali ini dengan garam gurih. Dan rendaman air yang ini disertai dengan perasan jeruk nipis atau lemon juga boleh. Jika air perasannya sudah banyak, cukup gunakan satu saja. Fungsinya adalah menghilangkan bau amis dari ikan tersebut. 



Panaskan minyak goreng dan goreng deh ikan gurame tersebut.


Ikan gurame goreng ala emak



Kebiasaan mama saya begitu ikan gurame matang, langsung disiram perasan jeruk nipis atau lemon lagi. Dan pada jaman ketika kami masih lebih muda dan gak rentan-rentan amat sama penyakit, kami akan mengolesi ikan goreng yang masih panas itu dengan mentega. Menteganya akan lumer pastinya di ikan goreng tersebut dan bikin rasanya tambah uenak.

Sambal goreng ala emak


Sekarang? Pakai sambal saja sudah pasti tambah enak kok… Resep bikin sambal goreng bisa dicek di sini


Ohya, bagi yang tidak terlalu suka dengan jeruk nipis atau lemon, mungkin setelah kelar digoreng bisa saja tidak menggunakannya. Tapi sebaiknya sih tetap pakai, walau mungkin tidak sebanjir yang biasanya disukai oleh mama saya. 

4 komentar:

  1. Saya paling males masak ikan di rumah. Baunya nggak hilang-hilang sampai seharian. Kalau mau ikan, ya makan di luar, deh... Btw, nampak enak tuh makanannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahaha, memang ribet sih... apalagi ikan mas... hadehh....

      Hapus
  2. Lah kok samaan yaa .. hahaha .. aku tuh ngga tega kalau disuruh membunuh hewan apapun.
    Lihat saat prosesnya saja langsung ngga doyan makannya, ngga tega karena kebayang-bayang.

    Betul tuh direndam air jeruk nipis biar hilang bau amisnya.
    Ditambahi racikan daun jeruk juga lebih wangi nantinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah, tambahin daun jeruk juga ya... noted :) will try that ^_^

      Hapus

Thank you for reading and comments.
FYI, SPAM comments will be deleted

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.