Kamis, 22 Februari 2018

Menu Makanan Bayi Usia 1 Tahun

Pertumbuhan si kecil yang kian hari kian berkembang tentu menjadi salah satu hal yang membahagiakan. Mengingat momen seperti ini tak akan bisa terulang kembali, maka tak heran jika para orang tua selalu berusaha memberikan segala hal yang terbaik untuk tumbuh kembangnya. Salah satu hal yang penting adalah dari segi makanan anak. Makanan menjadi faktor penting dalam tumbuh kembangnya. Setiap masa pertumbuhannya butuh makanan yang berbeda pula. Bila bayi Anda sudah injak umur setahun, maka makanan bayi 1 tahun wajib untuk dipersiapkan.

Ketika bayi sudah injak umur setahun, maka makanan yang bisa disantapnya pun kian beragam dan bervariasi. Anda sudah bisa mengganti konsumsi ASI ke konsumsi susu sapi. Bahkan menambahkan camilan berupa makanan padat untuk si kecil. Namun untuk usia ini, ada baiknya Anda menghindarkan si kecil dari susu rendah lemak lantaran anak justru butuh lemak tambahan sehingga pertumbuhan otaknya bisa sehat. Susu rendah lemak ataupun makanan serba rendah lemak sudah boleh diberikan ketika anak masuk ke usia 2 tahun namun tentu harus dengan pengawasan dokter atau ahli gizi.


Ketika anak memasuki usia 1 tahun, maka akan banyak sekali perubahan yang terjadi pada pola makan yang dilakukannya. Selain itu berat badan si kecil pun akan tumbuh dengan cepat. Anda tak usah kaget jika melihat tumbuh kembang si kecil yang bisa mencapai 3 kali lipat berat badan sejak dirinya lahir. Dengan pertumbuhan ini menjadikan selera makan juga bertambah dan si kecil pun mengalami banyak sekali perubahan pada aktivitasnya. Selera makannya pun bisa berubah-ubah sehingga Anda yang harus bisa menyesuaikan.

Kadang bingung menentukan menu yang tepat untuk si kecil. Namun dengan beberapa rekomendasi makanan bayi 1 tahun berikut ini, maka Anda akan bisa mengkreasikannya kembali sehingga bisa lebih beragam:
1. Seafood 
Sudah bukan rahasia jika makanan laut memang mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, Anda baiknya mengenalkan anak dengan beragam makanan laut ini sejak dini. Selain itu mengenalkan anak pada makanan laut sejak awal juga akan memberi kesempatan untuk mengetahui apakah si kecil alergi atas makanan laut atau tidak mengingat banyaknya kasus demikian.


2. Buah
Buah pun menjadi makanan yang harus Anda sediakan untuk si kecil sehingga dirinya bisa mengenali beragam rasa buah. Buah pisang mungkin menjadi buah yang sangat sering disantapnya sejak kecil karena teksturnya yang lembut. Namun karena usianya sudah mulai bertumbuh, maka Anda juga bisa menambahkan jenis buah lainnya sehingga dia bisa belajar menggigit juga. Misalnya saja buah semangka tanpa biji, strawberry dan buah lainnya. Penyajiannya juga tidak perlu di hancurkan, hanya dipotong saja.


3. Kacang-kacangan
Jika Anda tahu si kecil tak punya alergi kacang, maka bagus sekali karena bisa diberikan sebagai makanan tambahan. Anda bisa memberikannya kacang merah, kacang tanah atau kacang lainnya yang sudah direbus sehingga bisa jadi camilan.

Kini pun sudah ada banyak sekali makanan bayi 1 tahun yang instan dimana bisa mudah dipesan di situs belanja online. Dengan demikian, maka Anda bisa kian kreasikan makanan harian si kecil.


2 komentar:

  1. Kalau anakku kurang suka sih sama seafood, lebih ke ayam yang dia suka haha.

    BalasHapus
  2. Mungkin karena emak dulu jarang banget kasih seafood makanya ga cenderung kurang suka dan punya alergi walau nggak parah banget 😂

    BalasHapus

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.

Flag Counter

Flag Counter