Minggu, 24 Desember 2017

Merry Christmas 2017


Natal 2017 ini adalah perayaan Natal tahun kedua tanpa papa dan hanya berdua dengan mama saja. Biasanya di awal bulan Desember papa sudah mulai bertanya kapan pasang pohon Natal. Dan ujung-ujungnya saya dicela habis oleh kedua orangtua saya. Karena saya maunya semua ornamen dipasang  di pohon sementara orangtua lebih suka pohon Natal cukup dihiasi dengan lampu. Tapi sejak papa tidak ada, saya jadi malas memasang pohon Natal.

Sebenarnya saya ngapain saja sih kalau lagi menjelang hari Natal dan pas hari Natal?



Bebersih Rumah
Halah, sebenarnya tidak usah menunggu sampai ada hari raya untuk benah-benah rumah. Tapi biasanya acara bersih-bersih ini jadi lebih intense menjelang hari Natal dan Tahun baru. Apalagi di area tempat kami akan meletakkan pohon Natal. Kalau tidak dibersihkan, bisa jadi sarang nyamuk. Plus, biasanya kalau sudah pasang pohon Natal paling tidak sebulan baru akan disimpan. Pernah sampai February pohon Natal masih terpasang di rumah saking malasnya bebenah.


Ayam bumbu Ijo

Makanan
Setelah dewasa kalau diingat, memang menjelang hari Natal itu yang menderita mama saya. Dia pasti memasak makanan yang disukai saya dan almarhum papa. Serta pastinya juga makanan lain untuk disajikan ke para tamu, entah itu keluarga atau tetangga. Mulai dari budgeting, belanja, masak, cuci piring... duh... Jadi siapa bilang, kerjaan ibu rumah tangga itu gampang yah...
Sekarang setelah saya dewasa dan mama tidak bisa masak seperti dulu, solusinya.... beli di warung. Hahahahha.... Atau makan di luar di hari istimewa seperti ulang tahun dan perayaan. Pastinya kue kering harus tersedia pula walau yang satu ini potensial buat menambah lemak.




Baju Baru
Di keluarga saya kebetulan tidak membiasakan harus ada hadiah di hari ulang tahun dan Natal ataupun Paskah. Tapi makan-makan ya wajib, seperti yang sudah saya sebutkan di poin sebelumnya. Dan biasanya mama pasti mengusahakan agar saya dapat baju baru. Buat mama dan juga almarhum papa, boleh deh pakai baju seadanya di hari-hari biasa namun wear your best on special days.


Ibadah
Kalau sedang di rumah alias tidak kemana-mana saat liburan Natal, kami sekeluarga pasti ke gereja pas malam Natal. Dan menjelang jam 12 malam saat Natal tiba, kami mengadakan ibadah singkat. Ibadah keluarga ini juga kami adakan jika sedang berada di luar kota.
Kalau mau pergi ibadah nih, biaanya seperti mau pergi perang. Karena jemaat gereja akan beranak pinak lebih banyak dari biasanya. Jadi, kami sudah harus bersiap setidaknya dalam satu jam sudah harus dalam perjalanan. Gerejanya sih deket, ibadah paling lama dua jam. Tapi proses bersiap di rumah itu yang mendadak jadi lamaaa dan membuat mama saya senewen dan akhirnya saya dan papa ikutan senewen. Ketahuan siapa komandannya.


Yang satu lihat ke mana, yang lain lagi sumpek... 


Inilah kenangan perayaan Natal di keluarga saya ketika masih ada papa... Selamat Natal ya papa... Selamat Natal juga untuk teman-teman yang merayakan. 

0 komentar:

Posting Komentar

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.

Flag Counter

Flag Counter