Rabu, 23 Januari 2019

Serba NON TUNAI


Di jaman milenial begini, walau umur gak masuk golongan milenial tapi gaya hidup jelas saya berusaha mengikuti. Apalagi jika bisa menguntungkan saya atau setidaknya mengurangi beban keuangan akibat hobi saya yang doyan makan.

Sebelum melanjutkan saya ingin menegaskan kalau post ini tidak berbayar, not a sponsored post. This post is my own opinion about several lifestyle products as follows:


Prepaid Card
Awal-awal kartu keluaran beberapa bank ini nongol, saya jelas ogah pakai. Buat saya gak ada untungnya isi kartu-kartu ini. Lah buat apaan? Kalau mau cashless, kan saya bisa pakai kartu debit atau ya kartu kredit sekalian. Tapi seiring berjalannya waktu, banyak promosi plus sekarang prepaid card sudah menjadi hal yang umum. Selain digunakan untuk fasilitas transportasi umum seperti busway dan KRL, ada juga prepaid card yang dikeluarkan oleh kafe dan tempat-tempat makan. Tentunya ada fasilitas tambahan seperti penggunaan beberapa kali dapat gratis minuman atau makanan. 

Angkutan Online
Setelah taksi konvensional, muncul angkutan online yang pada awalnya pembayaran dilakukan dengan tunai. Lalu aplikasi angkutan online ini menawarkan untuk menyediakan dana di aplikasi. Biasa, mulanya ogah bener deh saya menyimpan dana di aplikasi angkutan online tersebut. Sampai akhirnya merasakan manfaatnya ketika jalan-jalan ke luar kota, dan berakhir dengan bolak balik top up dana di aplikasi… Plus tentunya yang tidak bisa ditolak adalah pemberian diskon jika pembayaran dengan nontunai…




Ini hanya sebagian kecil saja yang saya sebutkan ya. Dan sekarang yang jadi masalah berikutnya adalah top up dananya dooong. Awalnya saya masih pakai cara lama, top up di ATM (kalau pas nemu di jalan) dan tentunya via internet banking (kalau pas lagi di kantor).
Tapi bagaimana kalau sudah di depan kasir dan mau bayar misalnya dengan cashless tapi dana yang tersimpan kurang? Mau jalan ke ATM yaela malas bener ya, membayangkan keluar dari antrian terus mesti ulang lagi dari awal. Apalagi kalau lagi ada sale, horror booo ngantri dari awal lagi. Di sini saya merasakan manfaatnya punya dua tabungan digital :




JENIUS
Dari postingan ini, saya merasakan manfaatnya banget punya rekening JENIUS keluaran BTPN. Banyak promosi yang bisa bermanfaat buat saya seperti cashback nonton pada hari Minggu. Memang sekarang promosinya sudah tidak ada lagi, tapi ada banyak manfaat lain seperti:
- Isi pulsa di mana saja kapan saja tanpa ada biaya administrasi

- Bisa digunakan top up dana untuk pembayaran non tunai angkutan online. Go-pay bagi pengguna GoJek dan Ovo bagi pengguna Grab. Dan seperti yang kita tahu, ada banyak promo serta diskon bagi pengguna GoPay dan Ovo saat ini.

- Bisa digunakan sebagai kartu debit jika menggunakan aplikasi Cashbac. Jadi pembayaran memotong langsung dana di rekening tapi ada cashback yang langsung masuk ke aplikasi. Jangan khawatir, cashback ini bisa digunakan untuk pembelian berikutnya.

- Ada fasilitas bebas biaya untuk tarik tunai di atm bank lain serta transfer dana ke bank lain. Untuk fasilitas ini diperhatikan ketentuannya karena tergantung jumlah dana yang ada di rekening. Semakin besar jumlah dana yang disimpan maka semakin banyak jatah transfer ke bank lain. TANPA BIAYA.
Harap diingat bahwa mengisi dana GoPay dan OVO itu termasuk transfer ke bank lain dan begitu jatah kamu sudah habis maka akan dikenakan biaya. 





DIGIBANK
Produk tabungan digital keluaran DBS ini kurang lebih mirip-mirip dengan JENIUS, tapi saat ini hanya DIGIBANK yang bisa topup prepaid card keluaran Bank Mandiri. Walau untuk ini teman-teman harus memperhatikan ketentuannya ya. Gara-gara ini saya sempat ngomel ke CS karena dana sudah terpotong dari rekening tabungan tapi dana di prepaid card bank Mandiri tidak bertambah. 
Handphone harus dengan spesifikasi tertentu atau saat top up pastikan ada di dekat ATM bank Mandiri dan ikuti petunjuknya. 

- Bisa untuk top up e-money seperti T-cash misalnya dan Ovo. Untuk top up OVO sebaiknya proses dimulai dari aplikasi Ovo dan pilih pengisian dengan kartu debit. Pastikan nomor handphone yang terdaftar tetap aktif ya. 

- Hingga saat ini belum ada biaya administrasi untuk transfer ke rekening bank lain. Dan belum ada ketentuan minimal jumlah dana yang ada di rekening untuk dapat jatah berapa kali transfer dalam sebulan.


Saya udah merasakan banget nikmatnya menggunakan dua rekening digital ini di saat-saat mendadak butuh tambahan dana. Atau ada yang minta tolong isi pulsa di jam-jam yang gak banget untuk keluar rumah. 


TAPI semua produk ini tentu saja gak bakal bisa digunakan kalau kita tidak punya paket data atau sinyal provider sedang payah… Jadi ya gak heran jaman sekarang orang lebih pusing gak punya paket data karena semua kegiatan kita tergantung pada adanya jaringan internet… 

So, pengalaman kamu sendiri bagaimana? 

0 komentar:

Posting Komentar

FYI, all spam comments will be deleted.

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.

Flag Counter

Flag Counter