Blog berisi curhatan si lajang

Jumat, 16 Oktober 2020

#LATEPOST FOTO-FOTO TAK JELAS


Saya termasuk yang paling jarang jalan-jalan, apalagi ke luar negeri. Karena saking jarangnya jalan-jalan, saya jadi gak kepikiran mau bawa baju apa, mau foto-foto bagaimana... Yang terpikir, senang saja akhirnya bisa sampai ke tujuan wisata. Yang akibatnya, bukan saja saya yang fotonya banyakan gak beres tapi bahkan foto tempat wisatanya pun gak jelas. Maksudnya adalah gak jelas sebenarnya apa sih yang mau saya foto? Contohnya foto yang tampil pertama di postingan ini... Sebenarnya saya ingin agar nama tempatnya yang terlihat atau penampakan sayanya?

Berikut contoh-contoh foto gak jelas yang kalau dilihat lagi hanya bisa bikin nyengir karena tidak akan mungkin bisa ke sana lagi dalam waktu dekat apalagi tengah pandemi seperti sekarang.



Pesan yang tak sampai

Hidup ini ribet maaaang... terkadang mulus, kadang kusut, sama seperti kabel listrik yang ada di foto ini. Sebenarnya kalau saya mau agak susah sedikit, mungkin pengambilan fotonya bisa rada-rada estetik. Atau fokus ke yang mana sih yang mau saya ambil? Yang ingin saya jadikan cerita bagi yang melihat foto tersebut kalau ternyata kekusutan hidup itu universal?

Pesannya gak sampai, buang-buang waktu dan pastinya ngabisin storage di komputer. 



FOKUSNYA DI?

Setiap kali saya melihat foto ini, asli sebelnya ampun-ampunan. Sebenarnya saya mau foto apa'an sih? Keramaian pengunjung? Berapa koin yang ada di dasar kolam? Apa gak mendingan sekalian saya foto dari yang agak jauhan biar dapat semua? Kesel kan?



BLUR

Ini derita setiap orang sih sebenarnya, karena mau buru-buru ambil foto tapi hasilnya sudah gak beres, dan sama sekali tidak bisa memberikan gambaran mengenai obyek foto. Padahal kesempatan tidak datang dua kali. 



BLUR part 2

Cuaca terkadang sama kayak hati, tidak bisa diduga. Pagi cerah eh siangnya hujan badai, atau sebaliknya. Tapi saat saya sedang outing kantor ke Belitung memang lagi apes. Pas kami sampai sih cuaca cerah, namun hari kedua pada saat jadwal jalan-jalan justru sedang padat eh malah hujan. Akibatnya kamera handphone menjadi basah dan berembun, tapi lupa saya bersihkan. Akibatnya hasil fotonya jadi berembun plus blur gak jelas. Jadi harus ingat-ingat untuk membersihkan lensa kamera handphone, apalagi saat cuaca sedang tidak bersahabat. 



BLUR part 3

Ini lebih tragis lagi, mau sok blur yang estetik tapi obyek fotonya gak jelas. Dengan kamera digital memang sih foto jelek bisa langsung hapus. Tapi sekarang kalau dipikir-pikir, sebaiknya latihan terlebih dahulu kalau memang mau mengambil foto yang rada artistik begitu lah. Dan kalau dipikir-pikir lagi (saya mah kebanyakan mikir, ceunah), lagi tour dan terburu-buru, ya kali sempet ambil foto yang bagus dalam waktu singkat? Sementara fotografer handal pun kalau foto bisa ribuan kali tapi yang bagus cuma satu saja. 


Jadi nih teman-teman, selagi masa pandemik yang membuat kita mengurungkan niat untuk jalan-jalan, sebaiknya berlatih foto-foto sedari sekarang. Ini tentunya bagi teman-teman yang banci foto kayak saya atau selalu ingin punya kenang-kenangan saat jalan-jalan. Jadi gak nyesek, setelah acara usai dan melihat lagi foto-fotonya terus meringis... kok gak beres semua siiiih fotonyaaa....

6 komentar:

  1. Tapi mba Ria foto2 yang menurut mba Ria gak jelas itu, masih disimpan ya? kalo saya udah saya delete hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes, untung kan disimpen... jadi bisa buat bahan postingan :))))

      Hapus
  2. Hahhaha, kak maapkeun aku mau ketawa dulu ya. Judulnya menggoda banget, foto2 tak jelas.
    Ini foto2 kak ria sendiri yg ngambil? aku kalau abis liburan gitu, foto2 yg double atau agak absurd lgsg aku hapus biar memory ga penuh, etapi justru foto2 ga jelaspun bisa jd bahan postingan ya kak, nice idea.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau yang blur dan absurd parah, biasanya aku langsung hapus. Tapi ada beberapa yang memang aku biarkan saja, apalagi kl gak ada foto lain yg jelas. Kyk foto waffle itu, aku gak punya foto yang bagusnya sama sekali, jadi ya buat kenang2an terpaksa aku biarkan saja

      Hapus
  3. Hahahahahah ini akupun seriiiiing mengalami. Aku jg ga pinter motret mba. Apalagi foto2 traveling zaman pacaran Ama pak suami, yg kami ke Eropa ,manalah pake blackberry ngambilnya, trus ga simetris , kdg blur yaelaaahhhh. Kayak Eropa Deket aja, bisa didatangin kapan2 gitu hahahahaha.

    Sebeeel bgt kalo liat hasilny. Makany aku msh pgn bisa kesana lagi utk ngulang semua moment mba :D. Kalo skr sih, blm pinter juga ambil foto. Tp setidaknya aku usahain utk ambil secara lurus dan jelas. Mau gelap ga msalah. Itu bisa diedit kalo pencahayaan nya :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. benerrr! mending gelap loh, daripada gak sengaja kepencet trus pencahayaannya jd terang banget... itu malah lebih gagal maning...
      Semoga kita semua dapat kesempatan lagi lah ya, udah gak mudah juga skrg kan utk jalan2 ke luar negeri, helowww, dlm negeri aja deg2 serrr...

      Hapus

Thank you for reading and comments.
Comments will be screened first.

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.