Kamis, 10 Agustus 2017

Pesan Tiket Kereta Api Saat Liburan Panjang dengan Mudah Via Online

Kereta Api

Kereta api menjadi salah satu pilihan alternatif yang dipilih oleh sebagian besar masyarakat karena menggunakan kereta api lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan bus serta harganya yang lebih terjangkau dibandingkan harus menggunakan pesawat terbang. Saat ini, Anda bisa pesan tiket kereta api lewat online untuk stasiun luar kota atau untuk perjalanan jauh. Ada beberapa tips untuk Anda yang ingin memesan tiket kereta secara online sehingga Anda bisa mendapatkan harga yang murah dan terjangkau serta tidak tertipu saat Anda membelinya terutama saat liburan panjang yang biasanya dimanfaatkan untuk pulang kampung.



Pertama adalah tentukan jadwal keberangkatannya dahulu. Anda bisa mengecek website perkeretaapian Indonesia untuk informasi terbaru mengenai info kereta api atau lewat situs atau website yang bekerja sama dengan KAI. Dengan begitu, ketika Anda sudah menentukan kapan bisa untuk pulang atau berpergian saat liburan panjang, Anda bisa langsung memesan tiket tersebut.

Kedua adalah tentukan siapa saja yang akan memesan tiket kereta api tersebut. Biasanya, tiket kereta api tersebut dipesan untuk beberapa orang misalnya untuk Anda dan teman Anda yang ingin ikut berlibur ke rumah Anda. Jika hendak memesan lebih dari 1 tiket kereta api, maka sebaiknya Anda langsung meminta identitas dari orang tersebut sehingga identitas diri bisa dimasukkan saat memesan tiket kereta ke kota tujuan dan agar tiket tidak direbut oleh orang lain.

Ketiga adalah tentukan akan lewat mana Anda memesan tiket kereta tersebut. Anda bisa memesannya di website resmi atau lewat website perjalanan yang bekerja sama dengan KAI untuk menyediakan pemesanan tiket kereta. Dalam proses pesan tiket kereta api online, sebaiknya Anda memilih untuk menggunakan laptop atau komputer sehingga Anda bisa membuka 3 atau lebih website sekaligus untuk melihat perbandingan dan peluang dimana Anda bisa membeli tiket sesuai dengan yang Anda butuhkan, apalagi liburan panjang seperti lebaran dimana banyak orang akan berebut tiket kereta agar bisa pulang kampung atau sekedar berlibur ke kota lain.

Keempat adalah pastikan jika Anda menggunakan akses yang aman serta jaringan internet yang cepat. Umumnya, tiket akan mulai bisa dipesan saat tengah malam dan banyak orang akan bersaing untuk mendapatkan tiket tersebut sehingga jika jaringan internet Anda lemot atau lambat justru bisa menyebabkan Anda ketinggalan atau tidak sempat mendapatkan tiket kereta api sesuai dengan yang Anda butuhkan. Sedangkan penggunaan jaringan yang aman seperti jaringan pribadi, dimaksudkan untuk meminimalisir terjadinya peretasan di komputer Anda oleh hacker yang mungkin saja mencuri data diri Anda dan kartu kredit yang akan digunakan untuk membeli tiket tersebut.


Jalan-jalan naik Kereta Api

Tips lainnya untuk pesan tiket kereta api secara online adalah:

Pertimbangkan tempat duduknya. Apakah Anda akan memilih tempat duduk secara acak atau sesuai dengan yang Anda inginkan.
Jika sudah fix dan data diri yang dimasukkan sudah benar, Anda bisa langsung membayar tiket kereta api yang sudah dipesan tersebut sehingga Anda segera mendapatkan tiketnya. Catat kode pemesanannya untuk membayar lewat ATM atau lewat mini market.
Jika sudah mendapatkan konfirmasi, segera print out dan simpan serta jangan sampai hilang. Untuk menghindari antrian dan Anda harus segera berangkat ke kota tujuan Anda, maka sebaiknya datang maksimal ½ jam sebelum jadwal keberangkatan agar tidak antri saat mencetak tiketnya. Serta jangan lupa untuk membawa kartu identitas dimanapun Anda berada.

Selamat menikmati liburan.

8 komentar:

  1. udah 2x beli tiket online mba Ria tapi rutenya masih deket Cimahi- Bekasi hahaha so far puas banget cepet dan ga ribet ga sampe 1 jam udah dapet tiketnya dan yg ptg bye CALO wkwkwk next pengen naik kereta ke Jogya apa solo ato Semarang hehehe anakku betah naik kereta biasanya cuman bisa nyanyi naik kereta api tututut akhirnya kesampean

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku jg pengen nih ke jogja naik kereta... udah lama banget gak ngerasain naik kereta utk perjalanan jauh

      Hapus
  2. aku udah lamaaaa banget ngga naik kereta api, baik di Indonesia maupun di sini. Mostly mobil or pesawat. paling naik subway aja yang pendek ridenya. jadi kangeeen mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl pulang ke sini, disempetin mbak naik kereta :) gak usah jauh2

      Hapus
  3. aku baru 2-3 kali pesen online.. rasana masih takut-takut ada error gitu.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. samalah, saya juga masih suka ragu gituh

      Hapus
  4. sudah lama tidak naik kereta api... seru, apalagi rame-rame... beda banget sama dulu...

    BalasHapus
  5. Aku juga lebih sering beli tiket kereta api lewat online. Praktis banget soalnya. Kecuali pas bener-bener kepepet karena pergi mendadak baru beli di stasiun :D

    BalasHapus

Thx for reading & comments :) THX also for following my IG @riamrt & twitter @riatumimomor

Aplikasi Blog Di iOS

Aplikasi Blog Di iOS
Install this & bring my blog everywhere you go

My Blog On Your Phone

My Blog On Your Phone
Download RiaTheChocolicious di PlayStore

Shoplinks Asia

My Goodreads

Ria's books

A Storm of Swords
The Last Town
Wayward
Pines
Miramont's Ghost
Child 44
Mr. Mercedes
Deception
Sidney Sheldon's Angel of the Dark
A Clash of Kings
A Game of Thrones
Outlander
One for the Money
The Silkworm
Grotesque
Let Me Go
Kill You Twice
The Night Season
Evil at Heart
Sweetheart


Ria Tumimomor's favorite books »

Flag Counter

Flag Counter