Blog berisi curhatan si lajang

Senin, 04 Januari 2016

Masakan Mama Part 2

Ikan Gurame

Saya paling doyan ikan gurame tapi jarang makan karena mahal yeee... Apalagi kalau makan di restoran bisa bikin gondok ketika bayar. Jadi, saat liburan Natal hingga Tahun Baru saya merayu mama untuk dimasakkan ikan gurame goreng. Dulu, duluuu ketika dia masih kuat masak ikan gurame biasanya ikan itu dibakar. Tapi karena prosesnya ribet, maka kami berdua (tepatnya mama yang memutuskan) memilih untuk menggoreng ikan tersebut. 

Jadilah pagi-pagi saya dan mama pergi ke pasar demi ikan gurame tersebut. Per kilogram seharga Rp. 50.000,- dan pas ditimbang...yeah! Pas 1 kg; atau mungkin yang jualan langganan mama saya ya gak jelas juga deh. Mama lalu meminta agar si penjual membersihkan sisiknya saja dan jangan sampai kulitnya rusak. Sekalian minta tolong untuk membersihkan bagian kepala. Untuk bagian perut mama saya hanya berpesan agar kalau ada telornya; jangan dikeluarkan. Slurp... lemak di bagian perut ikan gurame itu memang yang bikin menggugah selera juga.  


Untuk ikan gurame, cara masaknya kurang lebih hampir sama dengan ikan-ikan hingga daging dan ayam lain ala mama saya. Yaitu direndam dalam air campuran garam dan jeruk nipis. Garam dan satu buah jeruk nipis untuk rendaman ikan ini fungsinya tentu saja untuk menghilangkan amis. Atau intip saja di sini deh :)

Minyak goreng dipanaskan dan ikan langsung digoreng...
  


Ikan goreng gurame sudah jadi dan tidak terlalu kering ya. Saya senang makan lemak di bagian perutnya itu... Selagi panas, oleskan juga mentega kalau suka... Mentega akan lumer dan rasanya... Nyam, nyam... Naik deh timbangan saya. Lain kali mau coba masak sendiri ah...  


Postingan berikutnya saya akan berbagi resep olahan sambal mama yang kata teman saya sangat legendaris... Hahaha... Sampai nanti :) 

15 komentar:

  1. jadi inget kampung halaman mba. bapa saya pny kolam ikan belakang rumah. kalo anak2 nya pulang, pasti dimasakin ikan2 goreng sama ibu saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduuuh, baru baca komen ini aja saya jadi ngilerrrr

      Hapus
  2. aku baru tahu telur ikan itu enakkk...hua penasaran

    wah masakan mama mb ria memang tiada 2 nya, aku belum jago ngolah ikan
    tepatnya males ngebersihin jeroannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. dek, coba aja minta tolong yg jual bersihin... Nanti aku coba tanya sama mama cara bersihin sendiri gimana caranya ya

      Hapus
  3. Saya tanggal 31 Des kemarin beli gurame di pasar tradisional sekilo 45.000 mbak Ria, dimasak bumbu kecap dulu terus dibakar pas malam tahun baruan...seruuu pokoknya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaah, pasar tradisionalnya di mana nih.... tapi ya sudahlah... soalnya penjual ikan dkt rumah itu gak bisa ditawar lagi :))))

      Hapus
  4. Wah, aku juga suka gurame, tp lbh suka digoreng kering, biar kries2 ;p.. lemak di perut ikan, ato toro, itu memang paling mantap ya mba.. tp biasanya aku cobain toro ikan salmon ato tuna :D. di resto2 jepang gitulah biar rasanya bebas amis :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya sama mama saya direndam garam dan jeruk nipis setidaknya 5 menit untuk menghilangkan amis

      Hapus
  5. Aku suka banget makan ikan. Ikan apa aja tanpa pilih-pilih. :D

    BalasHapus
  6. Owalah..jadi mesti direndam air garam juga ya? Aku kirain dicipratin jeruk nipis doang untuk hilangkan amisnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. direndam air campuran garam sama jeruk nipis agar amis tidak terasa apalagi tercium :)

      Hapus
  7. ini nih yang aku kangenin kalau makan ikan goring/bakar di Indo. biasa kan ikan nya full plus kepala nah disini cuma fillet ikan doing, gak seru. terakhir pesen full ikan goring di restaurant Thai, eh tamu2 nya pada ngeliat kayak gimana gitu..hahaha...

    jadi ya kalau kepingin ikan musti bujuk2 si bf buat ke Chinese resto dulu..which gak murah soalnya ikan mahalll lol

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaps... Ikan gurame di sini juga muahal... Mungkin di sana kepala ikan itu diduga keras buanget adalah tempat kuman. Atau paling enggak, gak mungkin bisa bersih dan aman untuk dimakan... Mereka gak tau aja, di sini mah apa sih yg gak bisa dimakan :))))

      Hapus

Thank you for reading and comments.
Comments will be screened first.

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.