Blog berisi curhatan si lajang

Rabu, 20 Mei 2020

Aktivitas Terbaik Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental



Kesehatan tubuh dan pikiran keduanya memiliki keterkaitan yang tidak dapat dipisahkan, Anda mungkin memiliki tubuh yang sehat karena sering berolahraga dan makan sehat dengan teratur.

Namun, sudahkah pikiran Anda memiliki kesehatan mental? Untuk itu berikut aktivitas terbaik untuk meningkatkan kesehatan mental. Yuk simak ulasannya.

Aktivitas Terbaik Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental

Kesehatan mental dapat tetap terjaga dengan melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi tubuh. Berikut aktivitas terbaik untuk meningkatkan kesehatan mental yang bisa dicoba:

1. Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat seperti olahraga, tidak merokok, menjaga asupan nutrisi dan diet sehat, tidak hanya penting untuk kesehatan fisik, tetapi juga memiliki keterkaitan langsung dengan kesehatan mental. Olahraga dapat mengaktifkan hormon endorfin di dalam tubuh yang dapat meningkatkan suasana hati.

Kelebihan konsumsi gula, lemak, dan makanan tidak sehat lainnya telah dikaitkan dengan peningkatan risiko depresi. Karenanya, sangat penting untuk menjaga gaya hidup sehat sehingga dapat membantu terhindar dari gangguan kesehatan mental.

2. Selalu Bersyukur

Salah satu aktivitas terbaik sederhana yang bisa membantu  meningkatkan kesehatan mental adalah dengan menjadikan rasa syukur sebagai kebutuhan hidup. Buatlah catatan harian sebelum tidur, catat setiap pengalaman positif yang Anda miliki hari itu, sekecil apa pun tulislah. 

Hal ini sebagai pengingat untuk mengingat orang-orang yang ada dalam hidup kita bahwa kita telah menerima bantuan dari mereka. Rasa syukur akan meningkatkan optimisme dan kesehatan mental menjadi semakin baik.

3. Istirahat Cukup

Istirahat yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan mental. Banyak orang yang mulai menunjukkan gejala gangguan mental ketika mereka kurang tidur. Karena itu, tidur sangat dibutuhkan sebagai bentuk memulihkan, baik bagi tubuh maupun pikiran.

Jika mulai mengalami kesulitan tidur, mulailah lakukan hal-hal yang bisa membantu tidur lebih nyenyak. Misalnya dengan mandi sebelum tidur, mematikan lampu kamar, mematikan ponsel, mendengarkan musik dan sebagainya. Namun, bila masih tidak bisa, lakukan konsultasi di Halodoc sehingga dokter dapat meresepkan obat yang bisa membantu Anda.

4. Berdamai dengan Diri

Jika selalu mengalami perasaan gelisah, cemas berlebih dan takut, cobalah untuk meletakkan ponsel Anda, putuskan sambungan koneksi dari lingkaran media sosial maupun dunia nyata, dan cobalah terhubung dengan batin Anda sendiri. 

Setelah itu, cari tempat kosong di rumah  yang  tanpa gangguan apapun agar bisa melakukan yoga atau meditasi setenang mungkin. Melalui cara ini akan membantu terkoneksi dan merasakan apa yang dirasakan oleh batin Anda. 

Saat fokus yoga sudah terkumpul katakan pada hati “diriku aku meminta maaf, terima kasih dan aku mencintaimu”. Cara ini berasal dari Huawei dan sangat ampuh untuk proses berdamai dengan diri sendiri. Ingatlah bahwa langkah pertama untuk mencegah gangguan kesehatan mental adalah berdamai dengan diri sendiri.

5. Asupan Cairan Tercukupi

Hampir semua masalah kesehatan dapat diselesaikan dengan cairan tubuh yang terpenuhi, dan hal ini juga berlaku untuk kesehatan mental. Dari masalah kulit dan rambut hingga gangguan kesehatan yang serius, dapat dicegah dengan cairan yang terpenuhi.

Penelitian pun telah menunjukkan efek signifikan hidrasi pada kesehatan mental dan suasana hati. Karena itu, usahakan agar cairan tubuh selalu terpenuhi sepanjang hari dengan minum air 8 gelas sehari, untuk menjaga tubuh dan pikiran tetap sehat.

Begitulah berbagai aktivitas untuk meningkatkan kesehatan mental yang baik untuk dilakukan. Semoga dengan berbagai tips di atas, dapat dilakukan demi kesehatan mental kita semua tetap terjaga.

6 komentar:

  1. Bener banget ini. Aku kalau kurang tidur jadi suka emosi melulu ke anak-anak. Ternyata memang ada hubungannya, yaa..

    Dan minum. Ah iya, aku baru menyadari manfaat minum yang cukup ternyata bisa mempengaruhi suasana hati.

    Thank you, Mbak Ria untuk catatannya..

    BalasHapus
  2. Berdamai dengan diri itu yg pentiiiing cintaaaahhh

    Mau semua asupan terjaga, diet bagus kl ga bisa damai dg diri sendiri ya kanker juga 😆😆

    BalasHapus
  3. Iya mbak aku sepakat banget semua tipsnya, berdamai dengan diri sendiri juga penting biar sehat lahir dan batin

    BalasHapus
  4. Catatannya lengkap sekali, Mbak 💕

    Ternyata semuanya berkaitan ya antara satu hal dengan yang lainnya.

    BalasHapus
  5. Kelihatannya sepele ya soal asupan air, tapi ternyata ngaruh ke kesehatan mental juga...

    BalasHapus
  6. Aku merasa sejak masa pandemi ini kesehatan mentalku kurang stabil. Jadi gampang stres karena overthinking, makan dan tidur berlebihan. Kayanya konsultasi ke Psikolog klinis lewat HaloDoc bisa membantu ya?

    BalasHapus

FYI, all spam comments will be deleted.

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.

Flag Counter

Flag Counter