Rabu, 24 Januari 2018

Tips Tampil Modis Dengan Baju Batik



Baju batik kini mulai umum dipakai masyarakat Indonesia. Saat ini, ada banyak inovasi dalam segi model. Jadi tak hanya desain formal, ada juga model casual serta kekinian. Produsen sengaja mengombinasikannya bersama bahan lain untuk menarik minat masyarakat. Alhasil, batik bisa dipakai pada segala situasi dan menjadi ciri khas bangsa.



Mau beli baju batik, tapi takut warnanya cepet pudar

Batik telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Saat kamu memakainya, rasa bangga pun muncul dalam dirimu. Namun, itu hanya berlaku jika busana yang kamu pakai tidak beladus dan selalu terlihat fresh. Nah perhatikan tips berikut supaya baju batik terlihat fresh:
Pastikan pencucian pertama dibilas menggunakan tangan. Pencucian pertama pada busana ini wajib dibilas pakai tangan. Tujuannya, menghindari sisa pewarna luntur pada cucian. Selain itu, agar kain tidak mengalami kerusakan.
Jangan gunakan detergen. Bagian paling penting dalam perawatan adalah jangan menggunakan detergen. Alasannya, detergen terlalu banyak menghasilkan busa yang bisa merusak tekstur serta warna. Sebagai penggantinya, kamu dapat menggunakan sampo. Zat aditif pada sampo tidak sekeras detergen. Atau sebagai alternatif, Anda bisa mencucinya menggunakan bahan-bahan alami, seperti menggunakan biji lerak.
Sebelum menjemur tak perlu diperas. Setelah selesai mencuci, tahap selanjutnya adalah menjemur baju. Nah untuk batik, sebelum dijemur jangan diperas ataupun dikeringkan menggunakan mesin cuci. Alasannya, proses tersebut dapat merusak bahan dan warna kain.
Jemur secara tepat. Ketika menjemur, jangan sampai busana kesayanganmu terkena sinar matahari langsung. Alasannya, hal ini akan mempercepat pemudaran warna. Jadi, cukup diangin-anginkan saja sampai kering.


Duh baju batik baru kok dipakai kaku ya? Bagaimana cara melemaskannya?

Tahu gak kenapa baju baru kamu kaku?
Pada dasarnya, batik diproduksi menggunakan berbagai bahan kimia. Bahan kimia dan pewarna akan mengendap pada baju. Untuk itu, ketika pencucian pertama kamu harus merendamnya dengan air hangat-hangat kuku, sambil dikucek perlahan. Usahakan suhu air berkisar 30 derajat celcius. Alasannya, supaya sisa-sisa bahan kimia serta pewarna pakaian mudah terurai dan tercuci dengan bersih.
Kalau masih terasa sedikit kaku, lakukan pencucian untuk kedua kalinya. Namun sebelum dicuci, rendam terlebih dahulu dengan air hangat selama 30 menit. Setelah itu baru dikucek menggunakan sabun mandi atau sampo lalu dijemur. Pasti deh pakaianmu akan lembut dan siap untuk dipakai.




Sudah terlanjur beli baju batik tapi takut “keliatan” kuno?

Kesan kuno atau jadul nggak akan muncul selama kombinasi busanamu tepat. Ketika mengenakan pakaian yang bermotif batik, kamu bisa melakukan hal-hal berikut ini agar tampil modern:

Mix and Match secara tepat. Untuk tampil kasual ketika memakai atasan batik, Anda dapat menggunakan bawahan berwarna pastel atau hitam. Selain itu, yang tak kalah penting adalah desainnya. Kamu bisa menjadikannya crop top contek ataupun boxy jaket. Perpaduan ini dijamin membuatmu tampak makin kekinian. Oh iya, saat menginginkannya sebagai bawahan, Anda bisa membuatnya dengan model lain. Misalnya, dijadikan sebagai celana kulot yang saat ini sedang ngetren.
Gunakan aksesoris. Kombinasikan aksesoris dengan baju polos, jadikan baju batik sebagai satu-satunya bagian paling mencolok dari busanamu. Biarkan dia menjadi pusat perhatian. Jika Anda menggunakan kalung, sepatu ataupun gelang, pilih warna senada supaya tampak serasi dan tidak membuatmu tampil berantakan.
Pakai batik custom kekinian. Nah,  ini merupakan hal penting yang harus Anda perhatikan. Jika menggunakan motif pasaran, kamu akan tampak biasa saja, bahkan jadul. Untuk itu, kamu perlu memakai batik custom yang sesuai dengan kreatifitasmu. Untuk membuat produk custom, kunjungi situs Qlapa.com. Situs ini merupakan tempat para pengrajin handmade membuat aneka barang berkualitas tinggi.



Buat mereka yang bertubuh size plus, ini lho inspirasi baju batik supaya tampil pede

Batik bisa membuat tubuh gemukmu tampak lebih langsing dan ramping lho. Simak deh tipsnya di bawah ini:
Pilih baju dengan motif kecil. Motif kecil menampilkan sensasi mungil dan imut dibandingkan dengan motif besar. Motif besar cenderung terlihat menumpuk.
Pilih model V-Neck. Model baju ini akan membuatmu terlihat lebih langsing karena bagian leher tidak terlihat secara keseluruhan. Dengan mengenakan model ini, kamu pun tampak lebih modern dan stylish.
Model baju lengan pendek dan tiga perempat. Model ini akan menampilkan bentuk tubuh yang lebih langsing karena lemak di bagian tangan akan tertutup dengan sempurna.
Pilih model kombinasi. Salah satu contoh model kombinasi lainnya yaitu model baju charlotte. Produk ini dijual salah seorang pengrajin handmade di situs Qlapa.com. Desainnya memberi kesan simple  dan elegan sehingga menjadikanmu tampak lebih langsing.




Kharismatik baju batik akan melekat kepada si pemakai, asalkan?
Memakai baju batik adalah salah satu upaya melestarikan warisan kebudayaan dan jati diri bangsa. Penampilanmu akan terlihat modis serta kharismatik selama kamu dapat membuat busanamu tetap terlihat fresh. Perhatikan baik-baik cara mencuci, menjemur, menyimpan dan mengombinasikannya dengan busana ini.

1 komentar:

  1. Pakai batik memang sekarang sedang jadi trend, model dan designya bagus-bagus ya

    BalasHapus

Thx for reading & comments :) THX also for following my IG @riamrt & twitter @riatumimomor

My Blog On Your Phone

My Blog On Your Phone
Download RiaTheChocolicious di PlayStore

Flag Counter

Flag Counter