Selasa, 17 Juli 2018

Dream Vacation To Banjarmasin

Sumber: WisataBanjarmasin
Sudah lama saya menyimpan keinginan untuk mengunjungi Banjarmasin. Jadi, yang selalu saya stalking sekarang bukan gosip artis melainkan tiket promo ke sana. Kalian mungkin bertanya-tanya, dari sekian banyak destinasi lain yang bisa dikunjungi ke Kalimantan, mengapa harus kota ini? Ada banyak tempat pariwisata yang terkenal antara lain di Kalimantan Timur yang terkenal dengan keindahan pantai dan teluk-teluknya. Atau ke salah satu kota pecinan terkenal yang ada di Kalimantan barat. Why this city, Banjarmasin?



Jawabannya adalah tidak lain karena saya penasaran dengan cerita seorang teman yang sudah berkunjung ke sana. Apalagi ketika ia memberitahukan saya bahwa ia kesampaian ke sana karena mendapat tiket promo ke Banjarmasin. Kedua hal ini yang membuat saya langsung tertarik dan walau belum bisa menentukan kapan akan ke sana karena kesibukan pekerjaan, berburu tiket promo pun dimulai.

Sebenarnya, satu-satunya hal unik yang saya tahu dari ibu kota Kalimantan Selatan itu adalah pasar terapungnya. Ingat kan, beberapa tahun lalu ada sebuah stasiun televisi swasta yang menggambarkan suasana pasar terapung dan berakhir dengan acungan jempol seorang pedagang wanita lanjut usia? He he. Tapi ternyata, Banjarmasin punya lebih dari sekadar pasar terapung. Setidaknya, tiga tempat berikut sepertinya dapat membuat saya benar-benar menikmati waktu selagi di kota tersebut.


Pasar Terapung Siring Martapura

Sumber: WisataBanjarmasin

Tentu saja, destinasi yang ada di dalam daftar wajib kunjung nomor satu adalah pasar terapung. Saya merencanakan untuk berkunjung ke Pasar Terapung Siring Martapura karena lokasinya yang berada di tengah kota. Menurut teman saya, jumlah pedagangnya tidak terlalu memenuhi sungai seperti yang saya lihat di iklan televisi tersebut, tetapi foto-foto dan cerita kunjungan tersebut cukup menambah rasa penasaran saya. 
Di pasar ini, pembeli tidak harus menggunakan jukung jika ingin bertransaksi dengan pedagang. Pasalnya, kapal-kapal pedagang tersebut sudah bersandar di tepian sehingga pembeli hanya perlu berdiri di atas semacam titian bambu. Ohya, bagi yang bertanya-tanya apakah jukung itu, seperti yang saya kutip dari Wikipedia, jukung adalah sejenis perahu tradisional di Indonesia. Yang menjadi ciri khas perahu ini terletak pada teknik pembuatannya yang bertahan dengan sistem pembakaran pada rongga batang kayu bulat yang akan dibuat menjadi jukung.

Pasar terapung ini berada di atas Sungai Martapura. Sebenarnya jika ingin ke pasar terapung yang lebih terkenal dan bersejarah, saya semestinya mengunjungi Pasar Terapung Kuin di Sungai Barito. Usia pasar tersebut sudah lebih dari lima abad dan menjadi salah satu pasar tertua di Indonesia. Saya simpan dulu tempat ini di catatan dan berdoa semoga ada rejeki dan waktu luang di lain hari untuk ke sana. 


Menara Pandang Sungai Martapura
Sumber: WisataBanjarmasin

Tidak jauh dari Pasar Terapung Siring Martapura, ada satu obyek wisata menarik yang kini telah menjadi bagian dari ikon Kota Banjarmasin. Namanya Menara Pandang. Bangunan yang cukup bergaya modern ini menjulang setinggi 21 meter dan terbagi atas empat lantai.
Sesuai namanya, menara ini memang tempat yang indah untuk melihat pemandangan dari atas. Selain memperlihatkan lanskap kota, Menara Pandang juga memberi akses menjelajahi pemandangan Sungai Martapura. Pemandangan akan terlihat lebih indah saat berada saat berada di bawah guyuran matahari senja.
Tidak ada biaya masuk yang dikenakan. Menurut informasi yang saya dapat, Menara Pandang buka setiap hari. Untuk Senin-Jumat, pengunjung bisa singgah mulai pukul 10.00 sampai 21.00 WITA. Sementara pada hari Sabtu dan Minggu, jam bukanya lebih lama.


Bukit Rimpi Pelaihari
Sumber: IndonesiaKaya

Teman saya tersebut memberitahu bahwa di kawasan timur Banjarmasin terdapat bukit hijau yang cantik menyerupai bukit yang ada kartun Teletubbies. Bukit Rimpi namanya. Walau jarak tempuh yang harus dijalani cukup jauh tapi pemandangan yang terlihat akan menghilangkan rasa penat tersebut. Begitulah pendapat teman saya. Ia pun hanya mempunyai waktu libur yang singkat sehingga tiga tempat tersebutlah yang menjadi prioritasnya.


Selebihnya ia juga merekomendasikan tempat untuk menikmati kuliner lokal antara lain Rumah Makan Patin Hj. Husniah dan Soto Bang Amat.

Duh, saya jadi tambah ingin berkunjung ke sana. Jadilah sekarang saya lebih rajin mencari-cari tiket penerbangan di website Airy. Siapa tahu ada harga promo dari maskapai terbaik, seperti promo tiket pesawat Garuda Indonesia misalnya. Doakan ya saya bisa segera ke sana.


7 komentar:

  1. Iya nih Banjarmasin katanya udah banyak banget tempat wisatanya. Kalau saya penasaran sama pasar terapungnya, katanya sih ini cuman ada di Indonesia. Itu gimana transaksinya yah, apa harus naik perahu juga yah belinya.

    BalasHapus
  2. wah,baru tau ada tempat yang mirip bukit teletubies di Banjarmasin ...

    BalasHapus
  3. Keren-keren semua tempatnya ...

    BalasHapus
  4. Jika berkunjung ke Banjarmasin,saya akan singgah ke tempat-tempat tersebut.Terimakasih atas infonya ....

    BalasHapus
  5. Usia Pasar Terapung Kuin di sungai Barito sudah 5 abad.Dan sampai sekarang masih ada.Keren banget ...

    BalasHapus
  6. Menara Pandang Sungai Martapura bangunannya bergaya modern.Kita juga bisa melihat pemandangan dari atas.Menarik banget untuk dikunjungi ....

    BalasHapus
  7. iya bener mba kalau di iklan banyak banget dari kecil liat iklan itu suka berfikir cemana ku bisa beli tuh dagangan klo tunjungnya ditengah wkwkwk...ternyata eh ternyata yah mendingan cus lgsg ke Banjarmasinnya y mba

    BalasHapus

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.

Flag Counter

Flag Counter