Blog berisi curhatan si lajang

Kamis, 12 April 2018

Indonesian Handmade Products


Saya termasuk yang sering lapar mata jika melihat sesuatu yang saya anggap unik. Jadi, karena merasa yang saya lihat itu keren, dan ini biasanya terjadi ketika sedang jalan-jalan…pasti langsung saya beli. Iya, kalian tahu dong kalau sedang jalan-jalan ke pelosok Indonesia dan menemukan souvenir serta asesoris khas dari sana. Kayaknya kalau gak beli itu yakin bakal nyesel. Asesoris etnik dan yang tidak biasa itu memang seru ketika dibeli dan digunakan langsung on the spot. Tapi, ketika sudah balik ke aktivitas sehari-hari saya malah jadi bingung sendiri. Ini cocoknya dipakai sama baju yang mana yah... Hahahaha... Cape dheee...



Setelah lama tidak pernah membeli asesoris, mendadak saya kepikiran mau beli yang sesuatu banget. Kepinginnya yang tidak biasa, buatan dalam negeri dan kalau bisa sih jangan yang sudah diproduksi massal tapi maunya yang harganya terjangkau. Banyak banget maunya kau mak! Ujung-ujungnya mau yang harganya bersahabat juga. Tapi ya sudahlah ya namanya juga berharap, jadi sebaiknya dicari dulu. Dan karena jaman sekarang sudah ada mesin pencari informasi maka mulailah saya mengetik kata barang handmade dan saya menemukan situs Qlapa.com 




Okay, gawat nih... saya memang awalnya ingin mencari asesoris tapi kok ternyata banyak banget yang bisa dilihat di sini. Tidak hanya fashion, tapi juga sampai peralatan rumah tangga hingga kebutuhan untuk kuliner sampai perawatan dan kecantikan. Dan semuanya adalah produk buatan dalam negeri, which is good. Pertama, kita memang sudah sewajarnya mendukung produk dalam negeri. Kedua, kecuali barang tersebut tengah out of stock atau ingin customized, pasti durasi pengiriman tidak pakai acara lama. Biasanya yang ingin buru-buru sampai ini kalau mendadak perlu kado atau ada acara yang mewajibkan dress code. Maunya cepat, tapi tidak sempat mencari sendiri...cari di Qlapa.com adalah solusi yang pas.

Kalau sampai tidak ada ide untuk memberikan bingkisan maka kategori di situs Qlapa.com ini menyediakan juga bagian perayaan dan hadiah. Jadi hadiah yang diberikan bisa dipilih tematik sesuai dengan perayaannya. Perayaan tentunya tidak terbatas pada acara ulang tahun dan hari besar lainnya. Merayakan ultah pernikahan (atau pacaran), wisuda and so on, bisa dicari di sini. Mencari rekomendasi dengan pilihan editor juga ada... misalnya ingin tahu koleksi batik terkini.

Wah ini berasa pergi ke mall tapi barang yang dijual tidak diproduksi secara besar-besaran. Beberapa malah bisa pesan customized agar lebih terkesan personal. Dan yang paling penting adalah, harganya juga bersahabat dengan kantong. Tapi kualitas yang didapat tetap bagus dan tidak murahan. Plus, ada jaminan uang kembali jika barang rusak ketika baru diterima.

Nah, fokus, fokus, saya lagi butuhnya asesoris... Please deh jangan melihat lagi ke yang lain ya Ria…

Saya pun mulai browsing lagi di situs Qlapa.com untuk mencari cincin. Inilah asesoris favorit saya karenaaa biasanya cincin tidak semahal asesoris lain. Walau tentu kembali lagi, bahannya apa dulu dong. Jadi untuk lebih spesifik lagi, saya mengetikkan kata kunci yaitu cincin kayu. Seingat saya, memang belum punya perhiasan yang terbuat dari kayu jadi mengapa tidak memulainya sekarang? Dan dari beberapa pilihan yang ada, saya naksir pada satu merk yaitu Uma Kayu.

Ada beberapa pilihan cincin kayu dan membuat saya sulit menentukan pilihan… soalnya semua lucu-lucu sih. Dan seperti yang sudah bisa diduga, dari cincin saya akhirnya melipir juga melihat produk Uma Kayu yang lain. Ternyata Uma Kayu tidak hanya menjual asesoris tapi juga peralatan rumah tangga termasuk tempat lampu, buku dengan cover dari kayu tentu saja, piring atau tempat menyajikan makanan, tatakan gelas dan dua terakhir ini saya perlu untuk variasi foto-foto. Ya, okay sebenarnya bukan perlu ya… tapi mau… heheheh… Ternyata Uma Kayu ini adalah salah satu brand local yang produksinya menggunakan sisa produksi kayu sehingga menjadi produk baru dan mempunyai nilai jual.

Jadi, siapa bilang produk local tidak menarik? Cakeeep khan produk Uma Kayu ini?


6 komentar:

  1. Kalau ke Qlapa, saya biasanya mencari sepatu.

    BalasHapus
  2. iklan Qlapa ini sering seliweran di sosmed, tapi aku bertahan ngga buka.. takut kalaf hahahahaha, soalnya kebayang lucu2 banget produknya karena kutau produk handmade buatan Indonesia itu bagus2 :D trus sekarang liat tulisan ini.. glgeh...

    BalasHapus
  3. Hahahaha samaaa san.. Akupun sampe skr blm mau buka, krn tau pasti ntr ujug2nya kalap dan khilaf :p. Bagus2 memang produknya

    BalasHapus
  4. Memang belum banyak yang tau soal Qlapa dan apa yang mereka lakukan. Dan saya cukup senang membaca tulisan bagus seperti ini yang mengenalkan Qlapa sebagai toko jual beli yang berfokus pada penjualan produk-produk handmade lokal Indonesia. Yang artinya, ketika kamu menulis ini dan menyebarkannya pada dunia, kamu turut serta menyebarkan semangat #CintaProdukLokal dan itu yang sangat saya sukai.

    Nah, kalau boleh saya tambahkan, Qlapa itu lebih dari sekedar platform jual beli online. Mereka menyediakan produk handmade sekaligus menawarkan kemudahan. Para pembeli tidak perlu melakukan pemesanan yang sebegitu rumitnya untuk membeli produk di Qlapa, dan begitu juga sebaliknya, para pengusaha dan pengrajin yang mau berjualan bersama Qlapa juga diberikan kemudahan untuk mempromosikan produknya di Qlapa.

    Sesuai dengan tagline-nya, Mudahnya menemukan handmade unik khas Indonesia di Qlapa setidaknya terbukti. Disamping kemudahan yang diberikan, dengan bertransaksi di Qlapa kita juga turut meningkatkan usaha Eknonomi Kreatif Indonesia yang sedang menggeliat. Dengan kita membeli produk di Qlapa, kita menyemangati pengrajin lokal untuk tetap semangat berkarya.

    Dengan begitu, semangat #CintaProdukLokal bisa berjaya lagi, dan kita tidak perlu lagi berbelanja produk handmade-handmade mahal buatan luar negeri, karena di Qlapa, kita bisa beli dan memiliki handmade unik khas Indonesia yang belum tentu ada di tempat lain dengan harga terjangkau.

    Semoga makin banyak orang Indonesia yang #CintaProdukLokal dan Qlapa adalah salah satu platform yang tepat untuk membuktikannya.

    Btw, saya juga lagi ikutan lomba blog yang sama nih. Minta kunjungan baliknya ya ke bit . ly/Qlapa (sengaja saya pisahkan agar tidak tersaring filter spam). Semoga beruntung dengan lomba blognya ya. Gue harap salah satu hadiah-hadiah yang ketjeh itu mendarat di depan rumah kita dengan mulus. Amin

    maaf ya kalau komennya kepanjangan, hihi.

    BalasHapus
  5. Jatuh Cinta Dengan Produk Handmade Asli Indonesia, karena produknya keren2 setelah lihat di qlapa

    http://www*sugatangguh.com/2018/04/jatuh-cinta-dengan-produk-handmade.html?m=1

    BalasHapus
  6. Souvenir Shop 39, Jl. Cihampelas No. 39, Bandung 40116. Telephone 022-4205427. Mohon di-review. Contact Person: Ibu Tini.

    BalasHapus

Thank you for reading and comments.
Comments will be screened first.

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.