Minggu, 17 Desember 2017

Etika Belanja Online


Wedew, belanja online saja ada etikanya ya? Supaya bisa menyimak santai, seduh kopi dulu yuk kakak-kakak. Topik kali ini tidak akan membuat kening berkerut kok. Saya akan membahasnya dari segi sebagai pembeli ya dan pastinya mengapa sampai kepikiran membuat topik bahasan ini.


Greetings
Greetings ini sebenarnya pas digunakan untuk mengakrabkan suasana. Sapaan pembuka seperti selamat siang atau selamat sore kepada admin online shop. 

Mengenalkan diri
Penjual perlu tahu siapa yang tengah berbicara dengannya saat ini. Tentunya agar lebih mudah menyapa,, misalnya dengan panggilan, ibu, pak, atau yang paling sering dengan mbak, kak sampai...mau beli apa sis?

Mengapa dua ini saya letakkan paling pertama? Karena saya pernah juga kebablasan langsung tanya apakah ada stock dari barang yang saya inginkan atau tidak? Itu karena saking ngebetnya ingin beli saat flash sale, takut kehabisan. Jadi ketika mereka balik bertanya siapa saya, sempat merasa tidak enak juga akhirnya. Karena saya pikir, ya memang tidak sopan juga sih main tanya saja tanpa mengenalkan diri terlebih dahulu. 



Diskon
Jarang dengar ya ada pembeli tidak suka dengan diskonan. Tapi hati-hati bertanya mengenai barang diskonan. Kenapa?
Seandainya kamu yang jualan dan belum apa-apa pembeli sudah minta diskon. Mending kalau langganan setia, tapi ini pembeli yang benar-benar baru. Permintaan diskon ini bakal bikin sebel yang punya barang. Ingat, bisa jadi mereka juga yang melayani pembelian via media sosial bukan admin yang ditugaskan tersendiri. Saya pernah iseng minta diskon ketika sedang ada sale. Langsung dijawab kalau yang sedang diskon hanya barang-barang yang dimuat di akun media sosial mereka. Yang lain tetap dikenakan harga normal. Bahkan ketika akhirnya saya tetap beli dengan harga normal pun, si toko online ini hanya menjawab singkat terima kasih. Boro-boro memberi informasi mengenai nomor resi pengiriman barang pesanan. Saya maklum sih si penjual ini pasti keki karena saya bertanya. Dan karena pembeli adalah raja maka saya memutuskan untuk tidak memesan barang sama mereka lagi. Malas drama lagi.


Catat Detail Operasional
Perhatikan jam operasional toko online, saat customer service atau admin siap memberi jawaban atas pertanyaan pelanggan. Sampai saat ini saya belum menemukan toko online yang buka 24 jam 7 hari dalam seminggu. Jika mereka sudah mencantumkan informasi jam dan hari kerja maka no response dari mereka bukan alasan untuk jadi baper. 
Detail operasional lainnya yang harus diperhatikan adalah jalur untuk menghubungi mereka. Ada yang mencantumkan nomor telepon untuk chat atau jaringan chat online lainnya. Artinya, sungguh keajaiban jika mereka membalas response pembeli di luar informasi yang telah diberikan.


Terima Kasih
Iya, mengucapkan terima kasih setelah ditanggapi oleh admin atau customer service hingga barang sampai di tangan kita atau si penerima barang. Mereka pasti senang dengan ucapan tersebut dan saya menganjurkan ini bukan hanya untuk menjalin hubungan baik. Tapi juga di saat kita sedang tidak ingin beli ketika mereka menawarkan barang kembali. Setidaknya mereka tahu bahwa kita memang suka dengan produk mereka dan ingin membeli lagi di lain waktu, walau tidak berarti setiap saat pasti beli.




Membeli barang secara online biasanya dilakukan karena hobi dan kepepet. Baru ingat harus menghadiri acara ulang tahun dan tidak siap dengan hadiah. Sudah lama browsing dan pas ketemu yang cocok eh malah toko online yang dihubungi tidak bisa memberikan tanggapan dengan cepat. Daripada jengkel, mendingan seduh kopi Kapal Api dulu deh biar kalem. Kopi Kapal Api begitu diseduh dengan air panas, aromanya langsung menyapa hidung dan bikin senang hati. Apalagi ketika diseruput perlahan dan buat saya bisa membangkitkan mood yang sempat turun. Bubuk kopi Kapal Api yang terbuat dari berbagai jenis kopi terbaik yang ada di Indonesia jelas lebih enak untuk dinikmati. Senang rasanya beraktivitas pagi di kantor dan saat sedang istirahat lalu browsing toko online dilakukan dengan menyeruput kopi panas Kapal Api. Pssst, tahu kan kalau kopi bisa membantu mengurangi stress dan menjadi sumber antioksidan? 


Punya cerita kamu sendiri dengan Kopi Kapal Api? Jangan tunda lagi untuk ikutan #KapalApiPunyaCerita dan siapa tahu kamulah pemenang Samsung Note 8. Untuk 50 peserta pertama bisa mendapatkan Voucher belanja sebesar Rp. 200.000. Mari berbagi kisah via blog dengan #secangkirsemangat kopi Kapal Api. Untuk informasi lengkap cek di Waktunya Kapal Api dan Fanpage Facebook Kapal Api. #KapalApiPunyaCerita #JelasLebihEnak


4 komentar:

  1. seandainya semua pembeli sadar akan etika yg mba tulis. terkadang ada pembeli merasa karena mrk yang mau beli jadi suka2 hati mereka. belum lagi kalau hit n run. ampun dehh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bwahahaha, nanti ada sambungannya mbak... dr segi penjual... wekekekek....
      saya sbg pembeli jg sering dijutekin mbak sm admin olshop. Jd kdg mikir, kl sama2 punya etiket ya sama2 enak kan

      Hapus
  2. Untung di dunia online nggak ada harga pelaris kayak di Pasar ya mba hehehehe.. Anyway..sukses ya mba :D

    BalasHapus
  3. Tul mbak sbg org yg dagang lwt onlen bnyk pembeli yg duh absurd hahaha. Bisa bikin pecah kepala

    BalasHapus

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.

Flag Counter

Flag Counter