Senin, 21 Desember 2015

Kenangan Roti Tan Ek Tjoan

Tan Ek Tjoan saat ini
Pas saya mau menonton Festival Film Prancis dan iseng jalan-jalan di sekitar Cikini eh ketemu sama gerobak roti Tan Ek Tjoan. Nah, teman saya yang kecewa berat karena toko dan sekaligus pabrik roti Tan Ek Tjoan sudah berubah bentuk seperti foto di atas langsung membeli beberapa roti. Saya promosikan ke dia roti gambang, yang memang andalan Tan Ek Tjoan. Saya sih gak doyan. Hahahaha, tapi karena teman penasaran saya pikir dia harus mencobanya sendiri.



Dan ternyata setelah mencoba, dia gak suka... Hehehehe... Masalah selera saja sepertinya. Tapi menurutnya tekstur roti gambang ini khas roti jadul banget. Padat. Tidak seperti roti sekarang pada umumnya yang tidak cukup makan hanya satu.



Saya pernah ikutan tour majalah Reader Digest Indonesia sekitar bulan Oktober tahun 2011. Entah ini kebetulan yang tragis atau bagaimana, saya dengar majalah Reader Digest Indonesia sudah tidak ada lagi. Dan sekarang toko roti yang termasuk tua loh di Jakarta ini juga sudah tergusur.




Beginilah tampilan toko roti Tan Ek Tjoan pada saat saya ke sana. Saya dengar dari bapak yang menjual roti di gerobak ini, tiap pagi mereka mendapat pasokan roti dari...area Ciputat. Kalau memang benar pindah ke area Ciputat, wadaw ini jauh banget. 



Dulu saat datang ke sana, kami diberikan tour sampai ke dalam pabriknya, diajarin sedikit cara membuat roti dan bahan-bahannya apa saja.



Kalau minta isi coklat atau keju kebanyakan, bikin adonannya ribet alias bakal gak jadi-jadi... Hahahha... Saya yang maunya isinya banyak jadi gak enak hati saat itu.



Entah mereka sekarang di sebelah mana lokasinya.



Jadi, buat yang kangen sama roti gambang dan roti jadul Tan Ek Tjoan coba deh main ke area Cikini karena di sana ada beberapa gerobak roti mereka.



Yang jelas sudah tidak bisa lagi deh saya nyari kue murah meriah tapi enak.


6 komentar:

  1. kemarin2 sy jg beli ini di tukang yg lewat..suprise aja ko ada lagi ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih ada sih... tapi memang gak banyak

      Hapus
  2. Di sini malah gak ada roti gitu Mbak Ria.

    BalasHapus
  3. Di komplek rumahku masih suka lewat. Mamaku suka banget sama roti ini. Sampe abangnya "ngelaksonin" melulu tiap sore. Tapi kan gak mungkin beli tiap hari hihihi.

    Roti ini emang legendaris banget ya. Jadi beneran gak ada infonya, Mbak dia pindah kemana?

    BalasHapus
  4. Dulu pernah ke toko rotinya juga karena penasaran sama roti gambang. Katanya ini khasnya Tan Ek Tjoan. Pas udah beli, ternyata aku pun ga doyan. Hahahaha. Tapi sayang banget kalau sekarang tutup. :(

    BalasHapus
  5. Wah dulu terakhir pulang Jakarta (2013 awal) masih ada nih Tan Ek Tjoan pas lewat area ini. yah padahal kalau masih ada tour ke bakery nya aku pengen juga ikut kelas bikin2 roti ginian.. :(

    aku sih gak ngefan sama Tan Ek Tjoan tapi kalau dulu almarhum ie ie suka beli aku pasti dibeliin juga dari Tan Ek Tjoan. lumayan menurutku. memang tekstur nya yang bikin beda.

    Ciputat tuh dimana ya? Tangerang bukan?

    BalasHapus

Thx for reading & comments :) THX also for following my IG @riamrt & twitter @riatumimomor

Aplikasi Blog Di iOS

Aplikasi Blog Di iOS
Install this & bring my blog everywhere you go

Shoplinks Asia

My Goodreads

Ria's books

A Storm of Swords
The Last Town
Wayward
Pines
Miramont's Ghost
Child 44
Mr. Mercedes
Deception
Sidney Sheldon's Angel of the Dark
A Clash of Kings
A Game of Thrones
Outlander
One for the Money
The Silkworm
Grotesque
Let Me Go
Kill You Twice
The Night Season
Evil at Heart
Sweetheart


Ria Tumimomor's favorite books »

Remote Submitter

Submit Express

Search Box