Rabu, 15 Februari 2017

6 Tips Untuk Anda yang Pindahan Pertama Kalinya

Foto: koleksi pribadi Ria

Sangat mudah untuk merasa senang dan semangat ketika Anda pindah untuk pertama kalinya. Entah pindah ke kost dekat kampus atau tempat kerja maupun pindah ke rumah/ apartemen baru. Tapi kemudian, memikirkan waktu dan tenaga yang diperlukan untuk pindahan bisa melunturkan semangat Anda, apalagi bila Anda baru pertama kali pindahan. Ada 6 hal yang harus Anda perhatikan ketika Anda pindah rumah untuk pertama kalinya. Dengan tips mudah ini, Anda dapat merencanakan dan melakukan pindahan tanpa stress.



1. Investasikan Uang Anda pada Ranjang yang Bagus
Anda mungkin ingin menghemat pembelian furnitur sebanyak mungkin di pindahan pertamamu. Anda boleh saja membeli furnitur bekas atau furnitur yang murah, tapi pastikan Anda memilih ranjang terbaik. Ketika Anda tidak tidur dengan baik karena ranjang yang tidak nyaman, hidup Anda akan melelahkan. Tidak ada yang membuat Anda merasa lebih tua, lelah, dan bad mood daripada sakit kepala kronis dan sakit punggung akibat ranjang yang tak nyaman. 

2. Biarkan orang lain yang mengangkut barang-barang berat
Mempekerjakan jasa pindahan rumah mungkin menambah pengeluaran, tapi Anda tidak akan menyesali keputusan tersebut. Anda tidak perlu memikirkan bagaimana memindahkan sofa ke lantai atas atau keseleo ketika mengangkat barang berat. Jasa pindahan yang sudah ahli dan terverifikasi dapat membuat proses pindahan Anda lebih cepat, mudah, dan bebas cedera. Pastikan anda mempekerjakan jasa pindahan yang profesional, bergaransi, dan memiliki review yang baik. Anda dapat memperoleh beberapa rekomendasi termasuk estimasi biaya dari Sejasa.com, di mana Anda dapat menemukan jasa pindahan di area Anda dan membandingkan beberapa perusahaan pindahan sekaligus lewat review dan portofolio mereka.

Foto: koleksi pribadi Ria


3. Pelajari cara memasak masakan yang sehat dan sederhana
Pengeluaran utama orang Indonesia ada di makanan. Oleh karena itu, Anda dapat menghemat banyak uang dengan belajar memasak masakan-masakan yang simpel dan juga sehat daripada memesan junk food atau menyimpan banyak makanan beku yang penuh bahan pengawet. Tentu Anda ingin hidup sehat, bukan? Apalagi ketika Anda pindah hidup sendiri dan tidak ada yang mengurusi asupan gizi Anda. Cari supermarket atau pasar terdekat dari tempat tinggal baru Anda dan beli bahan-bahan masakan yang sehat dan natural secara rutin. Sekarang, banyak sekali resep mudah dan simpel yang bertebaran di dunia maya, bukan hanya semakin sehat, Anda juga akan bangga dapat meningkatkan kemampuan memasak Anda.


Foto: koleksi pribadi: Ria


4. Buat Anggaran yang Dapat Anda Ikuti
Dengan teknologi yang tersedia sekarang, tidak sulit untuk merancang dan mengontrol pengeluaran Anda lewat berbagai aplikasi. Selain itu, Anda juga dapat membuat tabel pengeluaran beserta rumusnya dengan menggunakan microsoft excel bila Anda tidak menyukai aplikasi mobile. Dengan mengatur batasan pengeluaran ketika sudah pindah untuk hidup sendiri, Anda tidak dapat kerepotan atau panik di akhir bulan ketika ternyata uang Anda tidak cukup untuk membiayai hidup Anda. Menabung pula lah, ketika Anda sudah hidup di tempat tinggal sendiri, akan banyak pengeluaran tak terduga yang dapat menguras kocek. Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan dana untuk biaya tak terduga.


5. Persiapkan Alat dan Bahan Pembersih
Anda tidak perlu membeli alat dan bahan yang super mahal untuk menjaga kebersihan rumah. Cukup beli yang tersedia di pasaran dan perhatikan apakah nyaman digunakan. Anda hanya perlu membeli bahan pembersih sesekali dalam beberapa bulan bila Anda hemat menggunakannya. Selain itu, pastikan Anda menggunakan dan menyimpan peralatan rumah tangga dengan baik agar tidak mudah rusak. Pastikan pengeluaran Anda untuk alat dan bahan pembersih seketat mungkin.

Sekian tips yang berguna untuk Anda yang berniat pindah untuk pertama kalinya, khususnya untuk hidup mandiri. Semoga proses pindahan Anda berjalan dengan lancar dan bebas stres!

12 komentar:

  1. Itu uang baru itu, Mbak? Di sini belum ada. :'D

    BalasHapus
  2. Bener banget tu mb ri, uang makan ini kadang suka khilap ditambah tambahin dari bajet awal....huhuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhaha, beda tipis khilaf sama lupa ya...

      Hapus
  3. Iya bangettt haruss bagus ranjangnya... Aku sih pengen ranjang king koil kalau pindah ke rumah sendiri nanti hahahahahahahahah
    Iya sebaiknya kalau pindahan sewa jadanpindahann.. Cape jugaa angkat barang bolak-balik (pengalaman)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Ajen... kl urus sendiri memang pasti bikin puyeng dan lebih capek

      Hapus
  4. betul juga ya, ga penting yang lain yang penting ranjang yang bagus. tidur nyenyak capek pun hilang...

    BalasHapus
  5. iya nih betu banget. akujuga kalau pindahan rumah ini kayaknya hal pertama adalah beli ranjang baru. soalnya ranjangku yang sekarang udah ga nyaman banget.. pengen cepet2 ganti aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm, kl gak nyaman utk tidur nanti kualitas tidurnya berkurang loh

      Hapus
  6. Saya udah pindah 7 kota plus 8 rumah kontrakan 14 tahun ini, mb ... Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuih banyak kota sdh dijelajahin ya bu

      Hapus

Thx for reading & comments :) THX also for following my IG @riamrt & twitter @riatumimomor

Aplikasi Blog Di iOS

Aplikasi Blog Di iOS
Install this & bring my blog everywhere you go

Shoplinks Asia

My Goodreads

Ria's books

A Storm of Swords
The Last Town
Wayward
Pines
Miramont's Ghost
Child 44
Mr. Mercedes
Deception
Sidney Sheldon's Angel of the Dark
A Clash of Kings
A Game of Thrones
Outlander
One for the Money
The Silkworm
Grotesque
Let Me Go
Kill You Twice
The Night Season
Evil at Heart
Sweetheart


Ria Tumimomor's favorite books »

Remote Submitter

Submit Express

Fictionholic Society

Fictionholic Society
CO-Founder of Kampung Fiksi

Search Box