Jumat, 03 Agustus 2018

Refreshing Dengan Colour to Life Faber-Castell

Colour to Life

Sedari kecil saya suka menggambar dan mewarnai dan bahkan sempat kepikiran ingin sekolah dengan jurusan ini. Tapi pada akhirnya hidup mengantarkan saya pada hal lain dan hobi yang satu ini terlupakan. Hingga saya melihat hasil karya teman saya mulai dari ia membuat sketsa lalu diwarnai dengan pinsil warna dan cat air. Wah, kenapa juga saya tidak mulai lagi dengan hobi yang satu ini? Jadilah sejak saat itu saya mulai mencari-cari informasi di internet mengenai alat-alat gambar, mewarnai, melukis hingga buku-buku untuk diwarnai. Ya, untuk mewarnai toh tidak harus menggambar sendiri. Ada tersedia banyak buku mewarnai baik untuk anak-anak dan orang dewasa seperti saya. Tapi buku mewarnai keluaran Faber-Castell ini berbeda dengan yang biasa. Buku mewarnai ini langsung didapatkan saat membeli edisi Colour to Life Faber-Castell. Kita langsung mendapatkan satu Augmented Reality Colouring Book berisi 15 halaman dan 20 warna Connector Pen. 


Airplane going away  (Faber-Castell)


Ketika membaca di kemasan bahwa ada embel-embel augmented reality pada buku mewarnai tersebut membuat saya penasaran. Yah, sebenarnya buat saya membeli buku mewarnai itu sensasinya mirip-mirip dengan membeli buku fiksi. Ketika baru mulai rasanya mau buru-buru hingga selesai tapi ketika sudah selesai rasanya seperti ada yang kehilangan. Ada 15 halaman dalam buku mewarnai ini dan tiap tiga halaman memuat satu tokoh karakter. Ada ksatria berkuda (bukan bergitar), pogo boy, seorang wanita dengan koleksi bajunya, pelukis dan pesawat. Yang mana dulu ya? Ksatrianya saja dulu deh. Atau masing-masing deh satu saya warnain saja untuk melihat hasilnya bagaimana.


Mau pakai baju yang mana yah 


Dalam kemasan coloring connector pen ada teknik dan contoh bagaimana mewarnai. Penjelasannya saya kutip dari Faber-Castell sebagai berikut:

Patterning
Yang dimaksud di sini adalah kita membuat pola yang sama berulang kali pada gambar tersebut. 

Pointilism
Mewarnai dengan membubuhkan titik-titik pada gambar tersebut

Squiggling
Mewarnai dengan coretan acak, contoh yang paling gampang bisa dilihat pada bulu domba

Shading
Mewarnai dengan garis yang menyerupai bayangan. 

Contouring
Mewarnai dengan mengikuti tepi garis yang ada pada gambar.


Jadi ceritanya saya mau iseng menggunakan salah satu dari cara-cara tersebut. Biasanya saya hanya mengarsir ke atas dan ke bawah untuk mewarnai. Ceritanya sekarang saya mau melakukan hal yang berbeda dari biasanya. Tapi ternyata yang paling saya suka adalah mewarnai dengan cara squiggling. Karena saya tipe yang cepat bosan dan sok tidak punya waktu. 

Pogo boy greets you


Dengan squiggling, saya bisa mendapatkan hasil mewarnai dengan cepat. Saya sudah bilang khan, kalau melihat gambar kosong itu maunya buru-buru diwarnai. Ada juga sih yang saya warnai dengan cara pointilism, tapi biasanya yang areanya tidak terlalu besar. Ketika sudah selesai rasanya senang sekali melihat kombinasi warnanya. 


Giddy up!

Nah, lantas di mana sisi Augmented Reality yang tadi disebutkan? Kalau membaca ringkasan kegiatan di kemasan, kita bisa berinteraksi dengan gambar 3D di buku ini. Karakter yang sudah diwarnai tadi bisa diajak main dan selfie bareng pula. Tapi sebelum kita bisa memulai kegiatan seru mewarnai ini ada aplikasi yang harus diunduh dan dipasang terlebih dahulu. Bisa dengan scan barcode yang terdapat pada kemasan atau cari "Colour to Life" di App Store dan Google Play dan unduh. Untuk lebih jelas, cara menggunakan applikasi ini bisa dilihat pada video yang bisa ditonton setelah scan barcode yang tersedia.


The painter is here

Ya, ternyata tokoh-tokoh yang sudah diwarnai sebelumnya bisa diajak bermain. Umumnya game pada aplikasi ini untuk melatih refleksivitas kita dan buat saya ini memang perlu banget ya. Apalagi saya memang jarang  main game karena malas. Karena ada lima karakter, maka tersedia 5 jenis permainan dengan masing-masing karakter.



Fly and fly away


Giddy Up
Kita membantu sang ksatria dan kudanya untuk melewati penghalang dan mendapatkan hadiah yang harus disenggol terlebih dahulu. Antara kesenggol dengan hadiahnya atau kalau apes ya kena penghalangnya dan permainan berakhir. Tujuan permainan ini seperti dijelaskan pada kemasannya adalah
- Memperkuat koordinasi mata dan tangan
- Melatih kemampuan motorik
- Meningkatkan perhatian dan konsentrasi
- Melatih refleks

Pantas ya akhir-akhir ini saya susah konsentrasi karena permainan ini asli gagal saya mainkan. Kasihan sama kudanya, hahahaha...


Penampakan sang ksatria dengan kudanya


Pogo Boy
Bertujuan sama dengan permainan sebelumnya.  Ada yang menarik perhatian saya di sini yaitu masalah rutinitas dan kenyamanan. Ketika sudah terbiasa dengan satu hal, saya jadi lengah dengan penghalang berikutnya dan akhirnya Pogo Boy ini gagal maning meraih hadiah. Maafkan saya ya dear boy.


Dress up Challenge
Nah, yang ini saya rada lumayan deh. Permainan ini bertujuan untuk mempertajam daya ingat dan meningkatkan perhatian serta konsentrasi. Saya hanya perlu menebak baju apa yang dikenakan dan seru juga sih, malah bisa jadi inspirasi OOTD.
Mungkin karena permainan ini tidak memerlukan reaksi yang cepat dari saya, jadi lumayan bisa memainkan yang satu ini.  


Balance Your Brain
Ah, akhirnya ada lagi permainan yang lumayan bisa saya ikuti. Pelukis ini mengajak pemain menebak antara tulisan dan warna. Permainan ini bertujuan untuk
- Memberi stimulasi bagi otak kanan dan kiri dalam koordinasi
- Meningkatkan perhatian dan konsentrasi
- Plus meningkatkan kecepatan otak (sepertinya, dalam berpikir dan mengambil keputusan)


Yang terakhir adalah Safe Flight
Permainan ini mempunyai tujuan yang sama seperti Giddy Up dan Pogo Boy. Nah, yang ini juga rada-rada ribet buat saya karena membutuhkan kecepatan dan ketepatan jari jemari. Saya harus membantu sang pilot dalam mendapatkan hadiah tapi hati-hati dengan penghalang yang ada. Begitu kena penghalang, permainan selesai. Terus jadi gemas dan mau main lagi.


Jika ingin berganti karakter dalam permainan, harus kembali ke menu utama dulu. Dan tentu saja harus scan lagi gambarnya ya teman-teman. Jadi, jangan lupa dibawa buku menggambarnya jika hendak berpergian dan ingin bermain bersama mereka.


Yuk knight, sarapan bareng

Mau lebih berinteraksi lagi? Pilih salah satu tokoh karakter yang akan kalian ajak bermain atau selfie dari menu utama applikasi. Jika kalian memilih Giddy Up, ikuti petunjuk yang ada dalam applikasi tersebut. Scan tokoh karakter dengan jarak minimal 30 cm dan tokoh tersebut akan melompat keluar dari buku untuk bermain dan berfoto bersama kita. Seru melihat penampilan para karakter tersebut dengan warna yang sudah kita berikan pada mereka. Dan ternyata lebih seru lagi berusaha untuk mengambil selfie terbaik bersama mereka. Saya nengok ke kiri, eh mereka ternyata ada di kanan setelah foto diambil. Saya menunjuk ke atas ternyata mereka ada di samping... Sepertinya lain kali saya harus merekrut para keponakan untuk bermain bareng dan foto bersama.

Tertarik dengan Colour to Life dan berniat mencoba sendiri? Bisa langsung hunting saja, teman-teman. Tempat pembelian Produk Colour to Life ada di Tokopedia , Gramedia atau toko buku terdekat. Yuk, jadikan momen mewarnai dan bermain menjadi lebih seru dengan Colour to Life.

Masih ragu karena merasa tidak bisa mewarnai apalagi menggambar? Tenang, langsung saja yuk meluncur ke media sosial Faber-Castell berikut ya:
Fanpage Faber-Castell International Indonesia
Instagram Faber-Castell

Silahkan intip juga video mengenai Colour to Life teman-teman dan selamat menikmati refreshing kalian.


18 komentar:

  1. paling suka mewarnainya pake pattern, ga cape hehe

    BalasHapus
  2. aku belom nyoba semuaaa hahahah, baru si ksatria & kuda poni #eh hahahaha di eman2 biar kalau lagi ada waktu luang di kantor, bisa warnain yg lain lagi & main2 lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku penasaran, jadi aku coba warnain masing2 satu halaman. tp yang cewek udah bablas dua halaman... soalnya seru liat hasilnya :)

      Hapus
  3. Balasan
    1. di Tokopedia 103.000 jeung Rani :)

      Hapus
    2. Harga selamanya nggak mbak 😁? Kayane masuk wishist next month ni, soale wis borong buku bulan ini

      Hapus
  4. Wah anakku pasti Seneng nih kalau sudah urusan gambar-menggambar. Buat referensi refresing anak nih pas jenuh belajar. Makasih mbak Ria.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga suka mbak, apalagi anaknya *sok yakin sekaleee... tapi memang senang melihat seolah2 karakternya melompat keluar dari buku :)

      Hapus
  5. bener2 refreshing ya mba, aku pas senin kemarin karena salah masukin data lgsg mumet tak tinggalin aja terus kuwarnain main games n selfie eh jadi gembira lagi hahhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. mood booster juga ya Colour to Life-nya Faber-Castell :)

      Hapus
  6. Kok seruuuuu siih hahahaha. Aku lgs pesen dr tokped mba, sekaligus 2. Drpd para bocah berebutan kan yeeee, jd emaknya lgs beli 2. Tp sepertinya punya si adek bakal aku yg mainin sih hahaha. Ga sabar barangnya dtg

    BalasHapus
    Balasan
    1. ceritain kalau sudah nyoba sendiri yaaa :)

      Hapus
  7. Bener banget. Ini hiburan banget. Saat mewarnai jadi inget masa kecil. Dan lalu takjub saat discan. Rebutan deh sama anaki :)))

    BalasHapus
  8. Wih bagus juga yah mba teknik yang titik-titik itu, aku kemarin belum coba takut aneh gitu hasilnya.. btw nagih main gamesnya seru semua :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku mau coba yg pattern, kemarin juga rada2 gak pede sama hasilnya. padahal mestinya coba aja ya. ini kan bukan lagi ujian semester... hihihihi

      Hapus

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.

Flag Counter

Flag Counter