Jumat, 06 April 2018

Takaran Pemberian Susu Formula Untuk Bayi

Berbicara mengenai produk makanan untuk bayi tentunya tak akan bisa terlepas dari susu formula, mengingat susu ini memang memegang satu peranan penting sebagai asupan nutrisi untuk si kecil. Khususnya selepas mengkonsumsi ASI. Pastinya banyak diantara orang tua yang sudah mulai menghentikan pemberian ASI secara eksklusif kepada buah hati mereka setelah menginjak usia hampir 1 tahun bukan, padahal sebenarnya kebutuhan akan susu tetap penting, sehingga banyak diantaranya yang mengganti dengan pemberian susu formula. Ada banyak sekali pilihan merk susu formula terbaik untuk buah hati.

Produk susu sendiri sebenarnya memang sudah menjadi bagian minuman penting tak hanya untuk bayi saja, melainkan juga anak-anak hingga orang dewasa, salah satu fungsinya adalah untuk mencukupi kebutuhan akan protein, sehingga nantinya asupan protein mereka bisa lengkap. Hanya saja tak jarang diantara para orang tua yang salah dalam pemberian susu, baik itu dari segi usianya maupun ukuran terbaik dalam memberikan susu. Tak bisa dipungkiri bahwa semakin lama kebutuhan susu akan buah hati menjadi semakin tinggi.


Namun melihat dari usia sendiri nantinya juga akan mengalami fase penurunan, karena bayi sudah diperbolehkan untuk mengkonsumsi air putih. Tak peduli apapun merk susu formula terbaik yang dikonsumsi pastikan bahwa memberikan sesuaikan dengan takaran yang dibutuhkan, berikut ini adalah bayangnya atau takaran susu formula yang diberikan kepada bayi sesuai dengan usia mereka, diantaranya adalah:

1. Bayi baru lahir dengan rentan usia hingga 40 hari, umumnya mereka hanya bisa mengkonsumsi produk makanan yaitu susu saja, dengan takaran 44 hingga 90 ml antara 2 hingga 3 jam, nantinya ketika buah hati sudah menunjukkan tanda lapar kembali maka harus diberi dengan susu lagi, khusus untuk pemberian susu pada bayi yang baru lahir hendaknya juga pekat sehingga nantinya si kecil juga jadi cepat kenyang.

2. Bayi usia 2 bulan, umumnya mereka akan membutuhkan lebih banyak susu karena perutnya sudah bisa menampung lebih banyak makanan, sehingga akan jadi mudah lapar, untuk takaran normal yang diberikan adalah antara 120 hingga 140 ml dalam rentan waktu yaitu 3 hingga 4 jam, ibu harus selalu siap sedia dengan botol yang berisi susu hangat.

3. Bayi dengan usia 4 bulan, kebutuhan akan produk makanan mereka akan jadi jauh lebih meningkat, apalagi jika bunda belum menunjangnya dengan sumber makanan pendukung ASI, sehingga susu tetap menjadi prioritas utama, jumlah yang harus dibuat setidaknya ada 120 sampai dengan 150 ml, kemudian untuk rentan waktunya sendiri tidak pasti, kapan mereka lapar maka harus siap sedia. Biasanya pemberian susu sudah bisa dikatakan normal ketika berat buah hati sudah menginjak angka 5 kg.

4. Bayi usia 6 bulan, memasuki usia 6 bulan artinya si kecil sudah dapat mengkonsumsi berbagai macam produk makanan pendukung, misalnya adalah biskuit bayi maupun bubur. Hal ini dikarenakan mereka sudah mulai lapar dan tak cukup hanya dengan susu saja. Sedangkan untuk pemberian susu juga lebih meningkat antara 180 hingga 250 ml diberikan setiap 4 hingga 5 jam sekali.

Semakin bertambah usianya maka akan kian banyak takaran susu yang dibutuhkan oleh buah hati. Pastikan memilih merk susu formula terbaik sehingga mereka menjadi cepat kenyang karena semua sumber nutrisi yang dibutuhkan terpenuhi. Pilih juga yang sesuai dengan usia.

3 komentar:

  1. Anakku kenapa gak mau susu formula yaa. :( Padahal udah ganti-ganti merk tetap gak mau, huhu.

    BalasHapus
  2. Iya nih, ngasih takaran susu harus sesuia dengan usianya supaya gizi terpenuhi.

    BalasHapus
  3. Memberikan susu pada bayi harus dengan takaran yang tepat dan sesuai memang.

    BalasHapus

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.

Flag Counter

Flag Counter