Blog berisi curhatan si lajang

Senin, 17 Juli 2017

#jalanjalanBabel part 13 Kuliner Bangka Hari Pertama

Warung Mie Koba Iskandar
Walaupun sudah sarapan full tank di hotel BW Suite Belitung, tapi begitu sampai di Bangka dan tour guide mengajak makan mie Koba, ya kami jelas tidak menolak. Nama mie Koba diambil dari nama daerah asalnya yaitu Koba – Ibukota Kabupaten Bangka Tengah. Ciri khas menu mie ini, mie yang dipakai merupakan produksi sendiri oleh penduduk asli kota Koba. Dan kuahnya dibuat dari kaldu dan daging ikan tenggiri, dicampur dengan bumbu dan rempah pilihan. Boleh ditambahkan dengan telor rebus ketika menikmati mie Koba. Sumber informasi dapat dilihat di sini ya.          

Rasanya buat saya pribadi : maniiis... tanpa rasa amisss :) Beginilah tampilannya : 


Warung Mie Koba



Telor rebus di Kedai mie Koba Bangka


Ketika siang kami mampir untuk makan di restoran yang sepertinya termasuk yang paling besar di daerah tersebut. 


Restoran Mink-Mink




Menu makanan Restoran Mink-Mink Bangka

Restoran Mink Mink yang juga sekaligus kafe. Kalau malam, mungkin ada yang sekalian karaokean di sini. Terdapat area makan di dalam dan di luar, jadi tinggal pilih saja.


Otak-otak Asam Belinyu Bangka

Karena bos saya penggemar berat sama yang namanya otak-otak, jadilah kami mampir juga ke tempat yang satu ini. Saya malah lebih demen sama bumbunya yang bikin tambah legit. 

Suasana dalam kedai OTAK-OTAK ASAM Belinyu. 
Makanan begini ya biarpun enak tapi buat saya percuma karena tidak bisa dibawa pulang. Paling enak dimakan langsung di tempat selagi panas. Kalaupun dibawa pulang, paling hanya bisa untuk dimakan sepanjang perjalanan. 


Restoran Aju Bangka 
Yang amat sangat disayangkan adalah ketika malam kami makan di restoran seafood AJU. Restoran ini terkenal dengan masakan kepiting dan makanan khas daerah Bangka yaitu Lempah Kuning. Karena suasana dalam restoran remang-remang banget sehingga semua foto yang saya ambil menjadi tidak maksimal. Foto Lempah Kuning ada di bagian tengah gabungan foto-foto di atas. Nenas dan ikan jadi bahan utama Lempah Kuning. Nenas untuk memberikan aroma harum dan rasa yang sedikit asam. Info lengkap bisa cek langsung di sini


3 komentar:

  1. mba kalo aku baca blog mba, selalu nemuin kuliner dan wisata antimainstream :D

    BalasHapus
  2. Mendadak lapar.. Yee...abis baca postingan makanan.

    BalasHapus
  3. Mie Koba ini unik, Kak. Pakai campuran tenggiri. Rempahnya lengkap ini ya kalau rasanya enak ga amis. Menu restonya pada serba seafood ya. Lempah kuning saya pernah dengar waktu talkshow kuliner di Indonesia is me. Siap dibawa mendunia kuliner ini.

    BalasHapus

Thank you for reading and comments.
Comments will be screened first.

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.