Rabu, 29 Juli 2015

Nonton Ngeselin


Sebagai orang yang doyan nonton di bioskop (yang bukan tipe velvet, premier, gold, ruby-lah mang ada? atau semacamnya…) maka ada hal-hal yang tidak dapat dihindari dan bikin bete…

1. Mengangkat kaki ke kursi
Suka heran kan dulu sama peringatan yang ada di layar bioskop tentang hal ini ? Tapi peringatan ini keluar karena memang ada banyak penonton yang terlalu menikmati suasana nyaman di dalam bioskop. Dan tanpa peduli akan penonton lain, mereka dengan cuek bebeknya menaikkan kaki ke kursi bagian depan. 
Jika masih ada yang bandel, sepertinya terpaksa ditegor dengan keras.

2. Spoiler on the spot
Ini dirasakan langsung oleh teman saya saat menonton film thriller. Nah, tahu sendiri efek kejut dari film thriller adalah ketidaktahuan kita sebagai penonton akan jalan ceritanya. Jadi kebayang kan betapa menjengkelkannya kalau sedang enak-enak nonton, lalu mendengar suara-suara :
“Nah, sekarang kan si cowok itu lagi diuber-uber sama hantu… tapi tenang… dia matinya gak sama hantu itu… Tapi nanti sama ceweknya sendiri…"
Plaaakkk…


3. Gadget freak
Gak jelas orang-orang ini kok ya ngapain masuk bioskop kalau gak bisa lepas dari gadget. Entah mau update status, main game, atau chatting… Kalau gak bisa lepas dari gadget ya gak perlu nonton di dalam bioskop kaleee… Karena cahaya dari gadget itu benar-benar mengganggu penonton lain. 
Apa enaknya menonton dalam gelap tapi ada cahaya yang mengganggu dari orang yang duduk di sebelah kamu?

4. Berisik
Ini termasuk orang yang memberikan spoiler on the spot, berbincang dengan orang lewat telephone genggam, terlalu berlebihan dalam bereaksi pada adegan film (entah menjerit, tepuk tangan atau ketawa serem). Saking terlalu rame saya sampai kepikiran, kok kayak nonton layar tancap (Buat yang gak tau layar tancap kayak apa, yah kurang lebih ada layar di area terbuka dan proyektor film). 
Saya pernah duduk di sebelah orang yang sibuk bercerita mengenai adegan demi adegan karena temannya terlalu ketakutan untuk menonton sendiri. Cape dheee…

5. Getaran
Tempat duduk di dalam bioskop menyambung menjadi satu… Jadi kalau ada satu orang yang bergoyang di tempat duduknya, dijamin penonton yang ada di kanan kirinya akan turut merasakan getaran yang sama. Saya sendiri pernah mengalami getaran yang menjengkelkan ini karena di ujung deretan kursi tempat duduk ada sepasang manusia yang asyik sendiri.

6.     Restoran berjalan
Ini mau nonton atau mau makan? Memang sih, hak masing-masing penonton untuk membeli makanan super berat yang aromanya bisa menggugah perut penonton disebelahnya yang terlalu bokek untuk bisa beli (yah, curhat lagi). 
Pernah saya nonton pas jam-jam makan siang, antara jam 12 - 1 siang. Saya paling senang nonton pada jam-jam tersebut karena biasanya penonton tidak terlalu ramai. Eh, tapi hari itu saya apes banget. Di sebelah saya duduk seorang cowok yang memesan fish and chips... Kebayang kan kayak apa saya diprotes sama perut akibat aroma yang bikin mau nangis itu?

7.    My Phone My Soulmate
Coba bayangin deh, sedang nonton film horor yang suasananya abad 18 yang pastinya saat itu belum ada yang namanya handphone. Mendadak, di tengah ketegangan yang menghanyutkan semua penonton terdengarlah deringan gak tau diri itu... Dan entah karena yang punya khawatir bakal dihina dina habis-habisan oleh penonton yang sudah rusak mood-nya, sang pemilik lebih memilih untuk diam... 

8.    Jam karet
Penonton yang baru masuk setelah film dimulai lama... Terus kebingungan sendiri mencari tempat duduknya...sehingga menghalangi pandangan penonton dibelakangnya. Terus datang petugas membantu, yang semakin menambah jumlah orang berdiri di tengah-tengah deretan kursi.

9.    Gelisah
Penonton yang satu ini gelisah banget. Gak bisa duduk tenang bersandar menikmati empuknya kursi. Okay, beberapa bioskop memang tidak empuk-empuk banget tapi you know what I meant... Jadi kadang dia duduk bersandar... lain waktu ia duduk agak tegak dengan tubuh condong ke depan. Yang samping kiri kanannya paling merasa terganggu sedikit. Tapi kalau orang ini bertubuh tinggi dan yang apes duduk di belakangnya adalah orang yang pendek kayak saya... Dia memang gak menghalangi pandangan seluruh layar tapi entah karena saya yang udah ketuaan jadi nyinyir...penonton model begini termasuk mengganggu. 

Nah ada yang mau menambahkan hal-hal yang membuat kalian jengkel selama menonton dalam bioskop? 




7 komentar:

  1. Saya juga pernah buat postingan serupa nih, Mbak.

    Alasan di atas makin membuat saya malas nonton di bioskop. Sayangnya masih banyak orang yang gak peka dan egois. Paling males kalo udah berisik (plus spoiler!), sama tendang-tendang kursi depannya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau film2 tertentu saya lebih memilih nonton di bioskop. Kayak film action atau yg Jurassic World (walau ceritanya biasa banget)... Tapi ya gitu deh... beda2 tipis sm angkot... Ada aja yg ngeselin

      Hapus
  2. Atau yang bawa anak-anak dan nontonnya film rating 18+ dan anaknya duduk di belakang dan suka nendang kursi di depan. Hiksssss

    BalasHapus
    Balasan
    1. abis kalau ditinggal gak ada yg jagain, kakaaaak

      Hapus
  3. Film mati di tengah jalan :-( ini terjadi 2x spnjang saya nonton bioskop, meski di bioskop yang berbeda sih

    BalasHapus

Thx for reading & comments :) THX also for following my IG @riamrt & twitter @riatumimomor

Aplikasi Blog Di iOS

Aplikasi Blog Di iOS
Install this & bring my blog everywhere you go

Shoplinks Asia

My Goodreads

Ria's books

A Storm of Swords
The Last Town
Wayward
Pines
Miramont's Ghost
Child 44
Mr. Mercedes
Deception
Sidney Sheldon's Angel of the Dark
A Clash of Kings
A Game of Thrones
Outlander
One for the Money
The Silkworm
Grotesque
Let Me Go
Kill You Twice
The Night Season
Evil at Heart
Sweetheart


Ria Tumimomor's favorite books »

Remote Submitter

Submit Express

Search Box