Senin, 14 Mei 2018

Pertimbangan Memilih Rok Batik

Beberapa tahun yang silam, batik tidak banyak digunakan umum selain untuk acara formal. Selain harganya yang terbilang mahal, model baju batik juga cenderung sama dari tahun ke tahun. Batik mulai lebih populer sejak UNESCO menetapkannya sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan an Nonbendawi pada 2 Oktober 2009. Model baju batik mulai bervariasi dan mulai digemari berbagai kalangan untuk acara yang formal maupun nonformal.  Ada baju atasan, celana panjang, kulot dan tentu saja rok batik. Selama ini yang saya pasti beli adalah atasan batik yang lebih ke masalah praktis saja. 

Beberapa hal yang membuat saya lumayan berpikir dalam membeli rok batik adalah:

Bentuk Badan
Wah yang satu ini jadi faktor paling pertama untuk membeli baju model apapun. Kalau baju tersebut membuat saya malah jadi tidak nyaman karena sebentar-sebentar harus elus perut pastinya tidak akan saya beli. Bisa dibilang saya lebih memilih mencari aman dengan memilih baju atasan. Baju atasan yang lebar lebih membebaskan saya untuk bergerak dan bisa dipadupadankan dengan apa saja. 

Kegiatan
Yang saya maksud dengan kegiatan sebagai bahan pertimbangan karena selama seminggu saya lebih banyak menghabiskan waktu antara rumah dan kantor. Sehari-hari saya menggunakan angkutan umum untuk berangkat ke kantor seperti bus ataupun ojek online. Saya tidak terbiasa duduk menyamping saat naik ojek. Pernah saya nekat mencoba dan ketika ojek tersebut berbelok saya hampir terpelanting dari tempat duduk. Naik bus dengan rok juga is a big no-no karena rasanya kok risih ya. Biasanya bagian kaki terlindungi, sekarang malah ada angin semilir terasa. Halah! 


Padahal kalau saya mau ribet sedikit saja (mau terlihat cantik harus ada usaha, betul?) ada beberapa alasan untuk mengenakan rok batik, diantaranya adalah:

Tampil Beda
Kegiatan saya tidak mungkin hanya seputar kantor dan rumah saja dong. Pastinya tiap hari Minggu ketika ke gereja, saya ingin tampil berbeda dari biasanya. Kalau biasanya juga saya cari aman dengan mengenakan dress A line tentunya sesekali tidak salah jika saya mengenakan rok. Setuju? Yang perlu saya pikirkan tentunya kombinasi baju atasan yang cocok dengan rok batik tersebut.
Menurut saya, penampilan yang berbeda di kegiatan yang berbeda akan memberikan kesan fresh. Ya, mengapa juga tidak berani mencoba sesuatu yang berbeda dari rutinitas sehari-hari?

Easy Mix Match
Yang menyenangkan dengan trend berpakaian saat ini adalah bebas menjadi diri sendiri. Saya termasuk wanita yang tidak terlalu menyukai pemakaian high heels. Ada banyak alasan, tapi tentu saja yang paling utama adalah tidak nyaman. Sementara pemakaian rok apalagi rok batik akan lebih cantik jika ditopang dengan high heels, benar? Untunglah jaman sekarang ada sepatu wedges yang dapat membantu memberikan efek manis pada penampilan saat mengenakan rok. 
Jika suasana lebih santai, pemakaian sepatu sneaker dan sandal etnik dapat diandalkan. Itu baru sedikit contoh mix match dengan sepatu. 

Karena saya sudah berani mencoba tampil beda dan bahkan sudah memutuskan padanan apa yang cocok dengan rok batik maka yang saya akan kembali fokus ke hal pertama yaitu bentuk tubuh. Dan rok batik yang akan saya pilih sebaiknya dengan:

Model high waisted skirt 
Rok yang pemakaiannya tinggi di bagian pinggang dan memberikan kesan tergantung dapat memberikan kesan perut yang lebih ramping. 

Maxi Skirt
Rok panjang yang kurang lebih mirip-mirip dengan model rok sebelumnya. Perbedaannya adalah, karena tubuh saya yang pendek maka saya sebaiknya memadukannya dengan sepatu wedges. 

Persamaan dari kedua model rok yang saya sebutkan tadi adalah, keduanya mirip dengan dress tipe A-Line. Hal yang perlu dihindari dari pemakaian kedua model rok tersebut adalah yang berbentuk pipa dan yang ketat. Bahan rok batik tersebut juga perlu diperhatikan agar nyaman saat digunakan.

Ah, sepertinya saya sudah siap dengan pilihan rok batik baru. Walau tidak merayakan, saya akan mengenakannya saat diajak berbuka puasa dan merayakan Idul Fitri bersama sahabat dan keluarga. Bagaimana dengan kalian? 

1 komentar:

  1. cuma satu punya rok batik dan jadi andalan kalo ada acara resmi/ semi resmi atau perlu dress code batik :D

    BalasHapus

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.

Flag Counter

Flag Counter