Blog berisi curhatan si lajang

Kamis, 26 Oktober 2023

5 Makanan Khas Natal yang Kerap Menghiasi Meja Pesta

Christmas candle

Hari Natal adalah waktu yang istimewa, di mana keluarga dan teman-teman berkumpul untuk merayakan bersama. Dan yang namanya perayaan, maka gak bisa dilupakan salah satu hal yang tak kalah penting setelah ibadah. Yaituuu hidangan lezat yang menghiasi meja makan saat perayaan Natal. Berikut adalah lima makanan khas Natal yang sering menjadi bintang dalam perayaan ini:


1. Kalkun Panggang

Kalkun panggang adalah simbol klasik Natal di banyak rumah di seluruh dunia. Daging kalkun yang lembut, dipadu dengan berbagai rempah dan bumbu, menjadi hidangan utama yang sangat dinantikan. Kalkun dipanggang dengan cermat hingga kulitnya kecokelatan dan dagingnya empuk. Tapi kalau di Indonesia, mungkin akan lebih familiar menggunakan daging ayam, ya?


2. Puding Natal

Puding Natal adalah hidangan penutup khas yang memukau banyak orang. Terdiri dari berbagai buah kering, campuran rempah-rempah, dan bahan-bahan mewah lainnya, puding Natal sering disajikan dengan saus krim atau saus vanili. Rasanya yang kaya dan teksturnya yang lembut menjadikannya pilihan penutup yang sempurna untuk Natal.


3. Kue Stollen

Kue Stollen adalah roti manis khas Jerman yang menjadi favorit di musim Natal. Diperkaya dengan berbagai buah kering, almond, dan rempah-rempah, kue ini sering ditaburi gula bubuk untuk memberikan sentuhan manis ekstra. Kue Stollen memiliki cita rasa yang kaya dan tekstur yang lembut.


4. Puding Kentang Manis

Puding kentang manis adalah hidangan unik yang sering ditemui di meja Natal di Amerika Serikat. Dibuat dengan campuran kentang manis, gula, mentega, dan rempah-rempah, puding ini memberikan sentuhan manis dan gurih yang tak terlupakan.


5. Panettone

Panettone adalah roti manis asal Italia yang kaya dengan buah-buahan kering dan kulit jeruk. Roti ini memiliki tekstur ringan dan rasa yang lezat. Biasanya disajikan dengan secangkir cokelat panas atau kopi, Panettone membuat hidangan sarapan Natal yang istimewa.


Studiokado hampers Natal
Hampers Natal

Tidak ada yang bisa membangkitkan semangat Natal seperti makanan khas yang lezat dan memberikan kenangan yang tak terlupakan. Apakah Anda memilih kalkun panggang yang meriah atau puding kentang manis yang lembut, setiap hidangan khas Natal memiliki keunikan dan kelezatannya sendiri.  Harapan saya, semoga artikel ini memberikan inspirasi untuk memasak hidangan khas Natal yang tak terlupakan!

Bicara soal perayaan Natal, tentu tidak lepas dari saling memberi kado atau hampers Natal, bukan? Baik itu untuk sahabat, rekan kerja, atau keluarga terdekat, memberikan kado atau hampers Natal sudah mulai menjadi tradisi dalam mempererat silaturahmi sekaligus menunjukkan rasa cinta kepada orang-orang terdekat dan juga yang kita sayangi.

Studiokado sebagai penyedia hampers dan kado yang sudah berpengalaman bertahun-tahun, menyediakan beragam pilihan hampers natal yang elegan dan eksklusif, cocok untuk dijadikan hampers natal untuk keluarga ataupun dijadikan sebagai hampers natal dari perusahaan kepada client-client.

Yuk, pesan online sekarang juga hampers natal yang eksklusif dan mewah hanya di Studiokado! Pesan di sini ya. 

22 komentar:

  1. Kalau di rumahku, hidangan Natal sama dengan hidangan Lebaran. Khusus ketupatnya ganti sama nasi. Sama es bul-bul (buah yang dibuat bulat-bulat). Jadinya hidangan hari raya khas masa kecil :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dulu mama suka masak babi dengan kacang merah, dan krn aku justru gak terlalu doyan, dimasakin ayam dan gurame bakar dengan sambal bawang :)))) Yang khas Natal justru kue2 kering dan kacang gorengnyaaa... sama kadonya juga

      Hapus
  2. Wah hampersnya menarik nih. Bisa jadi pertimbangan buat beli kado natal. Nice info.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sudah ada pilihannya, mau yang bagaimana, dan juga bisa disesuaikan sama budget

      Hapus
  3. Padahal tadinya aku mau traveling pas natal Dec ini Ama temen2. Biar bisa ngerasain suasana natal di negara lain . Tapi ga rezeki . Terpaksa awal Januari juga.🤣 . THN depan deh semoga bisa ngerayain white christmas di Jeju planningnya. 😄. Walo aku ga rayain natal, tapi selalu penasaran aja Ama suasananya mba. Termasuk kuliner2 yg dihidangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duluuu bgt pernah ngerasain Natal di Singapore. Berasa suasananya lbh seru krn mall2 di Jkt blm sebanyak skrg. Bisa dengerin paduan suara di toko buku, di jalan, rasanya seru aja. Kl skrg sih mall di sini udah seru jg suasananya.

      Hapus
  4. Di rumahku jarang ada hidangan khas sih kalo pas lagi libur natal. Tapi kalo natal tuh, aku selalu teringat sama film mr bean, hehehe. Yang episode natalnya tuh, ada momen pas si mr. beannya masak kalkun, sampe kepalanya masuk ke dalem kalkun wkwkwk
    Nah, sampe sekarang aku penasaran banget gimana sih rasanya kalkun yak. Apalagi yang ukurannya jumbo macem gitu. Mungkin natal tahun ini aku mau coba ah.. biar sekalian nostalgia juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau aku sih gak pernah bisa lupa sama Home Alone :))) dari yg suka smp bosen krn film itu terlalu sering nongol di tv. tp pas gak ada, dicari juga.
      Sama dong, aku jg gak pernah makan kalkun, dan agak penasaran juga sih rasanya kayak apa

      Hapus
  5. Wah coba da gambarnya kak. Aku blm tau bentuknya kue stollen dan panettone seperti apa. Btw thanks artikelnya jadi nambah pengetahuan nih ttg kue2 khas natal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku kurang berani post gambar2 yg bukan dari foto sendiri. ada banyak kok informasinya di situs berita (soalnya sempet browsing juga dan pas liat...ooo yang ini kuenya. sering lihat tp gak tau nama)

      Hapus
  6. Wahh penasaran kalau kentang manis dibikin kue kayak apa? Blm pernah diundang ke Christmas party sih kak jadi kukira makannya ya kue kering ama makanan berat aja. Ternyata banyak kue lain ya.

    Eh kalau kalkun jadi kayak pas thanksgiving ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Christmas party jg tergantung masing2 daerah dan keluarga dan budget sih ... heheheh... Tapi memang biasanya ada menu2 tertentu yg pasti ada. Aku jg gak pernah makan kalkun dan kelg jg gak terbiasa menyediakannya. Kalkun bisa jg utk hidangan Natal di Inggris, misalnya.

      Hapus
  7. Sama kayak lebaran ya, banyak hidangan khasnya juga ternyata untuk merayakan natal. Sepertinya tradisi tukar kado ini emang kental banget sama perayaan natal, sekarang nggak usah bingung lagi kalo mau cari kado natal, tinggal cus ke StudioKado.

    BalasHapus
  8. penasaran sama kue stollen mba
    kue natal ini banyak juga ya yang jadi ciri khasnya
    apalagi kalau liat film film Hollywood untuk serial natal, kalkun selalu nggak ketinggalan ya
    Unik juga sih kalau ada kalkun

    BalasHapus
  9. Kalo di keluargaku hidangan wajib pas natalan itu macaroni schotel hehe. Ini resep andalan seluruh keluarga besar papaku (yg natalan soalnya keluarga papa). Aku yg gak bisa masak ini aja kalo suruh bikin menu yg satu itu bisa² aja, kayak udah mendarahdaging gitu wkwk

    BalasHapus
  10. Desember mulai diambang pintu yaa rasanya aura Natal makin kental, suka kalau ke mal banyak hiasan dekorasi Natal yang cantik. Penasaran dengan roti panettone

    BalasHapus
  11. Memasuki Desember biasanya aneka pernak-pernik natalan memenuhi supermarket dan pusat perbelanjaan, dan ternyata ada makanan khas nya juga ya..kalkun jadi inget di film-film series Natalan deh

    BalasHapus
  12. Suasana yang dirindukan yaa, ka Ria.
    Karena kini sudah boleh berkumpul kembali, pastinya jauh menjadi lebih khidmat dan sukacita karena ada beberapa ibadah dan kumpul bersama saat perayaan Natal.

    BalasHapus
  13. Tidak terasa sebentar lagi sudah mau Natal ya Otomatis persiapan harus komplit supaya perayaan natal menjadi semakin meriah dan bahagia kue-kue juga harus banyak dong karena akan ada tanah saudara yang datang

    BalasHapus
  14. Wah iya ya, sebentar lagi udah mau natalan, dan dari baca artikel ini saya baru tahu menu-menu apa saja yang biasa jadi khas hidangan natal. Jadi penasaran juga dengan menu puding natalnya.

    BalasHapus
  15. Wah kebetulan rada rada asing dengan hidangan khas natal ini, kalau ada gambarnya bis ajaid lebih tahu niy Kak, penaaran dengan bentukan makanannya auto nyari di inet dan nanya ke beberapa teman yang merayakan

    BalasHapus
  16. Mantap enak enak ya hehe, uda prepare nih rupanya karena bulan depan gak lama lagikan yaaa ga...untung sekarang sudah banyak yang prtaktis tinggal beli dateng sendiri hihi.

    BalasHapus

Thank you for reading and comments.
Comments will be screened first.

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.