Kamis, 14 September 2017

Ini Dia Beragam Jenis Masakan Indonesia Khas Papua yang Harus Anda Coba!

Salah satu makanan khas Papua 

Saat mendengar kata Papua, hal apa yang muncul di benak Anda? mungkin Anda akan langsung memikirkan hal seperti koteka, daerah pedalaman dan yang lainnya. banyak orang yang beranggapan Papua merupakan sebuah pedalaman yang berada di ujung Timur Indonesia yang letaknya begitu jauh, sebagian orang juga mengenal Papua merupakan surga kecil dunia karena di dalamnya terdapat alam yang sangat indah. Sayangnya, tidak banyak orang yang mengetahui jika Papua memiliki masakan Indonesia khas yang sangat unik seperti daerah yang lain. Ketika Anda singgah di Papua, jangan lupa untuk mencoba berbagai sajian khas ini.

Yang pertama adalah papeda. Papeda adalah makanan khas yang ditawarkan Papua, makanan ini lumayan terkenal di Indonesia dan sering dipromosikan di luar daerah Papua. Papeda merupakan bubur sagu yang dimasak dengan menggunakan bumbu kuah berwarna kuning. Papeda ini memiliki rasa yang unik. Jika Anda belum terbiasa, mungkin Anda akan merasakan rasa hambar serta bertekstur layaknya lem. Namun, jika Anda sudah terbiasa, pasti Anda akan dibuat ketagihan, lebih-lebih jika dinikmati dengan ikan kuah kuning, jika ke Papua, Anda harus mencoba Papeda ini karena rasa yang begitu khasnya.

Kedua, martabak sagu. Martabak ini berbeda dengan martabak yang biasanya. Di Papua Barat, Anda bisa mencoba merasakan martabak sagu ini, serta mencoba kelezatan martabak sagu. Jangan pernah membayangkan rasa yang dimilikinya seperti martabak biasa, justru martabak ini digoreng serta dicampur menggunakan gula merah. Sudah membayangkan rasanya? Rasa martabak sagu yang manis pas menjadi teman minum teh di sore hari.

Ketiga, sate ulat sagu. Satu ulat sagu memang terlihat menggelikan karena memiliki tekstur yang kenyal saat pertama kali dicoba. Sate ini dibuat dari ulat sagu yang diambil di pohon sagu yang membusuk. Ulat dibakar layaknya sate sebelum disantap. Tetapi, untuk yang sudah terbiasa, biasanya akan menyantapnya mentah. Sate yang sering disebut dengan sabeta ini menjadi menu yang disajikan saat sore hari sembari duduk di para-para (tempat duduk Papua yang dibuat dari bambu serta menikmati matahari tenggelam bersama dengan keluarga).

Masakan Indonesia khas Papua yang terakhir ialah udang selingkuh. Ketika mendengar namanya, mungkin Anda langsung penasaran, sebenarnya seperti apa sajian ini. karena mempunyai tubuh dengan capit layaknya kepiting, anggapannya udang ini berselingkuh dengan hewan kepiting. Bagaimana rasa udang yang satu ini? Anda tidak perlu meragukan lagi rasanya, rasanya memang hampir sama dengan udang biasanya, penyajiannya dapat dilakukan dengan cara digoreng atau direbus, jika Anda masih penasaran, Anda bisa mencicipi dan melihat udang selingkuh ini di Papua Barat, tepatnya di Wamena. 

Jadi, langsung tidak sabar untuk menikmati kelezatan seluruh makanan khas Papua bukan?

17 komentar:

  1. aku penasaran sama papeda mba pengen cobain bikin sendiri tapi berhubung belum tahu rasa aslinya bagaimana maka niatnya urung hahaha
    Sabeta ko aku geli ya liatnya aja uda geli ga berani deh makan apalagi yang mentah :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha.... iya, ngebayanginnya udah kemana2 ya jd males makan... Aku jg termasuk yg kurang open mind buat nyoba2 makanan

      Hapus
  2. Balasan
    1. sama mbak, diriku pun belum... eh, aku pernah deng nyoba papeda... tp sudha lama banget

      Hapus
  3. Ngebayangin sate ulat sagu, kok ngeri yaa hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, memang lain dari lain ya mbak :)))))

      Hapus
  4. Papeda tuh mirip2 bubur pati ya teksturnya? :o

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Penasaran rasanya. :D Ternyata ada banyak macam, ya? Kupikir kuliner papua cuma sebatas seafoodnya. :D

    BalasHapus
  7. Mb ri aku tatud sama yang ulat sagu wkwkkw, dulu pernah ngintip di acara jejak petualang pas batang sagu dibelah muncul uget2 terus abis itu dibakar wkwkkwkwk
    Tapi kaya juga jadinya ya perkulineran indonesia timur

    BalasHapus
  8. pernah lihat di tipi, papeda kuah kuning kayanya kok enak ya...belum pernah, makan disini ga ada yang jual sih...

    BalasHapus
  9. Beberapa bulan lagi, insyaAllah adik saya satu-satunya akan menikah dan diboyong suaminya ke Papua. Duh ngebayangin jauh2annya uda mellow dari sekarang. Tapi baca postingan ini jadi penasaran mau main ke sana sembari nyicipin menu2 di atas. Salam kenal yaaa

    BalasHapus
  10. Mau ngetes tapi di Jabodetabek belum ketemu resto Papua sepertinya.. :)

    BalasHapus
  11. semuanya belum pernah kucoba mba :D penasaran

    BalasHapus
  12. Aku pernH mKan papeda sbenarnya enak asal masih hangat.

    BalasHapus
  13. Paling gak berani coba ulat sagu padahal banyak protein kata orang

    BalasHapus
  14. aku juga pernah nyoba papeda. rasanya kenyal-kenyal gimanaaaa gitu, hehe. itu yang udah selingkuh, yang kasi nama kreatif bet hehe XD. Dari keempat makanan khas papua di atas, aku penasaran dengan martabak sagunya, nyam nyam nyam

    BalasHapus

Thx for reading & comments :) THX also for following my IG @riamrt & twitter @riatumimomor

Aplikasi Blog Di iOS

Aplikasi Blog Di iOS
Install this & bring my blog everywhere you go

My Blog On Your Phone

My Blog On Your Phone
Download RiaTheChocolicious di PlayStore

Shoplinks Asia

My Goodreads

Ria's books

A Storm of Swords
The Last Town
Wayward
Pines
Miramont's Ghost
Child 44
Mr. Mercedes
Deception
Sidney Sheldon's Angel of the Dark
A Clash of Kings
A Game of Thrones
Outlander
One for the Money
The Silkworm
Grotesque
Let Me Go
Kill You Twice
The Night Season
Evil at Heart
Sweetheart


Ria Tumimomor's favorite books »

Flag Counter

Flag Counter