Kamis, 01 Agustus 2013

Sekilas Dari #WANWIRFEST Femina


Hari pertama di bulan Agustus!


Sabtu lalu tanggal 27 July 2013 gue ikutan acara Kelas Inspiratif: Sukses Menulis Buku bertempat di LOTTE SHOPPING AVENUE dengan pembicara Alberthiene Endah dan Indari Mastuti dari Indscript Creative.

Berhubung belum sempat merangkum sebagian materinya nih (biasa, sok sibuk), jadi yang mau gue tulis adalah salah satu tips yang dibagikan sama Alberthiene.

Dia cerita nih, ada temannya yang bilang mau menulis buku yang temanya gue lupa tentang apa. Setelah beberapa tahun berlalu, temannya masih belum juga mulai menulis buku tersebut. Jadi boro-boro sudah kelar, tapi memulai halaman pertama saja belum. Karena apa? Karena belum mulai sudah cuap-cuap ke seluruh dunia dan pada akhirnya malah menguap tidak berbekas alias gak ada hasil.


Jleb.

Huahahahha, rasanya jadi keinget kalau gue cuap-cuap di media sosial atau ke sesama teman bahwa gue mau menulis tentang ini, mau membuat buku tentang itu dan akhirnya memang yang gue cuap-cuap itu gak ada hasilnya alias nol besar.

Jadi memang mendingan kayak dulu lagi, pas baru mau MULAIII nulis lebih baik diendapkan sama diri sendiri dan kalauuuuuuu akhirnya udah kelar, okelah cuap sana sini. Minta tolong orang baca, komen, kasih feedback and so on.

Karena kalau belum mulai dan sudah dilontarkan ke seluruh dunia, pada akhirnya ide itu akan menguap dengan angin begitu saja tanpa ada bekasnya.

Mungkin berbeda kejadiannya pada setiap orang. Ada yang baru semangat menulis kalau sudah berbagi ide dengan orang lain. Tapi sepertinya gue termasuk yang tidak bisa seperti itu dan ide itu harus diajak bertapa bareng dalam kesunyian. Terus dituangkan sendiri hingga akhirnya selesai draft pertama dan baru bisa dibagi dengan orang lain.

Kalau kalian sendiri bagaimana?

6 komentar:

  1. ahh bener banget itu mbak.. tapi mungkin saking senengnya kali ya makanya cerita2 dulu sama orang lain. sapa tau dapet masukan bagus hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya... memang maksudnya sih biar dpt masukan yg okeh... tapi aku juga perhatikan, untuk aku sendiri biasanya malah akhirnya gak nulis apa2 :)))))

      Hapus
  2. hehehe.bener bener..kalo kebnykan cuap cuap malah ga kelar hehee...makanya mendingan kita diam diam aja ya, ntar kalo dah beres bukunya baru deh berkoar. hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, buat aku sih memang faktanya setiap yg aku ocehin itu pasti endingnya malah gak jadi :))))))

      Hapus
  3. aq bisanya ngendepin dulu baru cuap2... takut nguap mbak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti kurang lebih sama ya dengan dirikuuuh ^_^

      Hapus

Thx for reading & comments :) THX also for following my IG @riamrt & twitter @riatumimomor

Aplikasi Blog Di iOS

Aplikasi Blog Di iOS
Install this & bring my blog everywhere you go

Shoplinks Asia

My Goodreads

Ria's books

A Storm of Swords
The Last Town
Wayward
Pines
Miramont's Ghost
Child 44
Mr. Mercedes
Deception
Sidney Sheldon's Angel of the Dark
A Clash of Kings
A Game of Thrones
Outlander
One for the Money
The Silkworm
Grotesque
Let Me Go
Kill You Twice
The Night Season
Evil at Heart
Sweetheart


Ria Tumimomor's favorite books »

Remote Submitter

Submit Express

Search Box