Blog berisi curhatan si lajang

Selasa, 05 Juni 2018

Mari Kita Ke Jakarta Fair Kemayoran 2018

PRJ 2018

Jakarta Fair sudah menjadi bagian dari Jakarta sejak lama. Buat saya setiap tahun, dengan adanya Jakarta Fair seperti diingatkan bahwa bulan Juni adalah ulang tahun Jakarta. Yang menjadikannya semakin istimewa adalah karena tahun ini untuk ketiga kalinya Jakarta Fair berlangsung pada saat bulan Ramadhan dan perayaan Idul Fitri. Bagi yang belum sempat datang ke Jakarta Fair tahun ini gak perlu khawatir. Karena Jakarta Fair berlangsung dari tanggal 23 Mei hingga 1 Juli 2018. Udah sampai gajian dua kali barengan sama THR jadi pasokan dana sepertinya cukup yah untuk belanja. Kidding...



Tapi, tapi, walau Jakarta Fair ini berlangsung selama 40 hari bukan berarti gaji sama THR yang ada harus dihabisin di sana dong? Lho, siapa juga yang mengusulkan untuk menghabiskan penghasilan yang sudah susah payah diperoleh? Justru dengan belanja kebutuhan di Jakarta Fair ini bisa membantu mengirit. Harga-harganya jauh lebih murah dari yang biasanya karena ada berbagai macam diskon. Mulai dari promo buy one get one, diskon besar-besaran hingga 70% hingga voucher belanja.



Yikes, sepertinya kalau datang ketika pulang kantor gak bakal cukup dong waktu untuk check barang yang ingin dibeli? Ya gak usah nongkrong dari jam sahur juga kaleee... Perhatikan dulu jam-jam buka Jakarta Fair :

Hari Senin s.d. Kamis: 15.30 - 22.00
Hari Jumat : 15.30 - 23.00
Sabtu, Minggu dan hari libur Nasional : 10.00 - 23.00

Dan dalam rangka libur Lebaran serta hari potong cuti massal, jadwal buka Jakarta Fair adalah sebagai berikut:
11 - 13 Juni:10 - 23.00
14 Juni : 10.00 - 18.00
15 Juni : 14.00 - 23.00
16 - 20 Juni: 10.00 - 23.00


PRJ APPS



Tips dari saya untuk pergi ke Jakarta Fair adalah
1. Waspada
Ini tidak hanya berlaku bagi barang bawaan seperti dompet dan handphone. Tapi juga anggota keluarga apalagi anak-anak di bawah umur.
Pengunjung sangat banyak dan ada kemungkinan anak terlepas dari pegangan anda.

2. Pakaian casual
Menurut saya, karena areanya luas banget dan walau banyak spot untuk foto-foto tetap saja kenyamanan dalam berjalan itu penting. Kenakan pakaian casual dan alas sepatu yang menopang kaki anda agar tidak mudah lelah. Bukan apa-apa, rugi kalau sudah sampai ke sana lalu buru-buru pulang karena capek.

3. Bertanya
Jika ragu jangan segan bertanya pada petugas yang gampang dikenali dari pakaian dan identitas mereka. Jangan seperti saya euy, malas bertanya, keasyikan melihat area makanan akhirnya nyasar pas keluar. Saya maunya keluar di pintu yang dekat dengan halte busway. Maunya kemana, akhirnya jalannya kemana, mana sudah malam pulak... mau panggil ojek online pun saya tidak tahu ada di mana.

4. Aplikasi
Download aplikasi Jakarta Fair agar kegiatan bisa terencana dan tidak berputar tidak jelas. Areanya luas banget loh... Sehari pun rasanya tidak cukup untuk mengelilingi semua stand dan booth yang ada.
Tersedia untuk pengguna android dan iOS jadi langsung saja didonlot ya teman-teman. Kalian bisa memperoleh semua informasi yang diinginkan, termasuk yang paling penting nih. Ehm, fitur Evoucher di mana setiap harinya penyelanggara memberikan ribuan hadiah langsung dan promo dari stand yang ada di Jakarta Fair. Jika biasanya voucher diperoleh berbarengan saat membeli tiket maka dengan mengunduh aplikasi ini, kita juga bisa mendapatkan evoucher. Pluis ada pengumuman mengenai Grand Prize dan Undian Kejutan Lebaran. Hadiah untuk grand prize berupa 4 unit mobil dan 40 unit motor.  Dan untuk hadiah undian berupa 5 unit sepeda motor, 5 unit smartphone, 5 unit LED Tv  dan voucher belanja Lottemart.




Sementara teman-teman download aplikasinya dan register serta nomor tiket masuknya, yuk simak dulu liputan singkat saya saat berada di Jakarta Fair.

Jakarta Fair menyediakan tempat untuk beribadah di area belakang Hall B-C3. Musholla pun tersebat di berbagai area untuk menjalankan ibadah shalat. Jadi, teman-teman bisa tetap menunaikan ibadah ya selama berada di area PRJ.

Untuk urusan perut, karena biasanya sehabis jalan-jalan mencari yang diinginkan plus jika telah tiba waktunya berbuka puasa maka lebih tidak usah khawatir lagi. Ada macam-macam tempat makan hingga booth yang menjual makanan kudapan. Pastinya beberapa area kuliner di Jakarta Fair ini antara lain:





EXPO RESTO
Saya dan rekan-rekan blogger lain berkesempatan menikmati acara berbuka puasa bareng dengan team dari Jakarta International Expo. Bapak Judit Eko Nugroho selaku Operational Manager Food and Beverage berkenan menerangkan pada kami mengenai perbaruan konsep restaurant. Sekarang tersedia buffet dan konsep baru di coffee shop.




Ingin makanan berat ada, ingin sekedar duduk melepas lelah sambil menikmati kopi juga ada tempatnya. Chef Sudaryanto juga mengajak kami ke area Expo Resto yang berada di bawah dan memperlihatkan betapa ramainya para pengunjung.




Tempat duduk di balkon yang menghadap ke panggung spektakuler juga langsung penuh dengan para pengunjung.




Sementara kami duduk di VIP area dong... Ehm... 


Area Kuliner khas Bali
Sebelum ke Bali mampir ke area yang menyajikan makanan nuansa khas Bali. Belum sempat mampir ke sini nih... Jadi penasaran makanan apa saja ya yang disajikan?




Area Pasar Malam
wow ... di sini bukan hanya tersedia aneka makanan yang sedang hits dan instagramable. Tapi banyak spot-spot menarik untuk selfie bareng teman atau teman berharap lebih dari teman (apa sih saya). Saking serunya saya melihat-lihat area ini akhirnya jadi salah mengambil jalan keluar.





Kerak telor dan American Donat yang memang sudah jadi ciri khas Jakarta Fair. Hanya ada selama Jakarta Fair berlangsung.





Area  Kampung Betawi menyajikan makanan khas Betawi diantaranya adalah Bir Pletok (tentu saja ini bukan bir yang mengandung alkohol, hanya namanya saja ada embel-embel bir)



Produk jajanan dan makanan dari berbagai merk, you name it you got it. Tersedia dalam kemasan-kemasan menarik disertai bonus dan hadiah pembelian.





Merasa enggan ke Jakarta Fair karena takut anak tidak betah? Eits, jangan khawatir karena ada arena hiburan anak juga. Ada bom-bom car, bianglala, kora-kora mini dan yang antriannya panjang nih rumah hantu Sacred Riana.





Tersedia juga kendaraan bagi si kecil jika mereka sudah lelah berjalan... Seandainya ada ojek online juga bagi pengunjung dewasa ya. Maunyaaa...




Sementara bagi penggemar bola, bisa menyaksikan pertandingan Piala Dunia 2018 dengan total 64 pertandingan secara live. Area Dunia Pesta Bola ini lokasinya di kawasan Gambir Expo dan juga menghadirkan musisi dalam negeri di panggung untuk menghibur pengunjung. 

Eh, ngomong-ngomong musisi dalam negeri... tentunya bisa dipastikan adanya konser musik di panggung utama. Jadwalnya....bisa dilihat langsung di aplikasi PRJ.

Untuk pagelaran kesenian dan budaya nasional akan mengambil tempat di Panggung Budaya Gambir. Acara akan diisi oleh berbagai komunitas.



Pawai Karnaval termasuk yang paling ditunggu karena ada ondel-ondel, tarian kebudayaan, cosplay, humanoid, dancer, barongsai, marching band. Pssst, saat maskot para tenant ikutan karnaval mereka akan membagi promo produk kepada para pengunjung. 

CSR Peduli Anak diadakan dengan mengundanga anak yatim piatu dari berbagai panti asuhan di Jakarta. Ada juga program donor darah yang dibuka untuk umum dan bekerja sama dengan PMI.

Pesta Kembang Api akan diadakan sebanyak 5 kali yaitu saat pembukaan, ulang tahun DKI Jakarta, dua hari saat perayaan Lebaran dan tentu saja pada saat penutupan. 



Khawatir tepar mengangkut barang belanjaan? Ada penyewaan trolley bagi para pengunjung. Sewa saja ya, bukan untuk dibawa pulang.

Jadi tunggu apalagi? Hayuuukkkk ke Jakarta Fair...
Terima kasih mbak Mudrikah (pemilik blog Mudrikah.Com) untuk fotonya 

Panduan peta ke Jakarta Fair.

10 komentar:

  1. Ahhhh aku udah jadwalin mau ke PRJ tapi waktunya belum sempat, aku udah kepoin promo2nya di IG hahaha, mungkin aku kesana abis lebaran aja hehehe

    Meta,
    www.ursula-meta.com

    BalasHapus
  2. Aku nagih ke PRJ. Kemarin belum puas. Pokoknya memang wajib balik lagi pas penutupan. Demi Sheila on 7!

    BalasHapus
  3. Wah makin rame aja, aku terakhir tahun 2011 ke PRJ, mesti punya tenaga ekstra ya kalau mau keliling, capek banget ih luas sekali area nya. Kalau ada kendaraan untuk anak wah membantu banget ya biar gak rewel

    BalasHapus
  4. Memory masa kecil banget kalau dtng ke jakarta fair, kerak telornya selalu bikin kangen.

    BalasHapus
  5. Waduh enaknya yang tinggal di Jakarta bisa dateng ke Jakarta Fair.. rame dan seru kayaknya ya Mbak.. Pengen ngendon di area pusat jajanan, hihi

    BalasHapus
  6. Luasnyaaaaa. Itu enggak ada odong-odong atau delman yang bisa disewa biar enggak capek jalan kaki? Hihihi.

    Nasi gorengnya bikin ngiler euyyy. Untung lg ga puasa. 😂

    BalasHapus
  7. Aaah, jadi pengen ke Jakarta Fair. Yang bikin ngiler itu aneka jajanannya.

    BalasHapus
  8. Wah, tahun ini PRJ dibuka lebih lama berarti ya.. biasanya cuma sebulan doang kan?

    Kalo habis lebaran jadi ke Jakarta, kayaknya aku mau mampir deh..

    BalasHapus
  9. Lengkap sekali ya di PRJ mulai dari makanan hiburan sampai belanja pun ada disana suatu hari saya juga pengen ke sana tapi sekarang terkendala dengan jaraknya yang terlalu jauh

    BalasHapus
  10. aku trus ngos-ngosan mbak, padahal cuman baca info tentang apa aja yg ada di PRJ ini selama Jakarta Fair. Apalagi kalo ke sana langsung wkwkwk, superrr lengkap. Sampe booth sosial donor darah pun ada, hebat!!!

    BalasHapus

Thank you for reading and comments.
Comments will be screened first.

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.