Jumat, 26 Juli 2013

Impian Berlibur Ke Pulau Seribu

Picture taken from Indonesia Travel Guide

Saya sadar dan tahu kalau pulau Seribu itu masih masuk wilayah Jakarta. Sering dengar pemandangannya bagus sekali di sana. Tapi apakah saya sudah pernah sekali saja berlibur ke pulau Seribu. Belum sama sekali. Bayangan saya letaknya pasti jauh dan untuk orang yang kemampuan berenangnya pas-pasan saya mengaku agak takut naik motor boat. Melintasi lautan yang kedalamannya jelas tidak bisa diukur seperti di kolam renang. Di kolam renang yang kedalamannya tiga meter saja saya sudah ciut apalagi di tengah lautan demi ke pulau Seribu?

Tapi setelah melihat website tentang kepulauan Seribu ini, saya jadi menggerutu sendiri mengapa tidak pernah terpikir dengan teman-teman saya untuk sekedar quick getaway dari Jakarta pada saat akhir pekan. Ternyata dari Marina Ancol hanya perlu 20 menit untuk menuju ke pulau terdekat dan sekitar tiga jam untuk mencapai pulau yang terjauh. Ya, ada 110 pulau dalam wilayah kepulauan Seribu dan beberapa pulau diantaranya sudah menjadi tempat wisata wajib kunjung. Pulau Ayer, Putri, Bidadari, Kotok, Pantara dan Sepa. Saya? Satu saja belum dan semakin ingin pergi kesana begitu melihat keindahan dari pulau-pulau tersebut.

Picture taken from Indonesia Travel Guide



Yang pertama yang ingin saya kunjungi adalah pulau Ayer. Selain paling dekat dari Marina Ancol saya juga ingin melihat seperti apa sih cottage yang mengapung itu? Lalu saya ingin juga mengunjungi pulau Bidadari karena ingin melihat pasir putihnya yang katanya indah sekali. Juga saya ingin menikmati peninggalah bersejarah benteng penjajah Belanda disana. Pantas ya, banyak juga orang memilih untuk mengambil foto pre-wedding di kepulauan Seribu. Sudah bisa saya bayangkan berapa banyak memory card yang harus saya bawa agar bisa mengambil foto pemandangan sampai puas.

Picture Taken From Indonesia Travel Guide


Lalu di pulau Kotok, ternyata tidak hanya kita bisa menikmati pantai yang berpasir putih dan juga habitat Elang Bondol yang dilindungi. Di pulau ini disediakan juga fasilitas untuk snorkeling, scuba diving. Hmmm, kira-kira buat saya yang kemampuan berenangnya pas-pasan bisakah mengikuti aktivitas ini? Pastinya bisa melihat pemandangan bawah laut di sana akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Scuba diving juga bisa dilakukan di pulau Pantara . Atau mungkin saya ingin mencari aman dengan menikmatinya dari aquarium bawah laut yang ada di pulau Putri? Tapi tentu rasanya berbeda dengan menyelam langsung berada di bawah laut, wah saya jadi bingung nih.

Picture Taken From Indonesia Travel Guide


Tidak hanya kegiatan untuk menikmati pemandangan bawah laut yang bisa dinikmati di pulau Seribu. Selain ingin melihat habitat Elang Bondol, saya juga ingin sekali melihat konservasi penyu. Setelah penat dari kegiatan sehari-hari di kantor rasanya saya tidak akan menolak untuk lebih dekat dengan alam. Dulu juga sempat terpikir oleh saya akan akomodasi yang kurang memadai. Ternyata tidak semua tempat wisata di kepulauan Seribu seperti itu. Ada yang mempunyai fasilitas penginapan bagus. Terkecuali memang saya ingin menikmati kepulauan Seribu dengan cara lain. Seperti menginap di rumah-rumah penduduk misalnya dan sudah menyiapkan perbekalan sendiri. Tuh, tunggu apalagi ya saya untuk menikmati keindahan pulau Seribu ini? Saya tidak harus jadi jutawan untuk menikmati keindahan alam di negeri sendiri. Dan yang perlu digarisbawahi, keindahan dari kepulauan yang letaknya tidak jauh dari wilayah saya tinggal.

Picture Taken From Indonesia Travel Guide


Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Keindahan Pulau Seribu



2 komentar:

  1. Gw pernah ke Ayer di tahun 1995. Cottage-nya yang mengapung nampak menarik, tapi gw milih nginep di cottage yang di darat aja. Soalnya kalo malem, ombaknya berdebur keras banget sehingga menghantam kayu yang menjadi fondasi dari cottage. Malah bikin nggak bisa tidur..

    BalasHapus
  2. Salam

    Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    BalasHapus

Thx for reading & comments :) THX also for following my IG @riamrt & twitter @riatumimomor

Aplikasi Blog Di iOS

Aplikasi Blog Di iOS
Install this & bring my blog everywhere you go

Shoplinks Asia

My Goodreads

Ria's books

A Storm of Swords
The Last Town
Wayward
Pines
Miramont's Ghost
Child 44
Mr. Mercedes
Deception
Sidney Sheldon's Angel of the Dark
A Clash of Kings
A Game of Thrones
Outlander
One for the Money
The Silkworm
Grotesque
Let Me Go
Kill You Twice
The Night Season
Evil at Heart
Sweetheart


Ria Tumimomor's favorite books »

Remote Submitter

Submit Express

Search Box