Blog berisi curhatan si lajang

Senin, 11 Mei 2020

#DIRUMAHAJA Bikin Sambel Goreng

Sambal goreng ala ibu Laura

Walau saya hanya doyan makan, tapi ada satu yang ingin saya bikin sendiri, belajar dari mama. Tidak lain tidak bukan adalah bikin sambal goreng. Pernah saya coba bikin bareng mama tapi sudah lima tahun lalu kalau liat postingan sendiri di blog. 

1/4 kg rawit merah dan hijau


Jadilah saya beli 1/4 kg cabe rawit merah campur dengan rawit hijau. Ohya, menurut mama, tidak ada urutan yang spesifik untuk masak sambal goreng ini. Bumbu-bumbu pendampingnya pun disesuaikan dengan selera masing-masing. Pastinya, ia menyarankan agar cabe tidak diulek sampai hancur seperti diblender karena rasanya akan berbeda.

Bahan-bahannya:
Cabe rawit merah dan hijau
Bawang merah dan putih
Jahe
Garam
Gula
Jeruk nipis


bawang merah, bawang putih, jahe, garam, gula sedikit (bisa belakangan)


Karena cobeknya kecil maka saya ulek dulu bawang merah dan putih serta jahe dan garam. Biasanya bawang merahnya lebih banyak daripada bawang putih. 

bawang, jahe, garam setelah diulek


Sisihkan bawang merah dan putih serta jahe yang sebelumnya sudah diulek ke wadah lain. Mau dilanjutkan ngulek cabe rawit merah juga boleh.


ulek cabe


Ulek rawit merah, tidak perlu sampai hancur. Kalau boleh aku sarankan, pake pelindung tangan... hahahahha... karena lontaran biji cabenya ke tangan itu akan berasa beberapa jam kemudian.

Gula pasir bisa ditambahkan sekarang, ukuran terserah


Pindahkan cabe rawit merah yang sudah diulek, dicampur dengan bawang merah dan putih serta jahe. Setelah itu ditambahkan gula 1/3 sendok makan. Lalu lanjutkan tugas anda untuk ulek cabe rawit hijau.


Mulai ulek rawit hijau


Cabe rawit hijau juga diulek ya man teman, dan disarankan agar jangan sampai hancur banget ulekannya. Kalau cobeknya besar sih bisa sekaligus dicampur dengan ulekan yang pertama. Tapi mau dipisah-pisah juga tidak akan mengurangi rasanya kok. 


Ulek bareng tomat dan rawit hijau

Tambahkan tomat untuk diulek bareng dengan cabe rawit hijau. Saya pakai dua tomat, mau pakai lebih sedikit juga boleh. Kalau kebanyakan tomatnya bakal jadi saos tomat yang pedes jadi jumlah tomat tidak perlu saingan dengan cabe rawit.




Hasil ulekan rawit hijau dan tomat dipindah ke wadah lalu siram dengan jeruk nipis



Pindahkan ulekan cabai rawit hijau dan tomat ke wadah lain dan peresin jeruk nipis, kami pakai dua jeruk nipis dengan ukuran seperti yang di foto ya. 

cabe yang belum dimasak


Sudah siap tumis deh dua adonan (dikira kue kali) ini. 


Tumis cabe rawit


Panaskan minyak goreng, kalau ada minyak jelantah campurkan saja. Tapi minyak jelantahnya jangan yang kotor ya. Tumis terus sampai kamu sudah bersin-bersin dan kepedesan cium aroma sambal gorengnya.

Kalau ada yang kurang jelas (ehm) boleh DM saya nanti pertanyaannya disampaikan ke emak sebagai pemilik resep. Kalau pada nanya ini namanya sambel apa? SAMBAL GORENG ALA IBU LAURA... heheheh

Sambalnya kalau belum habis, ya langsung simpan di kulkas dan tinggal dipanaskan lagi kalau mau makan. Karena saya hanya makan sedikit, biasanya saya campur saja di nasi panas dan lumer deh tuh sambel... 

Selamat menikmati ya. 

2 komentar:

  1. Gampang banget kelihatannya. Mau bikin ah..

    Btw aku juga kalau bikin sambel ga pernah pake blender. Rasanya beda. Masak apapun yg butuh ngulek bumbu, aku ulek sendiri aja.

    BalasHapus

Thank you for reading and comments.
FYI, SPAM comments will be deleted

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.