Kamis, 29 November 2012

Launching #TCV di Indo Book Fair 2012

Pas tahu kalau JKR mengeluarkan buku baru yang berjudul The Casual Vacancy, wadoooh rasanya pengen banget lari ke toko buku dan belii... Ihiks... Sudah usaha juga lewat kuis tapi belum sukses sehingga manyun... Siapa yang sudah beli dan bisa dipinjam yaaah...

Eh, tapi yang namanya rejeki memang lagi gak jauh-jauh nih. Kampung Fiksi dapat undangan untuk menghadiri soft launching The Casual Vacancy yang diterbitkan oleh penerbit Mizan. Wohohhohoh, kereeen! Siapa tahu disana bukunya diskon kan lumayan tuh (dasar maunya diskonan melulu).

Jadilah tanggal 25 November 2012 gue menuju Istora Senayan untuk menghadiri Soft Launching The Casual Vacancy. Sesampainya disana, waduh...beneran mupeng liat bukunya sebanyak ini dan pakai hard cover pula.

Dan rada melotot juga melihat ada diskon 20%. Tapi ehm, mari kita saksikan dulu acara soft launching buku ini.



Pertama acara dibuka dengan monolog bab pertama yang dibawakan oleh Lisa. Cerita The Casual Vacancy ini dibuka pada kematian Barry Fairbrother. Barry ini rupanya anggota Dewan Kota kecil yang bernama Pagford. Dan karena dia meninggal mendadak, maka jabatannya kosong dan itulah kurang lebih artinya: Casual Vacancy. Pantesan, di buku terjemahan ini ada judul dalam bahasa Indonesia: Perebutan Kursi Kosong.

Acara dilanjutkan dengan tiga narasumber yaitu Ayu dari Hogwarts Indo dan Ayu dari Harpot Indo. Karena namanya sama, sampai dipanggil Ayu Kuadrat sama moderator acara. Dan yang ketiga, satu-satunya pria di panggung adalah Tyas dari Mizan.
Di mata Ayu Kuadrat ini, JKR Rowling adalah penulis yang sangat detail dalam bercerita dan sangat imajinatif. Karena sangat detail dalam bercerita ini yang sempat menyulikan proses menerjemahkannya karena tidak mau dong sampai artinya jadi lain dari maksud sebenarnya; begitulah menurut Tyas dari Penerbit Mizan. Agar bisa menangkap moment yang lagi happening ini, tiga penerjemah sekaligus bekerja sama dalam waktu sebulan! Gile, mabok, mabok deh tuh..
Tapi, mau dong bocorannya bagaimana penerbit Mizan bisa mendapatkan hak untuk menerbitkan The Casual Vacancy. Tyas mengakui bahwa hal tersebut memang tidak mudah. Mereka harus melalui proses yang berlapis dan harus disiplin mengikuti jadwal yang diminta oleh penerbit asalnya. Plus, diminta juga apa dan bagaimana paket promosi untuk penjualan The Casual Vacancy ini. Ternyata memang gak gampang ya berebutan hak untuk menerbitkan itu.

Pas sesi tanya jawab, wah rame! Macem-macem yang ditanya sampai gue lost track sama detail pertanyaan dan jawaban. Hahahaha, dasar! Ada yang mengeluh karena ceritanya beda banget dengan Harry Potter. Dimana di serial Harry Potter ini, tokoh sentralnya hanya satu. Sementara di The Casual Vacancy tokohnya ada banyak dan ini juga menyulitkan gue karena harus menghapal banyaaak. Semuanya elemen penting dalam cerita. Diadakan juga acara game yang bikin heboh para pesertanya. Maklum, hadiahnya buku The Casual Vacancy gratiiiss! Setelah itu sebagai penutup,ditayangkan book trailer The casual vacancy dan selesai deh acara soft launching siang itu.


Bagi yang ketinggalan acara soft launching, tenang aja. Masih ada GRAND LAUNCHING tanggal 16 Desember 2012 di Gramedia Matraman. Tertarik dan udah beli bukunya? Ikut yuk di group The Casual Vacancy ID dan like page-nya :)



Ohya, artikel tentang soft launching bisa dilihat di blog Miss G dan Kampung Fiksi , dimana ada foto kami berdua tersenyum lebar karena dapat buku The Casual Vacancy gratis! Udah gak sabar pengen selesai baca untuk menulis reviewnya.

4 komentar:

  1. Kenapa ya Casual Vacancy harus dibandingkan dengan Harry Potter? Memangnya genrenya sama gitu? Tentang fiksi fantasi lagi?

    BalasHapus
  2. tanggal 16 Desember siang atau malam ya Mbak?

    BalasHapus

Thx for reading & comments :) THX also for following my IG @riamrt & twitter @riatumimomor

Aplikasi Blog Di iOS

Aplikasi Blog Di iOS
Install this & bring my blog everywhere you go

Shoplinks Asia

My Goodreads

Ria's books

A Storm of Swords
The Last Town
Wayward
Pines
Miramont's Ghost
Child 44
Mr. Mercedes
Deception
Sidney Sheldon's Angel of the Dark
A Clash of Kings
A Game of Thrones
Outlander
One for the Money
The Silkworm
Grotesque
Let Me Go
Kill You Twice
The Night Season
Evil at Heart
Sweetheart


Ria Tumimomor's favorite books »

Remote Submitter

Submit Express

Search Box