Kamis, 07 Januari 2016

Tips Memilih Restoran Untuk Menu Buffet


Setiap tahun baik menjelang Lebaran juga Natal dan Tahun Baru, kantor tempat saya bekerja mengadakan acara makan bersama.  Karena sebagian besar pegawai di kantor adalah para cowok yang masih dalam masa pertumbuhan alias semangat makan tinggi, maka jelas tipe makanannya harus yang all you can eat. Atau kalau di hotel istilahnya menu buffet. Begitu koreksi seorang staff hotel ketika saya menghubunginya dan menanyakan berapa harga menu all you can eat.   

Pekerjaan saya di kantor adalah sebagai admin yang antara lain bertugas (tugas favorit) untuk mencari restoran mana di hotel mana yang menyajikan menu buffet. Harus dipastikan menu tersebut termasuk minuman. Ya, beberapa restoran di hotel yang sudah saya bolak balik tanyakan tidak menyertakan minum dalam paket buffet mereka. Buat saya, tidak ada minum tidak terlalu masalah sebenarnya…  Karena…, ah sebaiknya saya bagi-bagi sedikit daftar pertanyaan yang harus saya lontarkan setiap kali tengah menanyakan menu buffet:

Berapa harganya?
Sudah pasti ini pertanyaan wajib pertama yang harus ditanyakan duong. Dan pastikan harga yang diinformasikan pada kita sebagai yang menanyakan adalah harga nett per orang.
Harga untuk sarapan, makan siang dan makan malam berbeda. Apalagi kalau makannya saat akhir pekan. Bakal lebih mahal lagi. Jadi tinggal terserah mau pilih yang mana.



Menu Buffet
Jangan karena mendengar wow, harganya setengah dari harga paket buffet di restoran lainnya lalu kita jadi lupa menanyakan menu apa saja yang disediakan. Apakah halal atau non halal? Makanan yang disajikan makanan dari mana saja? India? Cina? Jepang? Barat? Indonesia? Atau hanya makanan Indonesia saja? 
Karena yang makan rame-rame dan setiap orang pasti punya kesukaan dan ketidaksukaan masing-masing terhadap makanan. Jadi menurut saya sih, makan di restoran di hotel lebih banyak menyajikan pilihan daripada sekedar makan all you can eat. 
Menu all you can eat biasanya hanya fokus pada jenis makanan tertentu. Kebahagiaan buat yang doyan sushi misalnya. Tapi musibah yang gak suka dengan makanan tersebut. 


Minuman
Ada paket buffet yang menyediakan cold ice tea atau air putih saja tapi free flow. Artinya, begitu waitress melihat gelas kita kosong otomatis dia akan datang dan langsung menambahkan. Ada juga yang hanya bisa memilih teh atau kopi. Namun akhir-akhir ini lebih banyak yang tidak menyediakan sama sekali. Nah loh, masa iya harus menyelundupkan botol minum?


Perlu reservasi?
Perlu sekali. Apalagi kalau makannya pas menjelang acara buka puasa. Wadoh, kalau yang itu tidak reservasi artinya cari penyakit. 
Harap diingat untuk menanyakan, apa konsekuensinya jika reservasi untuk 20 orang namun yang datang hanya 10 orang misalnya. Plus, biasanya reservasi untuk lebih dari 10 orang akan membutuhkan pembayaran uang muka. Besarnya ditentukan dari masing-masing restoran. 
Ingat-ingat juga untuk yang satu ini. Jika ingin menambah jumlah yang datang pastikan untuk menanyakan terlebih dahulu saat melakukan reservasi. Bisakah menambah jumlah orang dan berapa maksimum yang diperbolehkan? Biasanya pihak hotel ingin memastikan berapa tambahan orang yang akan datang agar bahan makanan cukup tersedia atau tidak.

Diskon
Jangan segan untuk menanyakan apakah sedang ada promosi jika menggunakan kartu kredit tertentu. Paket buffet per orang harganya sudah di atas Rp. 200.000,-
Lumayan kan kalau ada diskon?

Terus akhirnya kantor kami makan di mana? Oh, ditunggu saja ya ceritanya. Postingan berikut selain tentang restoran yang menyajikan menu all you can eat dan juga buffet, saya mau bagi tips cara makannya ala saya. Jadi ditunggu ya :)

13 komentar:

  1. Iya aku juga gitu. Kalo masuk ke resto ayce aku nanya dulu dapet minuman free flownya apa aja. Itu penting bgt. Jgn sampe udah tengah makan ga dapet minum, seret sis! Hahaa..

    BalasHapus
  2. Oh, aku baru ngerti soal minum yg free flow itu. Aku kira, semua boleh itu diminum. Haha..

    BalasHapus
  3. Wah penting neh kalau ada tugas dr kantor

    BalasHapus
  4. saya baru tahu kalo menu buffet itu adalah all you can eat hehe

    BalasHapus
  5. Jadi klo menyelundupkan minuman (bawasendiri) itu kena charge y mb ria??
    Kok aku ngakak ys bagian sebagian pegawai pria masi dlm masa pertumbuhsn hihii
    Jd pnasaran mb ria bekerja di perusahaan yg bergerak di bidang apa nih...

    BalasHapus
  6. Gw gak cocok makan di buffet rii...rugiii, gak balik modal..hahaha..baru makan satu makanan udah kenyang duluan... -_-

    BalasHapus
  7. Aku gak pernah milih makanan di tempat kaya gini. Mahal bo. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama. Aku milih karena memang tugas dari kantor untuk acara kantor juga :)))))

      Hapus
  8. admin yang antara lain bertugas (tugas favorit) untuk mencari restoran .. hahahahhaa.. kalo aku bertugas seperti itu juga pasti demen pake banget

    BalasHapus
  9. kangen buffet di Jakarta..banyak pilihan dan jatuhnya lebih murah.. terakhir disini buffet kayaknya 2 taon lalu. itupun kurang nendang pilihannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. agak lamaan di Jakarta dan mulai pilih2 deh mau ke mana nih makan buffet :D

      Hapus
  10. Aku pernah ditraktir all you can eat di restoran Jepang. Menunya sih sehat, tapi yang cocok buatku cuma buah sama sayurannya. Tapi buat daging-dagingnya, terutaa ikannya ternyata ga cocok buat lidahku, apalagi aku alergi seafood. Ah ketauan deh aku ditraktir di mana :D

    BalasHapus

Thx for reading & comments :) THX also for following my IG @riamrt & twitter @riatumimomor

Aplikasi Blog Di iOS

Aplikasi Blog Di iOS
Install this & bring my blog everywhere you go

Shoplinks Asia

My Goodreads

Ria's books

A Storm of Swords
The Last Town
Wayward
Pines
Miramont's Ghost
Child 44
Mr. Mercedes
Deception
Sidney Sheldon's Angel of the Dark
A Clash of Kings
A Game of Thrones
Outlander
One for the Money
The Silkworm
Grotesque
Let Me Go
Kill You Twice
The Night Season
Evil at Heart
Sweetheart


Ria Tumimomor's favorite books »

Remote Submitter

Submit Express

Search Box