Selasa, 06 Februari 2018

Coating Body Mobil Agar Cat Mobil Tahan Gores

Memiliki mobil kesayangan pastinya Anda tak ingin cat sebagai lapisan paling luar dari mobil tergores atau tersayat akibat kecelakaan ataupun ketidaksengajaan saat parkir. Cat mobil yang bisa menjadi ciri dari mobil Anda termasuk rapuh karena baretan menggunakan kuku saja bisa mengakibatkan goresan yang sulit dihilangkan atau ditutupi. Akan fatal apabila goresan tersebut mengenai bagian dalam cat sehingga mengelupas cat. Untuk itu penanganannya cukup mahal karena Anda harus mencat ulang bagian yang tergores untuk menyamakan warnanya.

Biaya pengecatan ulang untuk mobil termasuk mahal tergantung dari banyaknya bagian yang harus dicat ulang. Namun meski sedikit goresan tetapi yang dicat ulang akan lebih luas untuk menyamarkan warnanya. Selain kerugian biaya, kerugian waktu pastinya akan Anda derita karena mengecat ulang membutuhkan waktu tertentu sehingga mobil belum bisa digunakan. Untuk menanggulangi hal tersebut dan agar cat mobil Anda lebih awet, ada tips yang bisa Anda lakukan yaitu melapisi body dengan proses coating.


Proses coating adalah proses pemberian lapisan luar untuk cat mobil Anda sehingga cat asli terlindungi dari berbagai macam kotoran bahkan air. Dengan coating, cat mobil Anda akan tetap terlihat mengkilap, tidak kusam dan enak dipandang. Proses ini memiliki harga jasa yang sebanding dengan pengecatan ulang. Namun prosesnya ditujukan untuk pencegahan dan menambah estetika sehingga bisa Anda nikmati lebih lama. Adapun harga dari coating mobil cukup bervariasi tergantung dari dimensi mobil. Kisarannya adalah di atas Rp. 3 jutaan untuk mobil kecil seperti city car. Sedangkan untuk MPV besar harga coating bisa mencapai Rp. 5 jutaan.

Meski ada budget yang cukup besar untuk bisa melakukan coating, namun proses ini akan memberikan manfaat yang besar pada mobil Anda. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang akan Anda miliki ketika mobil sudah diberi lapisan coating:

1. Water repellent.
Tetesan air pada permukaan cat akan mengakibatkan jamur jika tak segera dikeringkan. Namun untuk mobil dengan coating permukaannya seperti memiliki lapisan yang bisa membuat tetesan air langsung jatuh tergelincir sehingga tidak menggenang dalam waktu lama dan meninggalkan jamur.

2. Anti gores.
Dengan lapisan coating, cat Anda bukan lagi menjadi lapisan teratas sehingga terlindungi apabila terjadi goresan yang terkena adalah bagian coating. Sedangkan bagian coating sendiri merupakan lapisan yang tak mudah tergores sehingga membuat permukaan mobil Anda lebih awet.

Proses coating merupakan proses yang dianjurkan jika Anda ingin memiliki tampilan mobil yang mengkilap dan tahan lama. Namun untuk melakukannya, mobil harus diistirahatkan selama 2 hari setelah proses coating agar lem bisa bekerja secara maksimal. Proses coating sendiri akan memakan waktu antara 6 hingga 8 jam tergantung dari dimensi mobil.

2 komentar:

  1. nah ini aku banyak goresan terakhir nabrak pager bemper belakang abis sedih rasanya hahaha...pengen cobain ntar setelah di cat ulang pgn cobain di coating duh kudu nabung kencenggggg :D

    BalasHapus
  2. ini memang solusi paling oke yaaa mbaaa..biar mobil tetep kinclong

    BalasHapus

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.

Flag Counter

Flag Counter