Senin, 18 April 2016

Kesalahan yang Biasa Wanita Lakukan dan Akibatnya Saat Belanja Online

Sumber gambar di sini

Berbelanja merupakan hal yang biasanya dilakukan oleh masyarakat terutama wanita ketika akhir pekan ataupun ketika sedang stress dan ingin menyegarkan pikiran serta menghilangkan jenuh yang diderita setelah beraktivitas setiap hari. Banyak tempat yang dapat dikunjungi untuk berbelanja karena saat ini banyak mall dan toko yang dibuka dengan beraneka barang atau benda yang menarik. Tidak hanya dilakukan di toko seperti mall namun juga dapat dilakukan di toko online atau yang disebut juga dengan belanja online.

Saat ini, banyak online shop yang dibuka dan menawarkan berbagai jenis barang untuk menarik perhatian dari pembeli. Namun, ketika wanita berbelanja online, banyak diantaranya (termasuk saya sendiri) yang melakukan kesalahan sehingga menimbulkan kerugian yang tidak sedikit. Pertama adalah mudah tergiur. Kebanyakan wanita mudah tergoda dan ingin membeli barang yang menarik perhatiannya seperti barang yang imut dan lucu atau barang yang berbeda dari yang lainnya. Hal tersebut dapat berakibat dengan pembelian atau belanja yang diluar batas sehingga barang menjadi menumpuk di rumah dan tidak memiliki manfaat yang maksimal.


Kedua adalah uang cepat terkuras. Karena sikap kebanyakan wanita yang mudah tertarik dan tergoda melihat barang yang lucu atau baru, membuat kita-kita ini tanpa sadar melakukan klik pada barang di toko online saat belanja online. Hasilnya adalah biaya besar yang harus dibayarkan terutama yang menggunakan kartu kredit. Tidak hanya harus membayar biaya besar untuk berbelanja namun juga biaya bulanan yang harus dibayarkan ketika menggunakan kartu kredit tersebut.

Ketiga terlalu fokus pada barang yang ingin dibeli sehingga mengesampingkan hal penting lainnya. Misalnya, sebuah online shop memberikan promo beli 3 buah baju hanya Rp 240.000 sedangkan jika membeli 1 buah baju harganya Rp 80.000. Dengan selisih RP 20.000, sebagian besar kita para wanita lebih memilih dan fokus untuk membeli 3 buah baju dibandingkan dengan sebuah baju namun mengesampingkan masalah lainnya misalnya ukuran baju yang dijual yang berbeda ukuran setiap jenis atau merk dari baju tersebut, bahan yang digunakan untuk membuat baju tersebut. Hasilnya, ketika baju diterima, baju tidak sesuai dengan bentuk dan spesifikasi yang tertera pada online shop tersebut.

Keempat adalah lupa memeriksa barang yang akan dibeli ketika belanja online. Misalnya setelah memilih baju yang akan dibeli di toko online, sebagian besar dari kita para wanita langsung melakukan pembayaran tanpa melihat apakah harga yang harus dibayarkan melebihi dari budget yang dimiliki atau tidak. Hasilnya adalah kita harus membayarkan lebih dari yang sesuai dengan yang telah direncanakan sebelumnya. Tidak dilakukan pengecekan kembali juga membuat kita membeli barang yang tidak diperlukan sehingga hanya akan membuat lemari atau ruangan di tempat kita sesak karena barang yang kurang begitu digunakan. Akhirnya, kita hanya akan menggunakan pakaian tersebut sekali dua kali kemudian hanya menjadi tumpukan di lemari pakaian. Kunjungi Aladin Tips untuk informasi lebih. 

12 komentar:

  1. Aku suka ngiler liat baju-baju lucu di olshop tapi biasanya susah nemu ukurab yang oas, secara aku termasuk petite woman hehehe #curcol

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl saya sudah kejeblos jadi rada2 waspada... Punya badan mungil salah, punya badan size plus salah jg ya... Salah si online shop mestinya :)))))

      Hapus
  2. memang perlu sadar kalo belanja di olshop, supaya gak kalap, apalagi kita hrs perhitungkan ongkos kirimnya :-)
    terimakasih tipsnya mbak

    BalasHapus
  3. Sekarang saya udah stop beli baju di olshop, mak :D
    kalau beli seprei kadang-kadang. pernah kapok sih soalnya

    BalasHapus
  4. Aih, dicatet.
    Mba ria tahu aja deh, heheeh

    BalasHapus
  5. Saya masih setia OLshop ga kapok uda berkali2 ga sesuai dengan pict hahaha tp apa daya suka males keluar rumah mendingan window shopping di gadget :p

    BalasHapus
  6. Tergoda promo itu kebiasaanku, padahal diantara 2 barang cuma pingin yang 1 aja huahaha

    BalasHapus
  7. Iyaaa....suka impulsif gitu klo udah kepoin online shop. Suka kaya kehilangan kesadaran sesaat :D

    BalasHapus
  8. aku skrng gak pernah ngiler dengan promo atau diskon onlen shop mba, tapi satu hal yg pasti buat aku belanja itu promo free ongkir dan baru saja aku belanja di salah satu onlenshop krn free ongkir hehehe

    BalasHapus
  9. klo temen ku yang cwe suka lupa ngecek bahan bajunya, ngeliatin modelnya lucu dan coraknya mengena di hati saat dateng ngga bisa di pake karena bahannya menerawang

    BalasHapus
  10. Ngga cuma wanita kadang pria seperti saya juga suka khilaf kalo ada iming2 promo/ diskon :(

    BalasHapus
  11. Kalau belanja yang mengharuskan tepat ukuran, misal baju dan sepatu saya lebih suka beli di toko mbak Ria, bisa dilihat bahannya dan langsung dicoba jadi nggak mungkin salah ukuran. Kalau beli kerudung masih mau di OL shop karena ukuran nggak begitu pengaruh :)

    BalasHapus

Thx for reading & comments :) THX also for following my IG @riamrt & twitter @riatumimomor

Aplikasi Blog Di iOS

Aplikasi Blog Di iOS
Install this & bring my blog everywhere you go

Shoplinks Asia

My Goodreads

Ria's books

A Storm of Swords
The Last Town
Wayward
Pines
Miramont's Ghost
Child 44
Mr. Mercedes
Deception
Sidney Sheldon's Angel of the Dark
A Clash of Kings
A Game of Thrones
Outlander
One for the Money
The Silkworm
Grotesque
Let Me Go
Kill You Twice
The Night Season
Evil at Heart
Sweetheart


Ria Tumimomor's favorite books »

Remote Submitter

Submit Express

Search Box