Selasa, 08 Maret 2016

Berbagai Jenis Makanan Unik Di Indonesia

Keripik Teripang , sumber: Wikipedia, by Gunawan Kartapranata

Berburu makanan enak, adalah hal yang paling menyenangkan bagi sebagian orang yang menyukai dan gemar kuliner, setiap hari selalu ingin mencoba makanan atau masakan-masakan baru. Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan berbagai jenis kuliner makanan dan camilan snack unik . Silahkan deh menyimak informasi menarik berikut bagi kalian pencinta kuliner, yang dapat membuat ketagihan dan memberi kesan selalu rindu untuk tetap dikunjungi, terlebih lagi hanya ada di Indonesia:


1. Makanan yang dibuat dari bahan dasar sarang tawon atau lebah, berasal dari Jawa Timur yang menyebutnya sebagai Bothok Tawon, makanan ini mempunyai rasa manis, pedas dan asam.

2. Lawar Bali, merupakan makanan khas tradisional Bali, campuran antara daging babi dan darah babi segar, dicampur dengan bumbu rempah-rempah, yang membangkitkan stamina.

3. Rujak cingur, berasal dari kota Surabaya, jenis makanan kulit atau kikil dari bagian hidung, lidah dan mulut sapi. Menggunakan bumbu campuran sambal petis kacang tanah.

4. Hewan kecil laron, bentuknya seperti serangga, biasa ada di lampu-lampu terang pada cuaca dingin setelah hujan, ya itulah laron, sebagian orang mengolah binatang tersebut menjadi keripik rempeyek.

5. Kelelawar bumbu goreng khas Manado, sebagian orang mengolahnya dengan cara di goreng kering, dan ada pula yang menyebutnya untuk olahan obat segala macam penyakit. Sangat gurih ditambah bumbu kecap sambal pedas.

6. Ulat sagu, bukan hanya sagu yang dijadikan sumber karbohidrat, oleh masyarakat, ulat sagu pun dapat dijadikan santapan jenis makanan unik yang enak nan lezat untuk dikonsumsi, berkhasiat sebagai obat kuat dan minuman jamu, ulat ini merupakan khas dari negara Papua atau NTB.

7. Goreng Tokek, biasanya orang mengkonsumsi tokek sebagai obat berbagai penyakit, seperti dapat mengobati penyakit kulit.

8. Juice Cacing tanah, hewan ini memiliki manfaat yang sangat tinggi, merupakan sumber protein yang bagus untuk kebutuhan perkembangan tubuh, biasa nya sudah diolah dalam bentuk serbuk agar mudah untuk dikonsumsi secara minuman seduh.

9. Keripik Teripang, bentuknya seperti kerang kecil, yang biasa tumbuh di pinggiran sawah dan sungai kecil. Dapat dijadikan cemilan keripik.

10. Walang goreng, masyarakat Indonesia menyebutnya serangga goreng, dimasak dicampur dengan bumbu-bumbu, kecap dan sedikit saos tiram, akan memiliki rasa yang luar biasa nikmat.

11. Sate Buaya, makanan yang unik satu ini dapat kalian temui di daerah Sumatra dan Kalimantan, disana buaya sengaja membuat penakaran buaya untuk dijadikan konsumsi makanan lezat oleh masyarakat setempat. Karena buaya-buaya nya pun yang diolah hanya seukuran kecil saja, makanya disana biasa orang mengolahnya dengan cara di sate.


Itulah beberapa informasi seputar kuliner makanan unik yang ada di Indonesia, semoga artikel ini memberi informasi bagi para pembaca yang ingin turut mencoba beberapa masakan khas diatas dan kemudian berkunjung ke daerah tempat makanan unik tersebut berada. Terlalu jauh untuk dikunjungi? Bisa juga mengintip resep berbagai masakan indonesia di nanokarakoy.com

Happy hunting :)

10 komentar:

  1. Kalau semisal di suruh icip-icip makanan unik tersebut duh langsung kabur aja lah mulutnya ga mau mangap =D

    BalasHapus
  2. Nah gue paling suka yang terakhir tuh wkwk

    BalasHapus
  3. Jyaaaa seremmmmmmmm
    Akuhhhh ga bisa membayangkan yg nomer 8

    BalasHapus
  4. Rujak cingur itu favoritku mbaa, enakk bangett. apalagi asli lamongan ada satu warung khusus rujak cingur yang belinya harus pake nomer urut karena saking natrinya hehe
    btw, dulu pernah makan laron goreng, semakin gede semakin jijik haha

    BalasHapus
  5. baru tau ada kripikteripang. biasa nyokap bikin teripang cah buat sincia.. :)

    kok tokek dimakan?!?! tokek lucu gitu...*cry*

    BalasHapus
  6. Belum pernah nyoba semua. Tapi pernah denger dan lihat lewat teve.
    Tapi, tapi, sate buaya? Agak serem yaaa...

    BalasHapus
  7. haduuh... namanya aneh2 ya... kalo rujak cingur sih, saya sukaaa.... :)

    BalasHapus
  8. saya penasaran sama rujak cingur, sampe skarang blum pernah bisa nyobain...
    yg lainnya mah serem :D

    BalasHapus
  9. Ini kebanyakan menunya pas disajikan buat acara fear factor aja :D. Rujak cingur sih sebenarnya mendingan tapi sekarang jadi sensitif sama makanan pedas.

    BalasHapus
  10. Mbak Ria pernah makan yg mana aja mbak? Saya cm berani yg rujak cingur... Hihihi

    BalasHapus

Thx for reading & comments :) THX also for following my IG @riamrt & twitter @riatumimomor

Aplikasi Blog Di iOS

Aplikasi Blog Di iOS
Install this & bring my blog everywhere you go

Shoplinks Asia

My Goodreads

Ria's books

A Storm of Swords
The Last Town
Wayward
Pines
Miramont's Ghost
Child 44
Mr. Mercedes
Deception
Sidney Sheldon's Angel of the Dark
A Clash of Kings
A Game of Thrones
Outlander
One for the Money
The Silkworm
Grotesque
Let Me Go
Kill You Twice
The Night Season
Evil at Heart
Sweetheart


Ria Tumimomor's favorite books »

Remote Submitter

Submit Express

Search Box